20:20 . 15 Atlet Akan Perkuat Tim Basket Bojonegoro pada Porprov 2019   |   19:00 . IB Gratis Solusi Stabilkan Ketersedian Sapi   |   18:00 . Tim PPKD Diusulkan, SK Bupati Belum Turun   |   17:00 . Palang Pintu Rel Kereta Bisa Dibangun, Jika...   |   16:00 . Penerima Kartu Pedagang Produktif Harus Terverifikasi   |   15:00 . Komisi A DPRD Rapat Kerja dengan Bawaslu Bojonegoro   |   14:00 . KBM IAI Sunan Giri Galang Dana untuk Korban Bencana   |   13:00 . Target KPP 2019 Sebanyak 5.000 Kartu   |   12:00 . Bupati Anna: KPP Bisa Memudahkan Akses Para Pedagang   |   11:00 . Ratusan Pedagang Hadiri Launching Kartu Pedagang Produktif   |   10:00 . Geser Rokan, Produksi Minyak Blok Cepu Tertinggi di RI   |   09:00 . Inilah Tiga Item Anggaran Diselewengkan   |   08:00 . Minim Sarpras dan Siswa, 2 SMA Gabung Sekolah Lain   |   07:00 . Konsumsi "Obat Kuat" Pria Berisiko Ganggu Penglihatan   |   06:00 . Setiap Tahun Tanah Bojonegoro Bergeser 3,3 Milimeter   |  
Wed, 16 January 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 10 March 2017 21:00

Program Aku Sehat Kampus Ungu-EMCL

Prof. Tjipto: SOP KesMas Ini Pertama se Indonesia

Prof. Tjipto: SOP KesMas Ini Pertama se Indonesia

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Dibuatnya empat Standar Operasional Prosedur (SOP) kesehatan jika ada situasi tidak normal di sekitar wilayah Lapangan Migas Banyuurip, Blok Cepu, mendapat apresiasi dari Guru Besar Universitas Airlangga (UNAIR) dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Prof. Dr. dr. Tjipto Suwandi, MOH., Sp.OK.
 
Prof Tjipto beserta asistennya Tofan Agung Eka Prasetya, S.Kep., M.KKK, dosen D III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Vokasi, UNAIR, bahkan mendampingi langsung pembuatan SOP bersama tenaga kesehatan rumah sakit di Kabupaten Bojonegoro, perwakilan Puskesmas dan bidan desa.
 
"SOP Kesehatan Masyarakat (KesMas) ini pertama se Indonesia, sehingga saya bersemangat untuk hadir langsung dan mendampingi pembuatannya di Bojonegoro," kata profesor yang mempunyai spesialisasi keilmuan toksikologi industri dan K3 Migas tersebut.
 
Dijelaskan, SOP tersebut sangat penting dibuat, karena memudahkan alur untuk pelaksanaan penanganan kesehatan jika ada situasi tidak normal di industri Minyak dan Gas Bumi (Migas). Dirinya juga kagum dengan program Aku Sehat yang diprakarsai Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICsada) Bojonegoro dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), serta SKK Migas. Sebab, program tersebut langsung menyentuh masyarakat melalui Keluarga Binaan.
 
"Apalagi, program tersebut jelas mendukung Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk penanganan kesehatan yang optimal," jelasnya guru besar kelahiran Bojonegoro tersebut.
 
Seperti diketahui, empat SOP yang siap diterapkan adalah, SOP Penanganan Kesehatan Masyarakat Terkait Situasi Tidak Normal Lapangan Banyuurip; SOP Penggunaan Ambulans untuk Rujukan Klien Terkait Situasi Tidak Normal Lapangan Banyuurip; SOP Rujukan Klein Terkait Situasi Tidak Normal Lapangan Banyuurip; dan SOP Peminjaman Ambulans untuk Kebutuhan Masyarakat.
 
Tahapan pembuatan SOP sudah berlangsung sejak Seminar dan Lokakarya Pembuatan SOP di Minggu terakhir Bulan Februari 2017 lalu yang berlangsung di Dewarna Hotel, Kota Bojonegoro. Hadir pada saat itu perwakilan Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Puskesmas dan bidan desa. 
 
Tidak hanya itu tampak pula Pemerintah Desa (Pemdes) di sekitar Banyuurip, semisal Desa Gayam, Mojodelik, Brabowan dan Bonorejo juga terlibat langsung saat penyusunan SOP. Setelah dibuat bersama-sama, SOP dipedalam dan diperhalus pembahasaanya sebelum siap diaplikasikan ke masyarakat. [saf/lis]

Tag : kesehatan, stikes

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:30

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more