22:00 . Semakin Dewasa, Ini Harapan Bupati untuk blokBojonegoro.com   |   21:00 . Sewindu, blokBojonegoro Ingin Kampanyekan Internet Positif ke Pelajar   |   20:00 . Live Streaming Sewindu blokBojonegoro.com   |   18:00 . Serunya Gladi Resik Anniversary Ke-8 blokBojonegoro   |   17:00 . Polres Gelar Doa Bersama dengan Anak Yatim Jelang Pilkades   |   16:00 . Selama 5 Tahun, DLH Target 491 Pendirian Bank Sampah   |   14:00 . Semester Pertama, Gepeng Dominasi Pelanggar Ketertiban   |   13:00 . Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar   |   11:00 . Pendaftaran Ditutup, 14 SMK Tak Penuhi Pagu Siswa   |   10:00 . Sepekan, Akhirnya Sampai di Kantor PBNU   |   09:00 . Penderita Penyakit Kronis Bakal Mendapat Bantuan?   |   08:00 . Hampir Setiap Hari Ada Pemohon Paspor untuk Umroh   |   07:00 . Lebih Baik Mana, Membiarkan Anak Main di Dalam atau Luar Rumah?   |   19:00 . Saksikan Mahakarya Cinta Live Streaming   |   18:00 . Berikan Manfaat Lebih, Peserta JKN-KIS Terus Meningkat di Setiap Bulan   |  
Tue, 25 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 10 March 2017 21:00

Program Aku Sehat Kampus Ungu-EMCL

Prof. Tjipto: SOP KesMas Ini Pertama se Indonesia

Prof. Tjipto: SOP KesMas Ini Pertama se Indonesia

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Dibuatnya empat Standar Operasional Prosedur (SOP) kesehatan jika ada situasi tidak normal di sekitar wilayah Lapangan Migas Banyuurip, Blok Cepu, mendapat apresiasi dari Guru Besar Universitas Airlangga (UNAIR) dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Prof. Dr. dr. Tjipto Suwandi, MOH., Sp.OK.
 
Prof Tjipto beserta asistennya Tofan Agung Eka Prasetya, S.Kep., M.KKK, dosen D III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Vokasi, UNAIR, bahkan mendampingi langsung pembuatan SOP bersama tenaga kesehatan rumah sakit di Kabupaten Bojonegoro, perwakilan Puskesmas dan bidan desa.
 
"SOP Kesehatan Masyarakat (KesMas) ini pertama se Indonesia, sehingga saya bersemangat untuk hadir langsung dan mendampingi pembuatannya di Bojonegoro," kata profesor yang mempunyai spesialisasi keilmuan toksikologi industri dan K3 Migas tersebut.
 
Dijelaskan, SOP tersebut sangat penting dibuat, karena memudahkan alur untuk pelaksanaan penanganan kesehatan jika ada situasi tidak normal di industri Minyak dan Gas Bumi (Migas). Dirinya juga kagum dengan program Aku Sehat yang diprakarsai Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICsada) Bojonegoro dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), serta SKK Migas. Sebab, program tersebut langsung menyentuh masyarakat melalui Keluarga Binaan.
 
"Apalagi, program tersebut jelas mendukung Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk penanganan kesehatan yang optimal," jelasnya guru besar kelahiran Bojonegoro tersebut.
 
Seperti diketahui, empat SOP yang siap diterapkan adalah, SOP Penanganan Kesehatan Masyarakat Terkait Situasi Tidak Normal Lapangan Banyuurip; SOP Penggunaan Ambulans untuk Rujukan Klien Terkait Situasi Tidak Normal Lapangan Banyuurip; SOP Rujukan Klein Terkait Situasi Tidak Normal Lapangan Banyuurip; dan SOP Peminjaman Ambulans untuk Kebutuhan Masyarakat.
 
Tahapan pembuatan SOP sudah berlangsung sejak Seminar dan Lokakarya Pembuatan SOP di Minggu terakhir Bulan Februari 2017 lalu yang berlangsung di Dewarna Hotel, Kota Bojonegoro. Hadir pada saat itu perwakilan Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Puskesmas dan bidan desa. 
 
Tidak hanya itu tampak pula Pemerintah Desa (Pemdes) di sekitar Banyuurip, semisal Desa Gayam, Mojodelik, Brabowan dan Bonorejo juga terlibat langsung saat penyusunan SOP. Setelah dibuat bersama-sama, SOP dipedalam dan diperhalus pembahasaanya sebelum siap diaplikasikan ke masyarakat. [saf/lis]

Tag : kesehatan, stikes

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 24 June 2019 13:00

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar omunitas Kita Belajar Menulis (KBM) Bojonegoro menggelar halal bihalal sekaligus kopi darat keempat. Acara tersebut dilaksanakan di kediaman salah satu rumah Anggota KBM, Roni Hardiawan, di Dusun Bakalan, Kepohbaru Bojonegoro....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more