Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Unik, di Sekar Ketupat Digantung di Depan Pintu

blokbojonegoro.com | Sunday, 02 July 2017 10:00

Unik, di Sekar Ketupat Digantung di Depan Pintu

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com -
Saat hari raya idul fitri masuk pada hari ke-7, atau sering disebut masyarakat dengan lebaran ketupat, suasana berbeda terlihat di Dusun Dibal, Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Yang mana ketupat diletakan di samping pintu rumah.

Hal itu dilakukan untuk para arwah keluarga yang sudah meninggal. Adapun jumlah ketupat menyesuaikan jumlah keluarga yang telah meninggal.

Menurut salah seorang warga, Wariyem (92) menjelaskan, menurut cerita turun-temurun dari nenek moyang yang masih dipegang masyarakat hingga saat ini, bahwa saat lebaran ketupat sebagian warga di Dusun Dibal meletakkan ketupat di depan pintu.

"Tujuannya ketupat yang ditaruh di samping pintu itu adalah untuk disajikan bagi para keluarga yang telah meninggal," kata Wariyem kepada blokBojonegoro.com, Minggu (2/7/2017).

Warga lain, Warso menambahkan, jumlah ketupat yang ditaruh disamping pintu pun disesuaikan dengan jumlah keluarga yang sudah meninggal dunia. "Misalnya kalau keluarga di sini ada empat yang sudah meninggal, ya empat ketupat yang ditaruh," jelasnya. [top/mu]

Tag : ketupat, lebaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini