22:00 . Bank Jatim Cabang Bojonegoro Siap Sukseskan Program Satu Rekening Satu Pelajar   |   21:00 . Nakes dan ASN Meninggal, Masih Bandel Langgar Protokol Kesehatan ?   |   20:00 . 6 Orang Sembuh, Tambahan 4 Positif Covid-19 di Bojonegoro   |   19:00 . Ditarget Selesai Akhir Tahun, Pembangunan Pasar Banjarejo Capai 55 Persen   |   18:00 . Bahagia, Seribuan Sertifikat Hak Tanah Diterima Warga Sarirejo   |   17:00 . Di Bawah Etalase Bengkel, Ular 1.5 Meter Berhasil Dievakuasi Damkar   |   16:00 . 1 ASN Meninggal Karena Covid-19, Pemkab Akan Terapkan Work From Home   |   15:00 . Sebelum Menyesal Ingat Ini   |   14:00 . Ajak Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan, Moeldoko Kenakan Kaos ini...   |   13:00 . 56 Personel Kodim Bojonegoro Naik Pangkat   |   12:00 . Ayo Ikut Kompetisi PFMuda Pertamina Foundation   |   11:30 . Ingat Pesan Ibu, 3M   |   11:00 . Rayakan Ultah Ke-20 Biznet Tawarkan Promo dan Bonus Menarik   |   10:00 . VF: Alhamdulillah Saya Sembuh dari Covid-19   |   09:00 . Cerita Pasien Saat Terkonfirmasi Positif Covid   |  
Fri, 02 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 20 July 2017 11:00

Membaca Positif Kolom Menulis

Membaca Positif Kolom Menulis

Oleh: Usman Roin *

Hadirnya kolom menulis di berbagai media selayaknya direspon baik oleh para penulis, baik pemula atau yang sudah mahir. Salah satunya rubrik ’Kolom’ milik media online blokBojonegoro.com atau yang lebih tren di singkat (bB). Bahkan pemekarannya sekarang tidak hanya di Kabupaten Bojonegoro saja, melainkan sudah berekspansi ke Kabupaten Tuban dengan sebutan blokTuban.com atau (bT).

Hadirnya rubrik artikel atau opini dalam wadah ’Kolom’ tersebut bagi penulis adalah langkah maju pemilik media untuk menjaring pembaca muda yang melek teknologi serta punya retorika kritis lewat narasi kata-kata yang tak terhingga. Tujuannya jelas, agar jangan sampai karya tulisan tersebut disimpan secara pribadi, atau nir publikasi. Karena sungguh akan menjadi sia-sia karya tulis yang sebenarnya bermutu, namun karena ketidakpercayaan diri untuk melangkah satu kali lagi yakni, mengirimkan ke pemilik media tidak juga dilakukan. Padahal disinilah penyakitnya penulis utamanya pemula yaitu sering tidak percaya diri terhadap karya yang dihasilkan.

Sedikit berbagi, sebagai sesama penulis pemula yang coba mengirimkan karya tulisnya ke media, perasaan minder dan tidak percaya diri selalu ada. Serasa kita melihat apa yang ditulis tidak bermutu, acak-acakan hingga perasaan kalah sebelum berperang akan mendominasi diri ini. Wujudnya berupa pesimistis bahwa karya ini tidak akan diterima oleh redaktur pengelola media.

Dalam hal ini, penulis pun coba mengembalikan kepada diri kita. Bagaimana redaktur akan menolak tulisan bila tidak ada tulisan yang kita kirimkan. Bagaimana kita tahu bahwa karya kita diterima orang lain bila tidak diterbitkan lewat media baik online atau cetak. Justru bagi penulis, setiap tulisan yang ditulis oleh penulis itu pasti punya kekurangan. Maka disinilah karya yang kita kirimkan ke media akan dioleh oleh redaktur untuk kemudian dilengkapi bila masih terdapat kekurangan, dibenarkan bila ternyata ada kesalahan hingga kemudian karya kita pantas untuk di tayangkan.

Tentang rubrik ’Kolom’ bB dan bT sendiri, bagi penulis memberikan ruang seluas-luasnya bagi para penulis pada umumnya. Baik pemula, mahir, tua, muda, mahasiswa, karang taruna, guru, politisi, pejabat, anggota dewan, santri, petani hingga ibu-ibu rumah tangga dan lain sebagainya untuk berani menyumbangkan ide, gagasan lewat narasi opini pribadi.

Justru disinilah keberanian untuk menulis gagasan yang kita punyai itu diuji, apakah hanya akan disimpan secara pribadi atau dibagikan ke publik. Hemat penulis, akan lebih bermanfaat apapun jenis tulisan yang kita buat bila kemudian coba dibagikan kepada hayalak umum. Sebagaimana pepatah Arab mengatakan ’Ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah’. Pertanyaannya, apakah kita menginginkan menjadi manusia yang tak punya karya? Jawabannya, penulis yakin pembaca akan memilih punya karya. Itupun masih ngeles tidak harus serta merta kemudian diabadikan dalam bentuk tulisan.

Namun, bagi penulis, skill, karya, prestasi kita akan menambah nilai satu tingkat lagi bila kemudian kita mau menuliskan. Karena hakekat menulis adalah kita sudah tidak berpikir diri yang tak abadi ini, melainkan masa depan orang lain supaya tergerak meniru langkah positif yang kita lakukan sebagai generasi penerus literasi sejarah.

Akhirnya, sebagai penulis yang sekaligus pembaca, jadilah pembaca yang baik. Sebab kadang kita sebagai pembaca ada perasaan meremehkan tulisan seorang penulis yang sudah tayang. Justru kekurangan kita sebagai pembaca pada umumnya hanya kalah berani menyampaikan gagasan lewat tulisan. Oleh karena itu, mumpung ada rubrik opini atau artikel bernama ’Kolom’ bB atau bT yang disediakan, kuncinya adalah keberanian menyampaikan dalam bentuk tulisan. Bila sudah kirimkan hingga akhirnya tayang dan bisa dibaca banyak orang. So, mari berbagi inspirasi lewat tulisan sebagai buah karya keabadian.

*Founder @kitamenulis dari Balen Bojonegoro dan Mahasiswa Magister PAI UIN Walisongo Semarang.

Tag : kolom menulis, kolom, cara menulis, cara kirim artikel di blokbojongoro.com


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat