23:00 . Berkas Lengkap, Dua Calon Rebutkan Kursi Ketua   |   22:30 . Praktek Padamkan Api   |   22:00 . PEPC Turut Berpartisipasi Tingkatkan Kewaspadaan Tanggap Darurat di Purwosari   |   21:00 . Ujian Perades di Balen, Inilah Nama-nama Peraih Nilai Tertinggi   |   20:00 . Desa Prayungan Masuk 5 Besar PPID Award, ini yang Dilakukan   |   19:30 . GP Ansor Ngambon Peringati Hari Santri dengan Donor Darah   |   19:00 . Inilah Pemenang Lomba Dalam Rangka Hari Santri   |   18:30 . Patuh Prokes Upacara Hari Santri Virtual Khidmat   |   18:00 . Harga Telur Ayam Ras Naik Kembali   |   17:30 . Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Permukaan atau Benda?   |   17:00 . AMSI-EMCL Serahkan APD untuk Nakes di Bojonegoro dan Tuban   |   16:00 . Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang   |   15:00 . BPJS Kesehatan Ikuti Workshop Virtual Anugerah Jurnalistik   |   14:00 . Peringatan HSN, Santri Harus Patuhi Prokes   |   13:30 . 3 Wajib Melawan Covid-19 (Iman, Aman dan Imun)   |  
Fri, 23 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 09 February 2018 13:00

Pendampingan Desa Perlu Dievaluasi

Bukan Pendamping P3MD, Tapi Pihak Kecamatan

Bukan Pendamping P3MD, Tapi Pihak Kecamatan

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Tidak sedikitnya dana yang dikelola oleh pemerintah desa, membuat banyak pendamping ditugaskan membantu penggunaan dana tersebut. Sehingga perlunya evaluasi untuk pendamping desa sangat dimungkinkan, terutama pihak kecamatan, karena banyaknya kepala desa di Kabupaten Bojonegoro yang tersandung hukum dugaan kasus korupsi dana di desa.

Ketua Ikatan Pelaku Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (IPPMI) Cabang Bojonegoro, Edy Prayitno menanggapi terkait perlunya evaluasi pendampingan desa. Pasalnya meskipun ada pendampingan, masih banyak oknum Kades yang terseret kasus korupsi di desa.

Pasalnya melihat Perbup (Peraturan Bupati) nomor 31 tahun 2015 dan Perbup nomor 09 tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Dana Desa pada BAB V tentang tim fasilitasi, pendamping dan pelaksana terutama pada Pasal 6 dan 7 disebutkan bahwa di tingkat kabupaten dan kecamatan dibentuk tim pendamping yang ditetapkan dengan keputusan bupati.

"Tim pendamping ini mempunyai kewenangan yang lebih luas. Termasuk di dalamnya camat di tingkat kecamatan beserta stafnya yang juga pendampingan desa," sebut Edy Twity panggilan Edy Prayitno.

Sesuai amanat itu, tugas pendampingan desa termasuk verifikasi kelayakan permohonan penyaluran dana, pembinaan dalam perencanaan dan pelaksanaan. Serta pembinaan administrasi keuangan desa, termasuk melakukan pengawasan, pengendalian, monitoring dan evaluasi.

"Dan sayangnya, pendamping P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) bukanlah pendamping yang mempunyai kewenangan sesuai amanat Perbup. Saya rasa inilah titik kritis yang harus dievaluasi, agar pendamping P3MD bisa berperan maksimal," terangnya kepada blokBojonegoro.com.

Edy yang juga mantan pelaku Eks. PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) itu menambahkan terkait dengan korupsi tersebut, sepakat untuk dilakukan evaluasi pada berbagai unsur agar kejadian itu tidak terulang dan meluas.

Termasuk keberadaan pendamping yang dari Kemendesa PDTT (Pendamping P3MD), ia melihat memang perlu dievaluasi, terutama terkait kewenangannya yang sangat terbatas, seperti hanya memfasilitasi dan sebatas memberikan saran, tidak mempunyai kewenangan verifikasi untuk menentukan cair tidaknya anggaran.

Sehingga sangat berbeda dengan pendamping PNPM yang mempunyai power lebih untuk mengendalikan program. "Harapan saya kedepan, pendamping P3MD kewenangannya bisa diperluas, sebagaimana tercantum dalam Perbup," pungkas mantan aktivis HMI itu. [zid/mu]

Tag : pendamping desa, korupsi kades, korupsi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat