21:00 . Perampok dan Brandal yang Mengacaukan Warga, 3 Desa Kecil jadi Bumirejo   |   20:00 . Baru Nikah, 50 Pasangan Muda di Bojonegoro Kandas   |   19:00 . Jelang Masa Akhir Petik, Harga Tembakau di Bojonegoro Terus Menurun   |   18:00 . Pemimpin Desa Bumirejo Dari Masa 1873   |   08:00 . Kwarcab Bojonegoro Laksanakan Apel Besar bersama Ka. Kwarda Jawa Timur   |   06:00 . Manbaul Ulum Bulu Bersholawat   |   18:00 . TP PKK Jawa Timur Resmi Lantik Dian Adiyanti Sebagai PJ Ketua TP PKK Bojonegoro   |   17:00 . KA Rute Bojonegoro-Yogyakarta Dirindukan Penumpang   |   16:00 . Wamenag RI Kunker ke Bojonegoro, Resmikan Gedung Imam Zarkasyi, Al-Rosyid   |   15:00 . Belum Ada Kabar Baik Soal Persibo, Supporter Akan Wadul Pj Bupati   |   14:00 . Kunjungi 2 Ponpes di Bojonegoro, Begini Pesan Kesan Wamenag RI   |   14:00 . Buktikan Kinerja Unggul, Pertamina Hulu Energi Terapkan Strategi Sinergi Operasi   |   13:00 . Ini Persyaratan Formasi Kesehatan dan Tenaga Teknis PPPK Pemkab Bojonegoro   |   10:00 . Biosaka Bikin Cepat Panen Solusi Efisiensi Biaya   |   08:00 . Suksesnya MSD 2023 Jadi Bentuk Suport Warga ke Desa¬†   |  
Fri, 29 September 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tak Perlu Tunggu Lulus, Mahasiswa Bisa Berwirausaha

blokbojonegoro.com | Sunday, 04 February 2018 16:00

Tak Perlu Tunggu Lulus, Mahasiswa Bisa Berwirausaha

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com -
Mahasiswa hebat itu bukan karena mampu menempuh pendidikan sampai S3 dan bermimpi jadi pegawai negeri. Tapi, seorang lulusan mahasiswa yang paling hebat itu dapat menciptakan dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Namun, hal tersebut berbanding terbali dengan realita yang ada, malah lulusan sarjana juga turut menyumbang pengangguran dimasyarakat. Sehingga, melihat fenomena tersebut Pelatihan Anak Tani Remaja Sunan Giri (Patra Giri) Bojonegoro, adakan seminar kewirausahaan, Minggu (4/2/2018).

Seminar yang mengundang Eriyul Mufida dan Ujung Iriyanto sebagai pemateri itu, dihadiri sekitar 40 mahasiswa dari beberapa kampus yang ada di Kota Ledre ini. Dalam seminar tersebut dijelaskan, para peserta tidak usah menunggu lulus terlebih dahulu, untuk berwiras usaha.

"Kita sambil kuliah juga bisa berwira usaha, khususnya untuk diri kita terlebih dahulu," ungkap Eriyul Mufida, perempuan yang juga sukses membuat bank sampah itu.

Perempuan asal Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas itu menjelaskan, tanpa modal sepeserpun pada era sekarang sudah bisa usaha, yaitu dengan memanfaatkan jaringan dan sudah banyak yang mencobanya, seperti Online Shop. Akan tetapi, kebanyakan orang ketakuatn ketika ingin memulai berwira usaha.

Di sisi lain, Ujung Iriyanto mengungkapkan saat berwirausaha banyak orang yang kurang membaca, baik membaca buku maupun membaca situasi yang ada. Sehingga, setelah usahanya berjalan beberapa waktu, banyak yang gulung tikar lantaran tidak balik modal.

"Kita juga harus faham teorinya dan melihat kondisi lapangan yang ada," lanjutnya kepada peserta seminar yang hadir.

Akan tetapi, kegagalan bagi seorang wirausahawan itu pasti terjadi, namun kegagalan tersebut mampu diminimalisir saat masih muda. Pasalnya, ketika masih muda dirasa masih mudah untuk bangun lagi berwirausaha, dibanding dengan orang tua.

"Kalau gagal waktu muda itu sangat mudah untuk bangkit lagi, namun harus melihat kondisi yang ada. Kalau sudah tua, sangatlah sulit untuk bangun lagi, karena sudah banyak tanggungan (Kebutuhan)," terang pria yang juga menjadi Dosen di salah satu Perguruan Tinggi di Bojonegoro ini.[din/ito]

Tag : wirausaha, mahasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat