18:00 . Hujan Gerimis, Rumah Warga ini Disambar Petir   |   17:00 . Atap Rumah di Ledok Kulon Terbang Diterjang Angin Puting Beliung   |   17:00 . 4 Rumah Rusak dan 18 Pohon Tumbang Saat Hujan Disertai Angin   |   16:00 . Pertamina Meraih Predikat Gold di Ajang BUMN CSR Award Bali 2019   |   15:00 . Hujan Angin, Puluhan Pohon Tumbang   |   14:00 . Barokah Sinergi Lintas Komunitas, NH Resmikan TPQ Pelosok Desa   |   13:00 . Pengurangan Pupuk Tidak Pengaruhi Kebutuhan Petani Bojonegoro   |   12:00 . Air Bengawan Solo Lebihi Batas Ambang Mutu   |   11:00 . Alat Berat Berhenti di Ngablak, Warga Tak Seheboh di Wilayah Timur   |   10:00 . Hingga Akhir Tahun, Logam Mulia Masih Dominasi Agunan Pegadaian   |   09:00 . Manfaatkan Rumah Sebagai Spot Foto Instagramable   |   08:00 . Kartar Nusa Bakti Manfaatkan Lahan Desa Sebagai Agro Wisata   |   07:00 . 4 Cara Mencegah Anak Ngompol di Malam Hari   |   02:00 . Lewat Jembatan, Kepala Truk Terpisah   |   01:30 . Rela Menunggu Demi Lihat Truk Lewat   |  
Sat, 07 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 09 April 2018 22:00

Komunitas Crafter Bojonegoro, Wadah untuk Belajar Kerajinan

Komunitas Crafter Bojonegoro, Wadah untuk Belajar Kerajinan

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com - Komunitas Crafter Bojonegoro (KCB) merupakan wadah bagi para perempuan, yang ingin menyalurkan bakat dan juga belajar tentang kerajinan tangan. Berawal karena ingin mengumpulkan para produsen crafter, kemudian terbentuklah KCB.

KCB sudah ada empat tahun silam di Bojonegoro, selama empat tahun ada kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan bakat kreatifitas yang dimiliki oleh perempuan. Dan dengan adanya komunitas tersebut dapat saling bertukar pengalaman serta berbagi inspirasi.

"Dulu saya tahu dari teman saya yang ikut Komunitas Crafter, tapi di Lamongan. Lalu saya mencari-cari di Bojonegoro ternyata belum ada, kan banyak teman-teman saya yang punya hobi crafter juga, jadi kita berkumpul bersama untuk musyawarah, satu bulan kemudian terbentuklah kepengurusan KCB," tutur, Bendahara KCB Periode 2018, Nurhawati kepada blokBojonegoro.com.

Dalam kepengurusan yang pertama yang menjadi ketua adalah Alvi Prastika, kemudian ketua kedua Sherli Arianti, yang menjadi ketua ketiga utama, dan di periode 2018 ini yang menjadi ketua adalah Dian Susanti.

Menurut Dian Susanti, ada berbagai kegiatan yang sering diikuti oleh KCB, seperti pelatihan, ikut serta di acara pameran, dan juga ikut buka stand di acara Car Free Day (CFD).

"Setiap sebulan sekali kita pasti adakan pertemuan untuk saling silaturahim, kadang kita juga buat pelatihan, kita kan punya latar belakang keahlian yang berbeda-beda jadi kita bisa saling berbagi," tutur Deyyan sapaan akrab ibu tiga anak tersebut.

Anggota dari KCB didominasi dari masyarakat Bojonegoro sendiri, namun ada juga yang dari Kabupaten Tuban pinggiran seperti Parengan, Soko, dan Rengel.

Deyyan menambahkam, untuk menjadi anggota komunitas tersebut sangat mudah. "Kalau ingin mendaftar cukup bayar biaya administrasi sebesar Rp35.000 nanti dapat pin dan juga kartu member KCB, kalau sudah jadi anggota nanti bisa ikut kegiatan-kegiatan KCB," imbuh perempuan asal Campurejo tersebut.

Untuk menjadi anggota KCB tidak ada batasan usia, semua perempuan boleh jadi anggota dari remaja sampai ibu-ibu dan juga dari berbagai status pekerjaan atau profesi.

"Ada yang ibu rumah tangga biasa, pengusaha, istri polisi, guru, dan yang lainnya. Intinya yang ingin belajar crafter atau pengembangan Crafter yang sudah dimiliki bisa gabung," terang Hesti asal Kalianyar.

Dengan ikut menjadi anggota KCB, bisa menambah skill crafter, karena ada pelatihan yang khusus diagendakan secara rutin, biasanya sebulan sekali untuk para anggota crafter. Selain itu crafter juga mewadahi bagi anggotanya yang ingin ikut acara pameran ataupun bazar.

"Kita kan ada kas juga, jadi uang kasnya bisa digunakan untuk ikut pameran,  nanti barang yang dijual merknya dari masing-masing anggota, tapi satu stand komunitas crafter Bojonegoro," tutup Deyyan. [ani/lis]

 

Tag : kerajinan, perempuan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat