Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Persiapan Mudik Lebaran 2018

Mudah Diakses, Beli Online Tiket KAI Sebaiknya Tengah Malam

blokbojonegoro.com | Thursday, 26 April 2018 08:00

Mudah Diakses, Beli Online Tiket KAI Sebaiknya Tengah Malam

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Penambahan kursi kereta api untuk melayani penumpang mudik dan balik lebaran, dimungkinkan pemesanan tiket melalui Online akan mengalami peningkatan. Agar mempermudah pemesanan tiket online, sebaiknya pembelian dilakukan tengah malam.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko menjelaskan, sebanyak  6 nama KA tersebut akan mulai beroperasi di tanggal yang bervariasi. Sebagian besar mulai beroperasi pada 8 Juni sampai 25 Juni 2018. Namun ada KA yang beroperasi lebih awal, yakni Kertajaya Lebaran yang mulai dioperasikan mulai tanggal 5 Juni 2018 sampai 26 Juni 2018.

Untuk itu masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile appsyang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

Serta pada masa angkutan Lebaran tahun 2018 ini, KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. "Selain itu, KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem IT serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA," terangnya.

Pak Gatut juga memberikan tips yang mungkin dapat dicoba saat melakukan perburuan tiket KA tambahan Lebaran 2018, diantatanya usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket, cari alternatif tanggal atau rute KA, karena KA tambahan Lebaran 2018 akan direlease bersamaan, misalnya saja berangkat dari Bandung atau stasiun di kota lainnya.

Sedangkan carilah alternatif tiket terusan itu misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang. 

"Traffic akan sangat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pemesanan tiket pada jam 01.00-an. Pada beberapa kasus, beberapa pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal, namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal satu jam setelah pemesanan sehingga tiket hangus dan kembali available," pesannya.

Ditambahkan, pemesan tiket online juga harus mengecek berkala di situs penjualan atau contact center, karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah satu jam maka tiket tersebut akan muncul kembali. Sementara itu, sampai tanggal 13 April 2018, dari jumlah total tempat duduk KA reguler jarak jauh dan menengah (tidak termasuk KA lokal) telah terjual sebanyak 42,91 persen.

"Sehingga masih banyak tiket KA reguler yang masih tersedia dengan berbagi rute dan tanggal tertentu," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : ka, trafic



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini