12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disperinaker: Jumlah TKA di Bojonegoro Menurun

blokbojonegoro.com | Tuesday, 01 May 2018 21:00

Disperinaker: Jumlah TKA di Bojonegoro Menurun

Reporter: Muhammad Qomarudin
 
blokBojonegoro.com - Setelah beberapa daerah di Indonesia digemparkan dengan beredarnya pekerja asing yang mulai banyak bekerja di Indonesia, menjadikan masyarakat Lokal kebingungan dan ketakutan. Ketakutan tersebut juga pernah melanda masyarakat Kota Ledre beberapa hari yang lalu, lantaran di Bojonegoro ada perusahan minyak yang juga ada pekerja asingnya.
 
Melihat informasi yang berkembang secara luas tersebut langsung ditampik oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disoerinaker) Kabupaten Bojonegoro. Bahwa,  tenaga kerja asing di Bojonegoro masih bisa dikendalikan.
 
"Tidak sembarang pekerja asing bisa bekerja di Bojonegoro dan itu ada syarat-syarat tertentu ketika pekerja asing ingin bekerja di Bojonegoro," kata Kepala Disperinaker, Agus Supriyanto.
 
Minimal pekerja asing di Bojonegoro harus survisor atau yang membidangi pekerjaan khusus, sehingga pekerja lokal Bojonegoro tak perlu khawatir lantaran pekerja asing mengambil peluang pekerjaan. Sedangkan data pekerja asing sendiri dari Disoerinaker pada awal tahun 2018 hanya menurun tidak sampai 10 orang.
 
Salah satu faktor berkurangnya tenaga asing di Bojonegoro disebabkan, lantaran sudah menurunya explorasi minyak yang berada di Kecamatan Gayam. Tetapi, pekerja asing sendiri juga ada yang bekerja selain di EMCL.
 
"Ada juga yang bekerja di Ice, PT. Shou Fong Lasindo, PT Alpen Food Industri dan lain-lainya," ucapnya.
 
Agus Supriyanto juga mengatakan bahwa keseluruhan tenaga kerja tersebut berasal dari beberapa negara, di antaranya China, Taiwan, Amerika, Australia, Inggris, Venezuela, Jordania, India dan beberapa negara eropa lainya.
 
Untuk tenaga kerja asing yang tersisa tersebut kebanyakan masih mempunyai izin IMTA yang masih berlaku sampai tahun 2018, sedangkan IMTA sendiri hanya berlaku satu tahun saja dan harus diperpanjang lagi.
 
Namun, kebanyakan pekerja asing di Bojonegoro sudah tidak memperpanjang IMTA dan sudah habis pada tahun 2017 kemarin.
 
"Kalau untuk pekerja asing yang akan bekerja di JTB saya belum mengetahui secara menyeluruh, karena itu adalah wewenang pihak JTB untuk menyeleksi," tutupnya Agus Supriyanto.[din/lis]

Tag : TKA, pekerja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat