23:00 . Kanwil BPN Serahkan 3.313 Sertifikat Tanah Kepada Pemkab   |   23:00 . BPN Bojonegoro Serahkan Sertifikat Hak Atas Tanah Kodim   |   22:00 . Satu Guru Setingkat SMA Terkonfirmasi Covid 19   |   20:00 . Klaim Pasien Covid 19 se-Jatim Capai Rp1 Triliun   |   19:00 . Bersih-Bersih, Polres Gelar Tes Urine Bagi Anggota   |   18:00 . Wabup Penuhi Panggilan Sebagai Saksi di Polda Jatim   |   15:00 . Bupati Bojonegoro Menyerahkan Sertifikat Hak Atas Tanah   |   14:00 . Suporter Persibo Surati Pemkab Bojonegoro   |   13:00 . 98.76 Persen Warga Bojonegoro Memiliki Jaminan Kesehatan   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan   |   07:00 . 7 Macam Kelainan pada Payudara Wanita dan Cara Mengobatinya   |   22:00 . Pelatihan Berkelanjutan PEPC Kuatkan UMKM   |   21:00 . Sembuh 3 Orang, 3 Pasien Terkonfirmasi Positif   |   19:00 . Panen Tembakau, Harga Jual Masih Stabil   |   18:00 . Dinkop: Total Pendaftar BLT UMKM Bojonegoro Capai 14.550   |  
Thu, 24 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 01 May 2018 21:00

Disperinaker: Jumlah TKA di Bojonegoro Menurun

Disperinaker: Jumlah TKA di Bojonegoro Menurun

Reporter: Muhammad Qomarudin
 
blokBojonegoro.com - Setelah beberapa daerah di Indonesia digemparkan dengan beredarnya pekerja asing yang mulai banyak bekerja di Indonesia, menjadikan masyarakat Lokal kebingungan dan ketakutan. Ketakutan tersebut juga pernah melanda masyarakat Kota Ledre beberapa hari yang lalu, lantaran di Bojonegoro ada perusahan minyak yang juga ada pekerja asingnya.
 
Melihat informasi yang berkembang secara luas tersebut langsung ditampik oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disoerinaker) Kabupaten Bojonegoro. Bahwa,  tenaga kerja asing di Bojonegoro masih bisa dikendalikan.
 
"Tidak sembarang pekerja asing bisa bekerja di Bojonegoro dan itu ada syarat-syarat tertentu ketika pekerja asing ingin bekerja di Bojonegoro," kata Kepala Disperinaker, Agus Supriyanto.
 
Minimal pekerja asing di Bojonegoro harus survisor atau yang membidangi pekerjaan khusus, sehingga pekerja lokal Bojonegoro tak perlu khawatir lantaran pekerja asing mengambil peluang pekerjaan. Sedangkan data pekerja asing sendiri dari Disoerinaker pada awal tahun 2018 hanya menurun tidak sampai 10 orang.
 
Salah satu faktor berkurangnya tenaga asing di Bojonegoro disebabkan, lantaran sudah menurunya explorasi minyak yang berada di Kecamatan Gayam. Tetapi, pekerja asing sendiri juga ada yang bekerja selain di EMCL.
 
"Ada juga yang bekerja di Ice, PT. Shou Fong Lasindo, PT Alpen Food Industri dan lain-lainya," ucapnya.
 
Agus Supriyanto juga mengatakan bahwa keseluruhan tenaga kerja tersebut berasal dari beberapa negara, di antaranya China, Taiwan, Amerika, Australia, Inggris, Venezuela, Jordania, India dan beberapa negara eropa lainya.
 
Untuk tenaga kerja asing yang tersisa tersebut kebanyakan masih mempunyai izin IMTA yang masih berlaku sampai tahun 2018, sedangkan IMTA sendiri hanya berlaku satu tahun saja dan harus diperpanjang lagi.
 
Namun, kebanyakan pekerja asing di Bojonegoro sudah tidak memperpanjang IMTA dan sudah habis pada tahun 2017 kemarin.
 
"Kalau untuk pekerja asing yang akan bekerja di JTB saya belum mengetahui secara menyeluruh, karena itu adalah wewenang pihak JTB untuk menyeleksi," tutupnya Agus Supriyanto.[din/lis]

Tag : TKA, pekerja


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat