09:00 . Curva Nord Bakal Berikan Teror dan Koreografi Kejutan   |   08:00 . Tandon Air, Solusi Petani Mayangkawis Bercocok Tanam di Musim Kemarau   |   07:00 . Tak Usah Isap dan Ikat Luka Gigitan Ular, Lakukan Ini Saja!   |   06:00 . Raker IKAMI Attanwir untuk Kebesaran Pondok   |   19:00 . Kwartir Ranting Sumberrejo Kembali Gelar Jambore Tingkat Penggalang   |   18:00 . Membanggakan, Produk Kripik Singkong Bojonegoro Expor ke Cina   |   18:00 . Rekind Akan Memberikan Penguat pada 5 Jembatan dan Melebarkan Jalan   |   17:00 . Geliat Literasi di Kedai Kopi Second   |   16:00 . Periode Juli 2019, ini Jumlah Tenaga Kerja di Proyek JTB   |   15:00 . Anggaran BPPDGS untuk Madin Meningkat Capai Rp15,5 M   |   14:00 . Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen   |   10:00 . Bansos Lansia, 505 Diverifikasi, 179 Orang Sudah Cair   |   09:00 . Sakit dan Butuh Pengobatan, Satu Jemaah Haji Pulang Awal   |   08:00 . Benih Bibit Tembakau Rusak, Petani Tidak Dapat Bantuan   |   07:00 . Menyikapi Dilema Anak Multilingual   |  
Sat, 24 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 04 August 2018 07:00

Penting, Berikan Berbagai Asupan Kaya Kalsium untuk Si Kecil

Penting, Berikan Berbagai Asupan Kaya Kalsium untuk Si Kecil

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Tumbuh kembang anak sudah pasti menjadi perhatian utama para orangtua. Mulai usia 12 bulan hingga balita, perkembangan si kecil biasanya terlihat pesat. Salah satu nutrisi penting di masa pertumbuhannya adalah kalsium. Perkembangan tulang dan gigi yang kuat sangat bergantung dari kecukupan kalsium dan vitamin D. 

Perlu diingat, memenuhi kebutuhan kalsium pada masa anak-anak sangatlah vital karena periode ini menentukan pula kekuatan dan masa tulangnya hingga ia remaja dan dewasa. Dilansir dari babycenter.com, ada jumlah asupan kalsium yang berbeda seiring bertambahnya usia anak. 

Misalnya, pada rentang umur 1 sampai 3 tahun, si kecil memerlukan 500-700 miligram kalsium per hari. Kemudian, di umur 4 sampai 8 tahun kebutuhan kalsiumnya meningkat jadi 1000 miligram per hari. Ilustrasi anak bermain dengan ibunya.(Thinkstock) Karena itu, orangtua sebaiknya perlu cerdas menyiapkan makanan yang bisa memenuhi kalsium anak. 

Ada bermacam makanan dan minuman, termasuk susu segar yang sekaligus bisa dijadikan makanan pendamping Air Susu Ibu (MPASI) bagi anak usia di atas 12 bulan. Susu dan produk olahan susu Ketika usia anak sudah di atas 1 tahun, kenalkan anak dengan susu sapi selain ASI atau susu formula. Alasannya, kebutuhan kalsium anak sudah lebih banyak dan hal ini pun bisa mencegah intoleransi laktosa. 

Salah satu jenis susu yang dapat di konsumsi adalah susu segar atau susu ultra high temperature (UHT). Susu UHT merupakan susu sapi yang melalui proses pemanasan singkat pada suhu 140 derajat celsius selama empat detik sehingga nutrisi di dalamnya tak rusak. Selain memiliki kalsium yang tinggi, susu UHT pun praktis di konsumsi. Misalnya, ketika ibu dan anak sedang dalam perjalanan, susu UHT yang sudah hadir dalam kemasan kotak bisa langsung diminum anak. 

Kemudian, ahli gizi sekaligus penemu Eat Right Nutrition Consultancy, Derric Ong, mengatakan kalau orangtua sebaiknya memberikan susu full-cream untuk anak usia di bawah dua tahun. “Batita memiliki kebutuhan energi yang tinggi dan sebaiknya tidak meminum susu low fat atau susu skim,” jelasnya dilansir dari straitstimes.com, Kamis (21/5/2017).

Kini, susu UHT khusus untuk anak-anak juga sudah tersedia, seperti susu UHT Indomilk Kids Full Cream. Susu UHT full cream ini kaya kalsium, cocok untuk anak di atas 1 tahun. Ilustrasi(Thinkstockphotos) Nah, selain susu, produk olahan susu seperti yogurt dan keju juga boleh di konsumsi. Kombinasikan yogurt atau keju dengan makanan lain agar si kecil tak bosan. Contohnya, campur yogurt dengan irisan buah atau blender yogurt bersamaan dengan buah hingga menjadi smoothies. Keju pun bisa dicampur saat menyajikannya dengan sayur atau kentang tumbuk. 

Selain tinggi kalsium, keju juga mengandung vitamin D, vitamin A dan vitamin K2 yang membantu penyerapan kalsium untuk tulang dan gigi anak. Brokoli Brokoli dan sayuran berwarna hijau gelap memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Dalam dua cangkir brokoli terdapat 86 miligram kalsium. Selain brokoli, sayuran berwarna hijau gelap lain seperti bokchoy juga mengandung kalsium yang tinggi. 

Sayangnya, mengolah brokoli dengan campuran makanan lain dapat menurunkan nutrisi di dalamnya. Untuk itu, anak sebaiknya dibiasakan memakan brokoli sejak dini. Sarden Ikan sarden yang kaya akan omega 3 juga memiliki kandungan kalsium yang cocok di konsumsi anak. Pada satu kaleng kecil sarden terdapat 350 miligram kalsium. Ada kelebihan tersendiri bagi anak jika hendak mengonsumsi ikan sarden. 

Ukurannya yang lebih kecil dan sudah diolah memiliki tulang yang kecil pula sehingga mudah di makan. Sementara itu, ikan lain yang lebih besar dengan tulang yang tidak lunak akan lebih sulit di makan. Nah, dilansir dari laman drstevenlin.com, pada tulang ikan inilah hadir sumber kalsium yang tinggi. Untuk para orangtua, kombinasikan berbagai makanan dan minuman yang kaya akan kalsium ini untuk anak. Melalui berbagai asupan tersebut, nutrisi kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil pun terpenuhi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penting, Berikan Berbagai Asupan Kaya Kalsium untuk Si Kecil", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/02/153737620/penting-berikan-berbagai-asupan-kaya-kalsium-untuk-si-kecil?

Tag : ASUPAN, GIZI, ANAK

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Friday, 23 August 2019 14:00

    Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen

    Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen Musim ini para petani tembakau Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro tengah panen tembakau. Hanya sebagian petani yang menanam komoditas bahan utama rokok ini, alhasil harganya pun relatif mahal...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat