18:00 . Meriah Event Road Race Bojonegoro 2019   |   17:00 . Bengawan Solo Menghijau Penuh Eceng Gondok   |   16:00 . Agrowisata Belimbing Olah Belimbing Menjadi Kuliner Unik   |   15:00 . Petani Ngulanan Dander Panen Raya, Harga Gabah Tinggi   |   14:00 . Sejumlah Fasilitas Baru Dibangun Perlancar Lalu Lintas di Bojonegoro   |   13:00 . 31 Jembatan Jadi Tantangan Moving Alat Jumbo JTB   |   12:00 . Dishub Pasang Paku Marka di Jalan Protokol Bojonegoro   |   11:00 . Satu Alat Sampai Lokasi JTB, Masih ada 5 Lagi, Ini Jadwalnya   |   10:00 . Alat JTB Kedua Sampai di Jembatan Timbang Baureno   |   09:00 . Sempat Bikin Heboh, Alat Berat JTB Sampai Lokasi   |   08:00 . Desa Bondol Punya Sentra Produk Kayu Jati   |   07:00 . Tips buat Orang Tua yang Merasa Sudah Over Protektif pada Anak   |   22:00 . Cuaca Tidak Menentu Petani Ngambon Pasrah   |   21:00 . Hujan Angin, Kota Bojonegoro Berduka   |   20:00 . Para Pemuda Harus Jadi Pelopor Persatuan Bangsa   |  
Sun, 08 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 17 August 2018 06:00

Siswa SMKN 3 Mampu Rakit Laptop Mandiri

Siswa SMKN 3 Mampu Rakit Laptop Mandiri

Pengirim: Redaksi GRESS

blokBojonegoro.com - SMK Negeri 3 Bojonegoro kembali membuat inovasi baru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Puluhan siswa yang tergabung dalam kelas industri Axioo, Kamis (16/8/2018), melaksanakan perakitan laptop secara mandiri.

Tidak heran bila pelajar kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia di sini cekatan dan terampil merakit laptop. Sebab, sekolah tersebut dipercaya oleh perusahaan/vendor laptop Axioo untuk bekerja sama mencetak generasi pelajar yang benar-benar siap terjun di Industri.

Dalam proses perakitan laptop, seluruh sparepart, perlengkapan standart dan tool disediakan oleh Axioo untuk siswa yang telah mengikuti program student stater pack.

Metode yang digunakan untuk perakitan ini dengan tutor sebaya, jadi siswa yang merakit laptop akan dipandu oleh tutor yang tidak lain adalah temanya sendiri, tentunya tutor tersebut sudah dibimbing dan dipantau oleh trainer ACP (Guru yang sudah mendapatkan Lisensi dari Axioo).

Pembelajaran model seperti inilah yang sangat membantu siswa lebih cepat memahami materi. Selain hal tersebut, siswa harus mematuhi seluruh rangkaian Standard Operating Prosedure (SOP) perakitan yang telah ditetapkan perusahaan.

Hal ini sangat penting karena untuk menjaga kualitas perangkat yang telah dirakit. Setelah berhasil merakit, Laptop tersebut menjadi hak milik siswa dan dapat digunakan pembelajaran sehari-hari. Siswa juga dibolehkan membongkar kembali laptopnya bila dirasa perlu untuk memahami kembali, tentunya harus mengacu Standard Operating Prosedure.

Selain mendapatkan laptop, siswa juga mendapatkan hak/kesempatan untuk mengikuti Uji Sertifikasi bertaraf Internasional dari Microsoft, Mikrotik, Adobe, Ls Cable, Dicoding, Seagate, dll gratis tanpa ada biaya. Yang tentunya bila melakukan ujian mandiri biayanya cukup mahal.

Menurut Trainer ACP SMKN 3 Bojonegoro, Hendra Deni A, dengan adanya pengakuan sertifikasi Internasional akan menjadi modal untuk menaikan nilai jual skill yang dimiliki siswa ke dunia industri.

"Ini akan berdampak baik pada penyerapan tenaga kerja yang relevan di bidangnya, namun juga tidak mudah untuk mendapatkan sertifikasi ini, harus melalui rangkaian ujian online yang soalnya langsung dari vendor (Microsoft, Mikrotik, Adobe, dll),” ungkap guru yang sudah tersertifikasi Microsoft dan Mikrotik ini.

Sejak 2016, sekolah yang terletak di Jalan Panglima Polim 49 ini telah menjalin kerja sama (MoU) dengan Vendor Axioo untuk mendirikan  kelas industri Kompetensi Keahlian Multimedia (MM), dan saat ini satu satunya sekolah di Bojonegoro yang dipercaya bekerja sama dengan Axioo.

Menurut Hendra, kelas yang diberi nama Axioo Class Program tersebut mulai aktif pada Juli 2016 yang lalu. Dalam proses pendirian dan pengoperasionalan kelas ini, seluruhnya mengacu pada standarisasi industri yang telah ditetapkan Axioo, baik dari sisi ruang kelas, perangkat kelas. "Termasuk juga dengan trainer/guru pengampu materi Axioo," jelasnya.

PIC Axioo Class Program SMKN 3 Bojonegoro, Sugeng Raharjo mengungkapkan, khusus untuk kegiatan belajar mengajar kurikulum industri Axioo, pihak sekolah diwajibkan memiliki dua trainer yang sudah mempunyai lisensi dan sertifikasi master trainer dari Axioo Indonesia dan Microsoft/Mikrotik/Adobe/Mitra lain.

"Trainer inilah yang nanti setiap 6 bulan ditraining dan disertifikasi setiap pembaruan materi dari Vendor,” ungkap pria yang juga menjadi Waka Kurikulum ini.

Sementara dikofirmasi terpisah, Kepala SMKN 3 Bojonegoro, H. Imam Wahjono mengtakan, melalui Program Kelas Industri yang telah terjalin ini, tentu membawa dampak positif untuk perkembangan SMKN 3 Bojonegoro, membekali siswa dengan materi industri yang relevan dengan kompetensi keahliannya.

"Harapanya kedepan akan dikembangkan menjadi Teaching Factory sebagaimana Sejalan dengan Program Direktorat Pendidikan SMK,” ungkapnya. [mu]

*GRESS adalah ekstrakurikuler jurnalistik SMKN 3 Bojonegoro.

s

Tag : smkn 3


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat