07:00 . 4 Cara Menjaga Hubungan Tetap Awet dengan Pasangan di Era Digital   |   19:00 . Emak-emak Nekat Tabrak Palang Pintu KA   |   18:00 . Target Curi Poin, Persibo Bawa 22 Pemain ke Gresik   |   17:00 . Dirangkai Berbagai Acara, Haul Mbah Singonoyo Sukorejo Meriah   |   16:00 . Patuhi Sanksi, Suporter Persibo Tak Akan Berangkat Ke Gresik   |   15:00 . Palang Pintu KA Patah Dipasang dengan Didriling dan Diikat Karet Ban   |   14:00 . Viral, Emak-Emak Tabrak Palang Pintu Kereta Api Hingga Patah   |   13:00 . Jelang Pelantikan Presiden, Polres Bojonegoro Apel Gelar Pasukan Pengamanan Imbangan   |   12:30 . Badan Mobil di Tengah Jalan, Macet Total   |   12:00 . Penumpang Pickup Jagal Sapi Asal Mabang   |   11:00 . Truk Vs Pickup di Proliman, Banyak Korban   |   10:00 . Sebelum Pengambilan Api Abadi, Bupati dan Wabup Ziarah Makam Leluhur   |   07:00 . Cara Pakai Bra yang Tepat Agar Payudara Selalu Sehat   |   18:00 . Selisih Gol, Awas Persibo Bisa Tergeser dari Puncak Klasemen   |   17:00 . Siswa SMAN 1 Kalitidu Belajar Energi Migas dengan EMCL   |  
Sat, 19 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 17 August 2018 06:00

Siswa SMKN 3 Mampu Rakit Laptop Mandiri

Siswa SMKN 3 Mampu Rakit Laptop Mandiri

Pengirim: Redaksi GRESS

blokBojonegoro.com - SMK Negeri 3 Bojonegoro kembali membuat inovasi baru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Puluhan siswa yang tergabung dalam kelas industri Axioo, Kamis (16/8/2018), melaksanakan perakitan laptop secara mandiri.

Tidak heran bila pelajar kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia di sini cekatan dan terampil merakit laptop. Sebab, sekolah tersebut dipercaya oleh perusahaan/vendor laptop Axioo untuk bekerja sama mencetak generasi pelajar yang benar-benar siap terjun di Industri.

Dalam proses perakitan laptop, seluruh sparepart, perlengkapan standart dan tool disediakan oleh Axioo untuk siswa yang telah mengikuti program student stater pack.

Metode yang digunakan untuk perakitan ini dengan tutor sebaya, jadi siswa yang merakit laptop akan dipandu oleh tutor yang tidak lain adalah temanya sendiri, tentunya tutor tersebut sudah dibimbing dan dipantau oleh trainer ACP (Guru yang sudah mendapatkan Lisensi dari Axioo).

Pembelajaran model seperti inilah yang sangat membantu siswa lebih cepat memahami materi. Selain hal tersebut, siswa harus mematuhi seluruh rangkaian Standard Operating Prosedure (SOP) perakitan yang telah ditetapkan perusahaan.

Hal ini sangat penting karena untuk menjaga kualitas perangkat yang telah dirakit. Setelah berhasil merakit, Laptop tersebut menjadi hak milik siswa dan dapat digunakan pembelajaran sehari-hari. Siswa juga dibolehkan membongkar kembali laptopnya bila dirasa perlu untuk memahami kembali, tentunya harus mengacu Standard Operating Prosedure.

Selain mendapatkan laptop, siswa juga mendapatkan hak/kesempatan untuk mengikuti Uji Sertifikasi bertaraf Internasional dari Microsoft, Mikrotik, Adobe, Ls Cable, Dicoding, Seagate, dll gratis tanpa ada biaya. Yang tentunya bila melakukan ujian mandiri biayanya cukup mahal.

Menurut Trainer ACP SMKN 3 Bojonegoro, Hendra Deni A, dengan adanya pengakuan sertifikasi Internasional akan menjadi modal untuk menaikan nilai jual skill yang dimiliki siswa ke dunia industri.

"Ini akan berdampak baik pada penyerapan tenaga kerja yang relevan di bidangnya, namun juga tidak mudah untuk mendapatkan sertifikasi ini, harus melalui rangkaian ujian online yang soalnya langsung dari vendor (Microsoft, Mikrotik, Adobe, dll),” ungkap guru yang sudah tersertifikasi Microsoft dan Mikrotik ini.

Sejak 2016, sekolah yang terletak di Jalan Panglima Polim 49 ini telah menjalin kerja sama (MoU) dengan Vendor Axioo untuk mendirikan  kelas industri Kompetensi Keahlian Multimedia (MM), dan saat ini satu satunya sekolah di Bojonegoro yang dipercaya bekerja sama dengan Axioo.

Menurut Hendra, kelas yang diberi nama Axioo Class Program tersebut mulai aktif pada Juli 2016 yang lalu. Dalam proses pendirian dan pengoperasionalan kelas ini, seluruhnya mengacu pada standarisasi industri yang telah ditetapkan Axioo, baik dari sisi ruang kelas, perangkat kelas. "Termasuk juga dengan trainer/guru pengampu materi Axioo," jelasnya.

PIC Axioo Class Program SMKN 3 Bojonegoro, Sugeng Raharjo mengungkapkan, khusus untuk kegiatan belajar mengajar kurikulum industri Axioo, pihak sekolah diwajibkan memiliki dua trainer yang sudah mempunyai lisensi dan sertifikasi master trainer dari Axioo Indonesia dan Microsoft/Mikrotik/Adobe/Mitra lain.

"Trainer inilah yang nanti setiap 6 bulan ditraining dan disertifikasi setiap pembaruan materi dari Vendor,” ungkap pria yang juga menjadi Waka Kurikulum ini.

Sementara dikofirmasi terpisah, Kepala SMKN 3 Bojonegoro, H. Imam Wahjono mengtakan, melalui Program Kelas Industri yang telah terjalin ini, tentu membawa dampak positif untuk perkembangan SMKN 3 Bojonegoro, membekali siswa dengan materi industri yang relevan dengan kompetensi keahliannya.

"Harapanya kedepan akan dikembangkan menjadi Teaching Factory sebagaimana Sejalan dengan Program Direktorat Pendidikan SMK,” ungkapnya. [mu]

*GRESS adalah ekstrakurikuler jurnalistik SMKN 3 Bojonegoro.

s

Tag : smkn 3

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat