23:12 . Tampilan Jean Sebastian Pukau Penonton   |   20:00 . Peduli Sesama, FKPAI Bantu Air Bersih di Kedungadem   |   19:00 . Nita Artsen dan Jean Sebastian Tampil Memukau   |   18:00 . Kios di Kacangan Terbakar, Kerugian Capai Rp50 Juta   |   17:00 . Wabup Resmikan Nasi Buwohan jadi Makanan Khas Bojonegoro   |   16:00 . Wabup Buka Jazz Bengawan 2018   |   13:00 . Meski Sederhana, Warung Belut Chemenk jadi Favorit Pengunjung   |   12:00 . Seramnya Bangunan RSUD Lama Bojonegoro   |   11:00 . Total 1.151 Madin Terdaftar di Kemenag Bojonegoro   |   10:00 . Ajak Kades Wilayah Barat Diskusi, Banyak Harapan Terlontar   |   09:00 . Antisipasi Pupuk Kurang, Disperta Ajukan Tambahan   |   08:00 . Muhammadiyah dan Keindonesiaan   |   07:00 . 8 Keuntungan Berstatus Jomblo   |   06:00 . Demi Kebersamaan, Pompa Air Tradisional Jadi Alternatif Warga Sumberagung   |   23:00 . Hujan Disertai Angin, 7 Rumah di Gondang Roboh   |  
Tue, 20 November 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 17 August 2018 06:00

Siswa SMKN 3 Mampu Rakit Laptop Mandiri

Siswa SMKN 3 Mampu Rakit Laptop Mandiri

Pengirim: Redaksi GRESS

blokBojonegoro.com - SMK Negeri 3 Bojonegoro kembali membuat inovasi baru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Puluhan siswa yang tergabung dalam kelas industri Axioo, Kamis (16/8/2018), melaksanakan perakitan laptop secara mandiri.

Tidak heran bila pelajar kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia di sini cekatan dan terampil merakit laptop. Sebab, sekolah tersebut dipercaya oleh perusahaan/vendor laptop Axioo untuk bekerja sama mencetak generasi pelajar yang benar-benar siap terjun di Industri.

Dalam proses perakitan laptop, seluruh sparepart, perlengkapan standart dan tool disediakan oleh Axioo untuk siswa yang telah mengikuti program student stater pack.

Metode yang digunakan untuk perakitan ini dengan tutor sebaya, jadi siswa yang merakit laptop akan dipandu oleh tutor yang tidak lain adalah temanya sendiri, tentunya tutor tersebut sudah dibimbing dan dipantau oleh trainer ACP (Guru yang sudah mendapatkan Lisensi dari Axioo).

Pembelajaran model seperti inilah yang sangat membantu siswa lebih cepat memahami materi. Selain hal tersebut, siswa harus mematuhi seluruh rangkaian Standard Operating Prosedure (SOP) perakitan yang telah ditetapkan perusahaan.

Hal ini sangat penting karena untuk menjaga kualitas perangkat yang telah dirakit. Setelah berhasil merakit, Laptop tersebut menjadi hak milik siswa dan dapat digunakan pembelajaran sehari-hari. Siswa juga dibolehkan membongkar kembali laptopnya bila dirasa perlu untuk memahami kembali, tentunya harus mengacu Standard Operating Prosedure.

Selain mendapatkan laptop, siswa juga mendapatkan hak/kesempatan untuk mengikuti Uji Sertifikasi bertaraf Internasional dari Microsoft, Mikrotik, Adobe, Ls Cable, Dicoding, Seagate, dll gratis tanpa ada biaya. Yang tentunya bila melakukan ujian mandiri biayanya cukup mahal.

Menurut Trainer ACP SMKN 3 Bojonegoro, Hendra Deni A, dengan adanya pengakuan sertifikasi Internasional akan menjadi modal untuk menaikan nilai jual skill yang dimiliki siswa ke dunia industri.

"Ini akan berdampak baik pada penyerapan tenaga kerja yang relevan di bidangnya, namun juga tidak mudah untuk mendapatkan sertifikasi ini, harus melalui rangkaian ujian online yang soalnya langsung dari vendor (Microsoft, Mikrotik, Adobe, dll),” ungkap guru yang sudah tersertifikasi Microsoft dan Mikrotik ini.

Sejak 2016, sekolah yang terletak di Jalan Panglima Polim 49 ini telah menjalin kerja sama (MoU) dengan Vendor Axioo untuk mendirikan  kelas industri Kompetensi Keahlian Multimedia (MM), dan saat ini satu satunya sekolah di Bojonegoro yang dipercaya bekerja sama dengan Axioo.

Menurut Hendra, kelas yang diberi nama Axioo Class Program tersebut mulai aktif pada Juli 2016 yang lalu. Dalam proses pendirian dan pengoperasionalan kelas ini, seluruhnya mengacu pada standarisasi industri yang telah ditetapkan Axioo, baik dari sisi ruang kelas, perangkat kelas. "Termasuk juga dengan trainer/guru pengampu materi Axioo," jelasnya.

PIC Axioo Class Program SMKN 3 Bojonegoro, Sugeng Raharjo mengungkapkan, khusus untuk kegiatan belajar mengajar kurikulum industri Axioo, pihak sekolah diwajibkan memiliki dua trainer yang sudah mempunyai lisensi dan sertifikasi master trainer dari Axioo Indonesia dan Microsoft/Mikrotik/Adobe/Mitra lain.

"Trainer inilah yang nanti setiap 6 bulan ditraining dan disertifikasi setiap pembaruan materi dari Vendor,” ungkap pria yang juga menjadi Waka Kurikulum ini.

Sementara dikofirmasi terpisah, Kepala SMKN 3 Bojonegoro, H. Imam Wahjono mengtakan, melalui Program Kelas Industri yang telah terjalin ini, tentu membawa dampak positif untuk perkembangan SMKN 3 Bojonegoro, membekali siswa dengan materi industri yang relevan dengan kompetensi keahliannya.

"Harapanya kedepan akan dikembangkan menjadi Teaching Factory sebagaimana Sejalan dengan Program Direktorat Pendidikan SMK,” ungkapnya. [mu]

*GRESS adalah ekstrakurikuler jurnalistik SMKN 3 Bojonegoro.

s

Tag : smkn 3

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 14:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Saturday, 10 November 2018 20:00

    MINU Karakter Bojonegoro Gelar Educatif of Leadership

    MINU Karakter Bojonegoro Gelar Educatif of Leadership Hari Sabtu adalah hari libur bagi anak-anak MINU Karakter Bojonegoro. Tetapi tidak untuk Sabtu (10/11/2018) ini. Mengetahui akan pentingnya menjadi pemimpin yang baik sejak dini, diadakanlah Outbond di Maibit, Kecamatan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more