18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Blok Buku

Ijinkan Aku Mencintaimu

blokbojonegoro.com | Sunday, 26 August 2018 06:00

Ijinkan Aku Mencintaimu

Peresensi: Puput Kumala*

Maria Celia. Perempuan yang terlahir dengan nama Maria Anna Sophie Cecilia Kalogeropoulos lahir di New York city pada tanggal 2 Desember 1923. Orang tua Maria imigran dari Yunani. Maria dibesarkan oleh seorang ibu yang keras. Maria pernah belajar di National Consevatoire, Athena dan Paris pada tahun 1964. Maria memperoleh pendidikan musik dan mulai membangun karirnya di Itali. Maria seorang penyanyi sopran oper oper paling terkenal di zamannya. Ia juga pernah memerani beberapa film diantaranya “Callas Forever (2002)” “Medea (1969)”, dan “Maria Calas Potrait (1968).

Hidup yang dibayangi masa lalu yang kelam. Adalah sebuah ancaman setiap melangkah disetiap esok menjelang hari. Hari berlalu menjadi masa lalu. Hari yang akan datang menjadi ancaman terselipnyanya masa lalu. 

Intan selalu menampakkan wajahnya yang murung dan sedih. Selalu menarik diri dari perkumpulan siswa-siswi yang ada disekolahnya. Orang yang membenci kaum laki-laki. Hal  itu yang membuat Gilang tertarik sekaligus penasaran dengan kehidupan Intan dan memcoba untuk masuk kedalam kehidupan Intan. Menilik setiap sudut kehidupan Intan yang mengusik pikirannya. 

Suatu hari Gilang mengutarakan keinginannya untuk mengenal Intan lebih jauh. Saat itu Intan hendak pulang dan sedang menunggu bus yang akan mengantarnya pulang. Intan menyuruh Gilang untuk datang kerumah saat malam minggu. 

Tepat pada malam minggu, Gilang datang ke kediaman Intan yang tinggal bersama kakak perempuannya, Mutiara Sari. Gilang adalah teman pertama Intan yang datang kerumah. Gilang yang sangat penasaran dengan jati diri Intan yang terlihat pendiam dan membenci laki-laki. Di malam itu, untuk pertama kalinya Intan menceritakan masa lalunya yang kelam kepada Gilang, seorang teman laki-lakinya. 

Intan dulunya tinggal bersama keluarga, yang terdiri kedua orang tuanya dan kedua saudaranya. Mutiara Sari dan Surya. Disaat ayahnya sakit, ibunya sedang tergila-gila dengan laki-laki lain yang bernama Alek. Dengan kejam ibunya meracuni ayahnya yang sedang sakit sehingga ayahnya meninggal. Sehingga ibu Intan bisa menikah dengan Alek. Seiring waktu berlalu, Sifat asli Alek mulai terlihat, arogan dan agresif. Sesekali Alex memukuli istrinya dihadapan ketiga anaknya. Dengan diam-diam Intan dan kedua saudaranya membenci ayah tirinya itu. 

Alek mencoba memperkosa Mutiara sebanyak dua kali, hanya saja Mutiara berhasil memberontak, dan pergi meningalkan rumah. Tidak pernah pulang bertahun-tahun. Surya menjadi lebih pendiam, sehingga membuat Intan kehilangan pendirian dan tidak memiliki teman bermain. Suatu ketika Alek mengancam Intan akan membunuhnya jika menolak perbuatan bejatnya, sehingga Intan dengan terpaksa menjadi pelampiasan napsu bejat ayah tirinya. Surya datang untuk menyelamatkan Intan dengan membunuh Alex yang membuat Surya harus dipenjara selama empat tahun. Semenjak kejadian itu, Ibunya menjadi amnesia dan terkadang meronta-ronta ketika mengingat kesalahannya terhadap ketiga anaknya. Hingga suatu hari ibunya menulis surat pernyataan sebelum meninggal bunuh diri.

Intan menjalin hubungan dengan Gilang. Gilang berharap Intan akan lebih terbuka dengannya. Tetapi tetap saja, batasan itu tetap masih ada diantara Intan. Saat Intan hendak pergi ke perpustakaan, Robby datang dengan mengganggu Intan. Robby mengiri pada Gilang yang diizinkan dekat dengannya sedangkan Robby selalu diacuhkan oleh Intan. Robby kehilangan kesabaran dengan mengatakan pada Intan kalau sebenarnya Tiara, kakaknya Intan adalah bekas pelacur. Hal tersebut yang membuat Intan terpukul dan meninggalkan sekolah yang padahal belum waktunya untuk pulang. Saat menunggu bus, Gilang menyusul Intan untuk diajaknya bebicara. Gilang membawa Intan ke kantin. Intan memutuskan Gilang begitu saja tanpa alasan yang jelas. Tentu hal itu yang membuat Gilang merasa ada sesuatu yang aneh pada Intan.  Karena Gilang tidak mengetahui kejadian Intan dengan Robby.

Disekolah, Gilang termasuk siswa yang baik, pintar dan pastinya populer. Robby merasa menjadi saingan Gilang.  Gilang juga memiliki sahabat dekat yang selalau ada untuknya dan sebenarnya juga memiliki perasaan terhadapnya, Riska. Ada seorang siswi yang sangat menginginkan Gilang, Herlina. Dia berusaha menarik perhatian Gilang, walaupun Gilang tidak pernah menanggapinya.

Setelah dua hari Intan tidak masuk, Gilang resah sendiri memikirkan hal apa yang membuat Intan tidak masuk ke sekolah. Riska sebagai sahabat yang baik, menganjurkan Gilang untuk mengunjungi rumah Intan. Benar saja, Gilang mengunjungi rumah intan dan mendapati Intan sedang membantu kakaknya menjaga toko. Setelah bertatap muka dengan Intan, Gilang memaksa Intan untuk menceritakan apa yang membuatnya tidak amsuk sekolah, padahal dia tidak sakit. Intan menceritakan pada Gilang mengenai apa yang dikatakan Robby padanya tempo hari lalu. Setelah kejadian itu, Intan langsung menanyakan pada Mutiara, memang benar. Dulunya dia adalah seorang pelacur. Melacur untuk menghidupinya maupun kedua saudaranya. Pasalnya sekarang dialah yang menjadi orangtua sekaligus kakak bagi kedua adiknya. 

Keesokan harinya Gilang meminta penjelasan mengenai apa yang dikatakan Robby. Robby mengatakan apa yang dilakukannya atas suruhan Herlina. Herlinalah yang mengetahui masa lalu Tiara. Dia bermaksud menghancurkan Intan agar tidak dekat-dekat lagi dengan Gilang. Dengan tegas Gilang menolak Herlina. Hanya Intan yang dicintainya untuk saat ini. Tidak peduli dengan status Intan yang sudah ternodai, adik seorang bekas pelacur, adik dari seorang pembunuh. 

Kelebihan

Buku ini memiliki cerita yang menarik. Memiliki halaman yang sedikit. pengemasan buku yang simpel dengan cver yang menarik. Penggunaan alur yang menceritakan konflik begitu membuat penasaran. Buku ini berakhir Happy Ending. 

Kekurangan

Pemilihan kata dalam buku ini kurang efektif, Terkadang terlalu susah dipahami. Penulisan kata yang masih banyak kekurangan, seperti tidak ada proses editing. Penggunaan EYD kurang tepat sehingga susah untuk memahami beberapa kalimat yang tertulis dalam buku ini. Buku ini tidak layak dibaca oleh anak dibawah umur.  Buku ini tidak menuliskan tahun terbit dan tidak ada identitas penulis.

 

 

 

Identitas Buku

Judul Buku : Ijinkan Aku Mencintaimu

Pengarang : Maria Celia

Penerbit : BINTANG INDONESIA

Kota Terbit : Jakarta

Cetakan : Cetakan Pertama

Ukaran Dimensi : 11.5 cm x 15.2 cm

Tebal Buku : 128 Halaman

*Mahasiswa STIKes ICSada

 

 

 

Tag : blok buku, maria



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat