08:00 . LSP Pertanian Gelar Uji Kompetensi di SMK Migas Bojonegoro   |   07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   16:00 . PPDB Offline Jalur Inklusi Sepi Peminat   |   15:00 . Dua Desa Dipastikan Tak Bisa Ikut Pilkades Serentak   |   14:00 . Oktober 2019, Refita Diberangkatkan di Kejurnas   |   13:00 . 524 Siswa SMKN2 Resmi Diwisuda, ini Harapan Para Guru   |   12:00 . Kurang Pagu, PPDB Jalur Offline Dibuka Sehari   |   11:00 . Suami Ketua Ansor, Istri Ketua Fatayat Bersaing di Samberan   |   10:00 . Dari 38, Bojonegoro Peringkat 8 Perolehan Medali   |   09:00 . Bisa Daftar dari Rumah, SMAN 4 Bojonegoro Tetap Buka Layanan   |   08:00 . Sempat Melambung Tinggi, Kini Harga Kencur Anjlok   |   07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 08 September 2018 07:00

Mengapa Jerawat Sering Tumbuh di Area yang Sama?

Mengapa Jerawat Sering Tumbuh di Area yang Sama?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Banyak orang sering mengalami jerawat. Intensitasnya beragam, mulai dari jerawat ringan hingga jerawat yang memenuhi wajah. Tak jarang orang yang mengalami jerawat di area yang sama. Meski sudah hilang, beberapa lama kemudian jerawat kembali tumbuh di area tersebut.

Apakah kamu pernah mengalaminya? Pendiri Jakarta Aesthetic Clinic, dr Olivia Ong menjelaskan, hal itu bisa disebabkan karena area yang sebelumnya terdapat jerawat belum mengalami penyembuhan total. Salah satu akibatnya adalah karena tangan sering memegang bagian bekas jerawat tersebut.

" Jerawat kan rumusnya minyak, kotoran, bakteri. Di tempat tersebut dia selalu garuk-garuk. Ya tidak hilang karena di jari banyak bakteri."

Hal itu diungkapkan Olivia saat ditemui di The Hook Cafe, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2018).

Kasus tersebut, menurut dia, paling sering dilakukan oleh orang-orang. Di samping penyebab lainnya seperti mengkonsumsi makanan tertentu. Apalagi, hampir semua orang tak bisa lepas dari ponsel.

Padahal, ponsel merupakan sarang bakteri. Menurut dia, kebiasaan seperti itu harus dihilangkan. "HP kumannya lebih banyak dari toilet. Asal kita enggak pegang-pegang (jerawat) lagi bisa hilang. Beda lo dengan kalau tidak kebiasaan seperti itu," tuturnya. Salah satu contohnya adalah seseorang yang mengenakan kerudung.

Biasanya jerawat kerap bermunculan pada area di balik kerudung, meski area wajah depan bebas dari jerawat.

Hal itu karena area di balik kerudung cenderung lembap. Area lembap merupakan tempat yang disukai bakteri untuk berkembang. Olivia lantas membandingkan dengan pakaian yang kita gunakan ketika berada di tempat tropis seperti Jakarta dengan jika di Eropa yang sedang mengalami musim dingin.

Di Jakarta kita mungkin harus setiap hari berganti baju karena baju sudah berkeringat ketika dipakai seharian atau semalaman. Berbeda dengan jika kita tengah berada di negara yang cuacanya sedang dingin. Mungkin selama beberapa hari kita tak perlu berganti baju. "Karena kelembapannya rendah. Kalau kelembapan tinggi, bakteri senang," kata dia.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/07/213009920/
mengapa-jerawat-sering-tumbuh-di-area-yang-sama.

Tag : jerawat, alami, wajah

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more