Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemilu 2019

Bawaslu: Penyumbang Dana Kampanye Jadi Perhatian Khusus

blokbojonegoro.com | Thursday, 11 October 2018 15:00

Bawaslu: Penyumbang Dana Kampanye Jadi Perhatian Khusus

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pemasukan dana kampanye selain dari pribadi calon juga tidak menutup kemungkinan dari pihak ketiga. Sehingga penyumbang dana kampanye juga menjadi perhatian khusus Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Koordinator Devisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Aang Kunaifi dalam rapat koordinasi di Bojonegoro melibatkan kordinator devisi pengawasan dan sengketa, serta beberapa jajaran seketariat dalam rangka konsolidasi pengawas Pemilu di Jawa Timur.

"Untuk  mempersiapkan pengawasan di tahapan kampanye ini khususnya terkait dengan laporan dana kampanye ini," jelasnya kepada blokBojonegoro.com, Kamis (11/10/2018) saat rakor pengawasan dana kampanye Pemilu 2019 di salah satu hotel di Bojonegoro.

Aang menyebut, karena memang harapan penentu kebijakan dengan adanya pengaturan terkait dengan dana kampanye dan lain sebagainya, mengharapkan ada transparansi terkait dengan dari mana kegiatan kampanye ini. Kemudian menggunakan dana kampanye itu harus dari pihak siapa saja.

"Karena memang di dalam laporan dana kampanye itu ada beberapa pihak yang tidak diperbolehkan untuk menjadi pihak sebagai penyumbang," terangnya.

Disampaikan Aang, misal dari negara asing atau orang asing atau ada penyumbang yang harus menyertakan identitasnya. Nantinya kita akan melihat kesesuaian penyumbang, jika menyumbang sekian juta apa kemudian dia yang bersangkutan ini memang wajar menyumbang dengan nominal sekian.

"Tentu menjadi salah satu fokus perhatian, kami terhadap peserta Pemilu dari mungkin karena posisinya ini masih menduduki posisi pokok," pungkasnya saat disingung calon legislatif incumben. [ito/lis]

Tag : politik, pemilu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini