13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Santri Nasional (HSN)

Lomba Baca Kitab, Bu Anna Wajibkan Libatkan Ciri Santri

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 October 2018 10:00

Lomba Baca Kitab, Bu Anna Wajibkan Libatkan Ciri Santri

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Berbagai acara diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional (HSN). Salah satunya lomba baca kitab, karena Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah mewajibkan HSN untuk melibatkan ciri khas santri.

Setidaknya jumlah peserta yang mengikuti perlombaan di masjid Agung Darussalam Bojonegoro, Selasa (16/10/2018) ada 135, terdiri dari kategori Ula dan Wustho. Untuk Ula ada 83 peserta dan Wustho 52 peserta. Para peserta kategori Ula diikuti oleh 25 Ponpes dari 15 kecamatan se- Kabupaten Bojonegoro dan kategori Wustho diikuti oleh 21 ponpes dari 12 kecamatan.

"Hari Santri Nasional harus wajib berciri khas santriwan-santriwati, sekaligus melihat pondok pesantren mengajarkan qiroatil kutub apa tidak," kata Bu Anna, sapaan bupati perempuan pertama di Bojonegoro itu saat membuka lomba musabaqoh qiroatil kutub dalam rangka HSN di Masjid Agung.

Politisi PKB itu juga menceritakan, sejarah proses pengusulan HSN di tahun 2015 yang diperingati 22 Oktober, selain ada hari pahlawan 10 Nopember. Serta terjadinya resolusi jihad, bagaimana Mbah Hasyim Asy'ari mewajibkan santri diharuskan berjihad.

"Menyatukan nasional dan kaum Nahdiyin melakukan jihad, sehingga berkontribusi besar merebut kembali NKRI dari penjajah," terangnya.

Ditambahkan Bu Anna, keilmuannya salah satu baca kitab, tapi untuk Bojonegoro ini heterogen dan memang juga harus mengaplikasikan tentang kekinian ilmu.

"Tapi sebagai kota santri tentunya hanya  bisa amaliyahnya, mereka memang yang beragama Islam harus sholat lima waktu dan sebagainya. Jadi yang digoda amaliyahnya bukan sebagai ikon kota santri, karena kita sudah membuka sebagai ikon kota produktif. Sehingga kita harus bisa merespon perkembangannya dari zaman," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : HSN, Bupati, Bu Anna, santri, kitab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat