18:00 . Jaga Keamanan, Kodim Jember Bangun Poskamling Warga   |   17:00 . Upaya Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Turut Dampingi Petani   |   16:00 . TMMD Kodim 0824/Jember, TNI Gelar Baksos KB Kes   |   15:00 . Harga Bawang Merah Tak Kunjung Turun   |   14:00 . Cabdindik Harapkan Standar Nilai Rata-rata Lebih Baik   |   13:00 . SMKN Ngasem Sempat Alami Kendala Teknis   |   12:00 . 2 Siswa SMK Islam Undur Diri, ini Sebabnya....   |   11:00 . Macam Ekspresi Peserta UNBK   |   10:00 . UNBK SMK Hari Pertama, 5 Siswa Mengundurkan Diri   |   09:00 . Segera Gelar Puslatkab, KONI Bakal Gandeng Konsultan dari UNESA   |   08:00 . Pertamina: Beli BBM di Mitra Resmi   |   07:00 . Tips Karier: Lakukan 5 Cara Ini Agar Sukses Jadi Girl Boss   |   22:00 . Gelar Salawatan, GP Ansor Ajak Jaga Keutuhan NKRI   |   19:00 . POM Mini Meledak   |   18:00 . Organisasi KBT Bantu Pembersihan Lokasi Pembangunan   |  
Tue, 26 March 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 01 November 2018 16:00

Bojonegoro Berpotensi Kembangkan Bidang Peternakan

Bojonegoro Berpotensi Kembangkan Bidang Peternakan

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com - Bupati Bojonegoro Anna Mua’wanah menerima audiensi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Pertenakan Rakyat Institut Pertanian Bogor (LPPM SPR IPB) di Produktive Room, Kamis, (01/11/2018).

Dalam kunjungannya ini LPPM IPB memberikan sosialisasi Sekolah Peternakan Rakyat dengan Bupati Bojonegoro dan rintisan kerjasama Klinik Pertanian Nusantara program pengabdian kepada masyarakat LPPM IPB.

Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA selaku Ketua SPR LPPM IPB menyampaikan bahwa sudah ada 3 SPR yang sudah lulus di Bojonegoro yaitu SPR Ngantru, Temayang, dan juga Kedungadem. Diharapkan dengan lulusnya ketiga SPR tersebut dalam meningkatkan jumlah populasi ternak di Bojonegoro.

"Ada perubahan positif yang dialami SPR di Bojonegoro di antaranya dalam sisi kelembagaan yang sudah bisa berjalan sesuai dengan pedoman, manajemen di SPR juga menjadi lebih inovatif lagi. Serta masyarakat sekitar sejak adanya SPR ini menjadi lebih berani, lebih percaya diri," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Anna Mua’wanah menyampaikan bahwa perlu melibatkanya sarjana-sarjana peternakan di Bojonegoro. Hal ini sebagai transfer ilmu bagi para sarjana-sarjana di Bojonegoro agar bisa lebih mandiri. Kemudian untuk kesediaan pangan bagi ternak juga perlu diperhatikan seperti halnya pemberian konsentrat.

Kabupaten Bojonegoro juga memiliki tempat yang bisa dijadikan untuk pabrik pembuatan konsentrat. Selain itu juga perlu adanya penyebaran SPR ke tempat lain seperti di Kedungadem di Dukuh Malangbong, Dukuh Bangran Bobol Sekar. Serta perlu adanya akses jalan yang memadahi.

“Selain itu dalam peternakan diharapkan adanya peningkatan populasi ternak dengan efektivitas Inseminasi Buatan (IB). Penanggulangan sapi betina untuk dijadikan sapi potong, penanganan mortalitas ternak sapi baru lahir. Sehingga dengan dukungan dan tindakan yang telah diambil dapat meningkatan jumlah populasi ternak di Bojonegoro,” imbuh Bupati Bojonegoro Anna Mua’wanah. [ani/lis]

Tag : ternak, bupati

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more