19:00 . Tingkatkan Militansi, PAC IPNU-IPPNU Kepohbaru Gelar Diklatama   |   18:00 . Relawan: Optimis Menang, Jokowi - Amin Pilihan Tepat   |   17:00 . Disdik Anggarkan Rp32 M untuk 3.400 GTT   |   16:00 . BEM UNUGIRI Gelar Pemilihan Duta Kampus   |   15:00 . Ketua TKD Jatim Deklarasikan Kemenangan Jokowi - Amin di Bojonegoro   |   14:00 . Berikut Klarifikasi Kemenag RI   |   13:00 . Dari Hobi, Ingin Buat Tempat Edukasi Bonsai   |   12:00 . Waspada Berita Hoax, Bupati: Harus Ditindak Tegas   |   11:00 . Tak Hanya Bojonegoro, Kekeliruan Soal SKI Seluruh Indonesia   |   10:30 . Tabrak Truk, Pengendara Motor Meniggal Dunia   |   10:00 . Tak Sempat Lihat Konser Letto, Ini Dia ......   |   09:00 . Desa Rendeng Siap Gelar Festival Gerabah Kedua   |   08:00 . Target 10 Besar, KONI Bojonegoro Bakal Andalkan 6 Cabor   |   07:00 . Mengapa Kita Cocok Berteman dengan Orang - Orang Tertentu   |   00:00 . Keceriaan Pletonic Sambut Letto   |  
Sun, 24 March 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 13 March 2019 11:00

Hijaukan Bojonegoro, Pertamina EP Asset 4 Galakkan Tanam Pohon

Hijaukan Bojonegoro, Pertamina EP Asset 4 Galakkan Tanam Pohon

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Selain produksi minyak, Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field juga peduli lingkungan di Kabupaten Bojonegoro. Salah satunya ditunjukkan dengan keseriusannya melakukan penghijauan melalui program tanam pohon. Acara tersebut sekaligus bentuk sinergi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS)  dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

Seperti yang dikatakan Heri Aminanto selaku Field Manager Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, tanam pohon awal tahun 2019 ini merupakan upaya nyata Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field mendukung program Pemkab Bojonegoro. Rencananya program tersebut juga akan dilaksanakan di beberapa lokasi sesuai arahan  Pemkab Bojonegoro.

Pasalnya Pemkab Bojonegoro, melalui dinas terkait menargetkan 25 ribu bibit pohon di tahun 2019. "Harapannya penghijauan ini dapat meningkatkan kelembaban suhu, antisipasi longsor, menambah ruang terbuka hijau dan pemanfatan yang lainnya," terang Heri saat penyerahan bibit dan meninjau lokasi di Kecamatan Temayang, Rabu (23/3/2019), bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah.

Pak Heri juga menjelaskan, penghijauan yang dilakukan ini sekaligus membantu menjaga ekosistem dan keseimbangan di Bojonegoro. "Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field berharap dapat bersinergi dengan Pemkab Bojonegoro dan membantu masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Kepala DLH Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah mengucapkan terimakasih atas pemberian bibit pohon tersebut. Pasalnya sesuai program Pemkab Bojonegoro yang tertuang dalam RPJMD, dalam lima tahun akan tertanam 500 ribu pohon.

"Sebab penanaman ini akan diarahkan lahan kritis, embung, taman desa, titik-titik jalan Nasional, Provinsi maupun Desa," imbuh Bu Nurul.

Bu Nurul juga menunjukkan bibit pohon trembesi yang ditanam di sepanjang jalur nasional berada di jalan Bojonegoro - Temayang. Menurutnya penanaman dilakukan lebih menepi 1 meter sampai 3 meter, karena dimungkinkan akan terjadi pelebaran jalan.

Ditambahkan, selain di Kecamatan Temayang juga akan ditanam di kanan-kiri jalan poros. Namun akan dilakukan mapping dengan dilihat secara lokasi apakah gersang atau tidak. Termasuk DLH juga akan meminta masukan Kades dan Camat untuk mensukseskan target penanaman bibit pohon lima tahun ke depan.

"Penanaman juga dilakukan di daerah lainnya yang membutuhkan di Kabupaten Bojonegoro. Sebab lahan kritis posisinya menyebar hampir di seluruh kecamatan," pungkasnya. [saf/lis]

 

Tag : tanam pohon, pertamina

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more