19:00 . Tingkatkan Militansi, PAC IPNU-IPPNU Kepohbaru Gelar Diklatama   |   18:00 . Relawan: Optimis Menang, Jokowi - Amin Pilihan Tepat   |   17:00 . Disdik Anggarkan Rp32 M untuk 3.400 GTT   |   16:00 . BEM UNUGIRI Gelar Pemilihan Duta Kampus   |   15:00 . Ketua TKD Jatim Deklarasikan Kemenangan Jokowi - Amin di Bojonegoro   |   14:00 . Berikut Klarifikasi Kemenag RI   |   13:00 . Dari Hobi, Ingin Buat Tempat Edukasi Bonsai   |   12:00 . Waspada Berita Hoax, Bupati: Harus Ditindak Tegas   |   11:00 . Tak Hanya Bojonegoro, Kekeliruan Soal SKI Seluruh Indonesia   |   10:30 . Tabrak Truk, Pengendara Motor Meniggal Dunia   |   10:00 . Tak Sempat Lihat Konser Letto, Ini Dia ......   |   09:00 . Desa Rendeng Siap Gelar Festival Gerabah Kedua   |   08:00 . Target 10 Besar, KONI Bojonegoro Bakal Andalkan 6 Cabor   |   07:00 . Mengapa Kita Cocok Berteman dengan Orang - Orang Tertentu   |   00:00 . Keceriaan Pletonic Sambut Letto   |  
Sun, 24 March 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 13 March 2019 13:00

Tumbuhkan Minat Baca, Simokos Kunjungi Sekolahan di Balen

Tumbuhkan Minat Baca, Simokos Kunjungi Sekolahan di Balen

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Dalam rangka menumbuhkan minat baca pada anak-anak, banyak cara dilakukan. Salahsatunya seperti yang dilakukan Kodim 0813 Bojonegoro yang terus mensosialisasikan keberadaan Si-Mokos, melalui Koramil 0813/03 Balen yang mengoperasionalkan dan mengenalkan Si-Mokos ke sekolah-sekolah yakni di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bahrul Ulum 1 Desa Bulu Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, Rabu (13/3/2019), yang menjadi wilayah binaannya.

Babinsa Desa Bulu Serda Roni Mustofa yang mewakili Danramil 0813/03 Balen Kapten Inf Kapten Inf Samidi, mengenalkan Si-Mokos kepada siswa-siswi di madrasah tersebut. Kehadiran tim Si Mokos Koramil 0813/03 Balen disambut positif kepala sekolah MI Bahrul Ulum 1, Saiful Anwar bersama dewan guru dan seluruh siswa. Saat di hadapan 125 siswa-siswi meliputi kelas 1 sampai kelas 6 MI Bahrul Ulum 1, Babinsa Desa Bulu Serda Roni Mustofa memberikan penjelasan tentang Si-Mokos yang merupakan singkatan dari Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial disingkat SIMOKOS.

"Si Mokos ini wujudnya berupa kendaraan bermotor roda tiga berwarna hijau yang didalamnya terdapat sarana belajar berupa buku bacaan yang beragam seperti pengetahuan umum, pengetahuan tentang TNI, pengetahuan tentang pertanian, wawasan kebangsaan dan yang lainnya," jelas Serda Roni.

Selain itu lanjut Serda Roni, Si Mokos juga dilengkapi televisi LED untuk memutar slide dan film-film dokumenter yang digemari siswa. Sehingga diharapkan melalui SiMokos ini, siswa dapat memberikan pemahaman kepada para siswa tentang wawasan kebangsaan, yang meliputi nilai-nilai bela negara dan empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara atau empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

"Kehadiran Si Mokos juga mengenalkan materi kedisiplinan dan memotivasi siswa-siswi, untuk gemar membaca. Karena ini semua dilakukan untuk menunjang pembentukan karakter bagi para siswa," ungkapnya.

Sementara itu, Serka M. Fatkur Rohman yang juga tim dari Koramil 0813/03 Balen menambahkan terkait materi wawasan kebangsaan dan kedisiplinan. Namun ebelumnya para siswa juga diajak untuk membaca buku-buku yang tersedia di perpustakaan mini Si Mokos dan menyaksikan pemutaran film tentang TNI.

Sedangkan kepala MI Bahrul Ulum 1 Desa Bulu Saiful Anwar, menyambut positif kehadiran Si Mokos dilembaganya tersebut, serta sangat berterima kasih atas kehadiran TNI dari Koramil 0813/03 Balen Kodim 0813 Bojonegoro yang membekali para siswa materi wawasan kebangsaan.

"Semoga melalui kegiatan ini, akan semakin menumbuhkan jiwa dan semangat cinta tanah air. Serta memperkokoh persatuan dan kesatuan pada diri siswa-siswi MI Bahrul Ulum 1," harapnya.

Salah seoang siswi kelas 6 MI Bahrul Ulum 1, Sifa dan bersama teman-temannya merasa sangat senang dan berterimakasih atas kehadiran bapak-bapak TNI di madrasahnya. Ia mewakili siswa-siswi MI Bahrul Ulum 1 Bulu yang lain sangat mengharapkan agar kegiatan ini dilakukan rutin dan bukan sekali ini saja.

"Terima kasih kami telah mendapat bimbingan yang positif dan sangat berguna dari bapak TNI," pungkasnya dengan lugu dan riang, sambil memegang buku kegemarannya.[saf/ito]

Tag : Si mokos, koramil

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more