22:00 . Tak Ada Tambahan Sembuh dan Positif, PDP Bertambah 1 Orang   |   19:00 . Menggelitik....!!! Arga Marvel Pernah Juara Berhadiah 1 Sak Gabah   |   18:00 . Sesosok Mayat Wanita Mengapung di Bengawan   |   17:00 . Semangati Milenial Teladani Bung Karno Lewat Lomba Vlog dan Puisi   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, 4 Rumah Warga Kasiman Terbakar   |   15:00 . Ada Dua Mekanisme Daftar Ulang Siswa Baru Jenjang SMP   |   13:00 . Rapid Tes Peserta UTBK Membludak, Tetap Sesuai Protokol Kesehatan   |   12:00 . Ratusan Calon Mahasiswa Baru Antre Rapid Tes   |   11:00 . Seratusan Santri Lirboyo Asal Bojonegoro Mulai Balik Pondok   |   10:00 . Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Bengawan   |   09:00 . Bolang-baling dan Cakwe Camilan Lezat Khas Negeri Tirai Bambu   |   08:00 . Pasar Buah Banjarejo Mulai Dibongkar   |   07:00 . Demi Manfaat Maksimal, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi   |   22:00 . Warga Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Bertambah 6 Orang   |   21:00 . Pesan Direktur Utama Pertamina EP pada MWT di PEP Asset 4 Poleng Field   |  
Sun, 05 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 14 March 2019 15:00

Hidroponik, Solusi Penyuka Tanaman Minim Lahan

Hidroponik, Solusi Penyuka Tanaman Minim Lahan

Pengirim: Iskak Riyanto, SP

blokBojonegoro.com - Beberapa tahun terakhir, budidaya tanaman hidroponik (bertanam dengan media air) mulai banyak diminati di Kota Ledre. Walau tidak mempunyai lahan yang luas penghobi tanam menanam masih bisa membudidaya sayuran beraneka macam sesuai selera. Hal ini dilakukan pula oleh Indhah Sulistyorini, warga Desa/Kecamatan Malo.

Menurut Indhah yang juga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Kasiman itu, kelebihan hidroponik antara lain ramah lingkungan, hemat air, efisiensi tenaga dan waktu, tidak membutuhkan tempat yang luas, pertumbuhan tanaman lebih cepat dan kualitas tanaman terjaga, juga tidak mengenal musim. 

Indah menerangkan, cara membuat tanaman hidroponik sangat mudah, khususnya yang sistem sumbu (wick system). Pertama siapkan rokwool (media untuk akar) ukuran 2 cm x 2 cm x 2 cm yang sudah dibasahi air, buat lubang di tengahnya untuk tempat benih. Setelah benih tumbuh kemudian diletakan di netpot (bisa menggunakan gelas minuman bekas ) yang dihubungkan dengan sumbu ke dalam wadah/bak yang berisi air campuran nutrisi ( pupuk khusus hidroponik). Letakan di lokasi yang terkena sinar matahari. Air dan nutrisi harus tercukupi, bila berkurang harus ditambah lagi. Untuk menambah oksigen air harus sering diobok-obok atau diaduk-aduk agar tidak terjadi busuk akar.

"Sayuran yang bisa di hidroponikan mulai sawi, kangkung, selada, tomat, cabai, kembang kol, mentimun dan lain-lain," tambah PPL yang sangat enerjik itu, Senin (14/3/2019). 

Karena keahlianya ini Indhah juga sering diundang berbagai lembaga sekolah atau komunitas untuk memberikan pelatihan hidroponik. Tanamanya juga selalu ditampilkan di stand Dinas Pertanian Bojonegoro dalam berbagai even pameran. [lis]

 

Tag : tanaman, lahan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat