09:00 . Ancaman Pemilu, Kecurangan dan Hoax   |   08:00 . Golkar Berharap 7 Kursi Bisa Dipertahankan   |   06:00 . Amankan Rekapitulasi Suara, Banser Jaga 17 Jam Sehari   |   21:00 . Kepala SKK Migas Jabanusa Buka Lokakarya Media   |   20:00 . Sukur: Saya Hanya Sampaikan Keluhan Saksi   |   19:00 . Adu Argumen dan Tegang di PPK Kota   |   18:00 . Sempat Berhenti, Rekap di PPK Kota Berlanjut   |   17:00 . Ha..! Rekapitulasi Suara Di PPK Kota Dihentikan   |   16:00 . Penuhi Target APBN, EMCL Fokus Optimalkan Sumur Produksi   |   15:00 . UKW PWI ke 26 Ditunda, ini Sebabnya...   |   14:00 . Lapor Lebih dari 7 Hari, Bawaslu Anggap Hangus   |   13:00 . Ditanya Prediksi Perolehan Kursi, Ini Jawaban Petinggi Partai   |   12:00 . Rekapitulasi Suara Kecamatan Kepohbaru Pindah Lokasi   |   11:00 . Pengangguran di Bojonegoro Capai 23.818 Lebih   |   10:00 . Lagi, Puluhan Kader Gayam Belajar Public Speaking   |  
Tue, 23 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 01 April 2019 15:00

Catatan Tim sel KPU Jatim Zona III (4)

Tahapan Tes Psikologi

Tahapan Tes Psikologi

Oleh : Drs.H. Sholikhin Jamik,SH.MH.*

blokBojonegoro.com - Calon  anggota  KPU  Kabupaten/Kota  yang lulus Tes Tertulis mengikuti Tes Psikologi. Tes  Psikologi  dilakukan  paling  lambat  3  (tiga)  hari  setelah pengumuman hasil Tes Tertulis.Tes Psikologi dimaksudkan untuk mengetahui:

1) integritas;

2) kepribadian;

3) sikap kerja;

4) kepemimpinan; dan

5) intelegensia.

Adapun tes psikologi terdiri atas:

1) Tes tertulis, terdiri atas:

a) Tes kraepelin adalah salah satu bentuk soal psikotes yang terdiri dari susunan angka-angka dengan bentuk lajur-lajur. Cara mengerjakan soal psikotes koran ini dengan menjumlahkan dua angka yang berdekatan dengan waktu tertentu pada setiap   kolom, lalu menuliskan jawabannya tepat di sebelahnya.

[Baca juga: Tahapan Tes Tertulis ]

Tujuan tes ini adalah untuk menilai sikap seseorang terhadap ketahanan, tekanan, ketelitian, konsistensi, dan kecepatan    waktu     dalam    mengerjakan    sebuah pekerjaan.

b) Tes grafis disebut juga sebagai paper and pencil test karena hanya melibatkan 2 (dua) bahan tersebut dan dianggap sebagai tes yang sederhana dan murah. Tes grafis disebut sederhana karena tugas yang diberikan tidak rumit, mudah dimengerti subjek, dan waktu pengerjaannya tidak lama.

Tujuan tes ini adalah untuk menilai    kecerdasan   emosional   seseorang.   Teknik proyeksi yang dipakai tes grafis ini seringkali disebut sebagai tehnik ekspresif. Yang banyak dikenal dan banyak dipakai oleh para psikolog Indonesia berupa:

(1) Gambar Orang (Draw a Person Test); atau

(2) Gambar Pohon (Draw a tree Test).

c) Tes  wartegg  adalah  salah satu bagian  dari psikotes yang digunakan untuk mengeksplorasi atau melihat kepribadian seseorang terutama dalam hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol, dan reality function yang dimiliki. Biasanya terdiri dari potongan/bagian gambar seperti garis lengkung, garis lurus, titik, atau potongan gambar    yang   lainnya   dan   kita   diminta   untuk meneruskan    bagian-bagian  gambar  tersebut  untuk menjadi sebuah gambar utuh sesuai dengan keinginan kita.

2) Wawancara

Wawancara  dilakukan  dengan  melakukan  tanya  jawab dengan    tujuan    untuk    menggali    secara    mendalam  kepribadian peserta Seleksi dan dilakukan dengan metode Wawancara semi terbuka.

3) Dinamika Kelompok

Dinamika Kelompok/Focus Group Discussion (FGD) adalah diskusi terfokus dari suatu grup untuk membahas suatu masalah tertentu, dalam suasana informal dan santai. Jumlah pesertanya bervariasi antara 8-12 (delapan sampai dengan   dua   belas)   orang,   dan   dilaksanakan   dengan panduan seorang moderator.

Tim psikologi menetapkan calon anggota KPU Kabupaten/Kota “DIREKOMENDASIKAN” atau “DISARANKAN”, “DAPAT DIPERTIMBANGKAN” dan “TIDAK DISARANKAN”.

Setelah menerima hasil dari tim psikologi yang melaksanakan Tes Psikologi, Tim Seleksi menetapkan peserta yang lulus Tes Psikologi  yang  kesimpulan “DIREKOMENDASIKAN” atau “DISARANKAN”, dan “DAPAT DIPERTIMBANGKAN” untuk   calon   anggota   KPU Kabupaten/Kota.

Tim Seleksi menetapkan paling banyak 5 (lima) kali dari jumlah yang dibutuhkan calon anggota KPU Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud dalam huruf   g dalam rapat pleno dan dituangkan dalam berita acara.

Tim  Seleksi  mengumumkan  hasil  Tes  Psikologi  1  (satu)  hari setelah menetapkan hasil Tes Psikologi sebagaimana dimaksud dalam huruf h.

Pengumuman  hasil  Tes  Psikologi  dilakukan  di  media  massa lokal, laman, dan papan pengumuman KPU Kabupaten/Kota.


Pelaksanaan tes psikologi dilakukan oleh lembaga psikologi yang terakreditasi di wilayah provinsi, apabila tidak tersedia maka akan dilakukan di daerah zona provinsi terdekat.

Tim Seleksi dapat meminta penjelasan kepada tim psikologi yang melaksanakan Tes Psikologi yang diterima.

(Bersambung)

*Penulis adalah Tim sel KPU Jatim Zona III ( Bojonegoro, Tuban,Lamongan, Ngawi dan Nganjuk)

Tag : KPU, timsel, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more