16:00 . 17 Group Drumband se Dander Turut Meriahkan HUT RI ke 74   |   15:00 . Dua Kepala OPD Masuk Masa Pensiun, Kekosongan Kursi Bakal Bertambah?   |   14:00 . Kesulitan Ajukan Pengisian Kepala OPD, BKPP Tunggu Sekda Baru   |   13:00 . Buruh Kupas Ketela, Pekerjaan Sampingan Menambah Pundi Rupiah   |   12:00 . Mariono Masuk Daftar Top Skor Liga 3 Jatim   |   11:00 . Wujud Syukur, Jalin Silaturahim   |   10:00 . Warganet Ramai-Ramai Puji Penari Thengul   |   09:00 . Rampungkan Pemberkasan, Kejari Resmi Perpanjang Masa Tahanan SH   |   08:00 . Bojonegoro Sapa Dunia dengan Thengul   |   07:00 . Berbagai Penyebab dan Faktor Risiko Terbentuknya Batu Empedu   |   23:00 . Jan Ethes Gemesin Ikut Presiden Jokowi Upacara HUT ke 74 RI   |   22:00 . Pelatihan Kepemimpinan Active Citizens di Padepokan ASA   |   21:00 . Pekerja Proyek Gas JTB Ikuti Upacara Bendera   |   20:00 . Wow....! Tari Thengul Tampil di Istana Negara   |   19:00 . Unik, Warga Klangon Dirikan Gapura Bentuk Garuda Raksasa   |  
Sun, 18 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 17 April 2019 21:30

[Cek Fakta] Nenek Bawa Surat Undangan Kenduri ke TPS di Bojonegoro

[Cek Fakta] Nenek Bawa Surat Undangan Kenduri ke TPS di Bojonegoro

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Di media sosial beredar foto seorang nenek yang datang ke TPS dengan membawa undangan kenduri. Foto itu menyebar dari satu akun ke akun lain.

Bahkan, di salah satu grup Facebook di Bojonegoro menyebutkan, peristiwa itu terjadi di TPS 23 Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro.

Di grup Facebook itu diposting pukul 17.07 WIB. Hingga pukul 21.07 WIB ada 676 reaksi dari emoticon jempol, tertawa dan sedih. Sedangkan komentar mencapai 112 dan telah disebarkan sebanyak 30 kali.

Foto di grup Facebook itu mendapat respon beragam. Ada yang merasa kasihan pada nenek itu, ada yang jengkel pada anak dan cucu nenek itu, dan ada pula yang menertawakan.

"YMesake mbahe ojo buli .kualat," komentar salah satu akun Facebook.

"Se umpana ada dr ibu atau nenek anda trus di fto dfiralkan seperti yg anda komen hari ini tangapan anda sbagai anak atau cucu atau kluarga atau tetanga gmana malu apa tdk, anda harus memaklumi krnh usia sypapn bisa sprti itu, jd jngn djdikn bhn cndaan kawan kashn kluargany jika melht fto si mbhnya di jdkn bhn trtwa," komentar akun yang lain.

Anggota grup yang lainnya juga bingung karena menemukan foto yang sama di grup informasi di Tuban. " Ini foto tadi ada juga di miot katanya terjadi di Jenu Tuban, sekarang di Bojonegoro kabarnya terjadi di Sukorejo," komentarnya.

Penelusuran:

Sekitar pukul 19.00 WIB Tim Cek Fakta Blok Media Group [blokBojonegoro.com dan blokTuban.com] melakukan penelusuran ke lokasi. Setelah dari Balai Desa Sukorejo, tim menuju lokasi TPS 23 seperti yang tercantum dalam postingan di grup Facebook.

TPS 23 Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro berada di Jalan Basuki Rahmad, Gang Asrama Polisi (Aspol) dan masuk lagi ke dalam gang arah utara.

Setiba di lokasi, salah satu anggota Linmas di TPS 23 bertanya tujuan tim ke TPS. Anggota Linmas memastikan, bahwa seharian di TPS peristiwa itu tidak terjadi di tempat tersebut. Pun setelah melihat foto lokasi, dari lingkungan dan jenis pagar, Tim juga tidak menemukan model pagar dan cat yang menyerupai foto dalam postingan.

Melalui jaringan, Tim Cek Fakta juga mendapat kabar bahwa foto itu juga menyebar di Bondowoso.

Kesimpulan: TIDAK BENAR

Peristiwa itu tidak terjadi di TPS 23 Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro. Foto itu terus menyebar dari akun Facebook satu ke akun lain, dan grup Facebook satu ke grup lain. Sementara ini, belum jelas dari mana informasi awal itu muncul, dan di mana lokasi kejadian dari foto tersebut.

Tag : nenek, ke, tps, bawa, surat, kenduri, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat