20:00 . Aksi Para Santri Belajar Jadi Jurnalis   |   19:00 . Besok, 8.500 Santri dan Pelajar Upacara HSN 2019 di Alun-alun   |   18:00 . 30 Penyandang Difabel Diskusi Meningkatkan Produksi Chip Mocaf   |   17:00 . Geliat Meningkat, Eksportir Lirik UMKM Bojonegoro   |   16:00 . Tak Hanya Sekadar Kirab, 3.600 Santri Attanwir Tampilkan Kreatifitas   |   15:00 . Meriahkan Hari Santri, PonPes Attanwir Gelar Kirab Santri   |   14:00 . Wow....!! 3.600 Pelajar Sekolah Ini Pawai HSN 2019   |   13:00 . Koramil Baureno Kerja Bakti Bersih Rumah Terbakar bersama Warga   |   12:00 . Setelah ke China, Keripik Bojonegoro Diekspor ke Timur Tengah   |   11:00 . Inilah Tiga Urutan Hasil Test Calon Sekda Bojonegoro   |   10:00 . Sisa Satu Laga, Ini Komentar Pelatih Pasca Imbang Lawan PSG   |   09:00 . Persibo Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah 16 Besar Liga 3 Jatim   |   08:00 . Sinergi Dengan Pemkab, DPRD 'Ambyar' Digrebek Jonegaran   |   07:00 . Riset: Kanker Payudara Semakin Banyak Terjadi di Perempuan Usia Muda   |   21:00 . Upacara HJB ke-342, Pemkab Bojonegoro Berikan Penghargaan   |  
Tue, 22 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 17 April 2019 21:30

[Cek Fakta] Nenek Bawa Surat Undangan Kenduri ke TPS di Bojonegoro

[Cek Fakta] Nenek Bawa Surat Undangan Kenduri ke TPS di Bojonegoro

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Di media sosial beredar foto seorang nenek yang datang ke TPS dengan membawa undangan kenduri. Foto itu menyebar dari satu akun ke akun lain.

Bahkan, di salah satu grup Facebook di Bojonegoro menyebutkan, peristiwa itu terjadi di TPS 23 Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro.

Di grup Facebook itu diposting pukul 17.07 WIB. Hingga pukul 21.07 WIB ada 676 reaksi dari emoticon jempol, tertawa dan sedih. Sedangkan komentar mencapai 112 dan telah disebarkan sebanyak 30 kali.

Foto di grup Facebook itu mendapat respon beragam. Ada yang merasa kasihan pada nenek itu, ada yang jengkel pada anak dan cucu nenek itu, dan ada pula yang menertawakan.

"YMesake mbahe ojo buli .kualat," komentar salah satu akun Facebook.

"Se umpana ada dr ibu atau nenek anda trus di fto dfiralkan seperti yg anda komen hari ini tangapan anda sbagai anak atau cucu atau kluarga atau tetanga gmana malu apa tdk, anda harus memaklumi krnh usia sypapn bisa sprti itu, jd jngn djdikn bhn cndaan kawan kashn kluargany jika melht fto si mbhnya di jdkn bhn trtwa," komentar akun yang lain.

Anggota grup yang lainnya juga bingung karena menemukan foto yang sama di grup informasi di Tuban. " Ini foto tadi ada juga di miot katanya terjadi di Jenu Tuban, sekarang di Bojonegoro kabarnya terjadi di Sukorejo," komentarnya.

Penelusuran:

Sekitar pukul 19.00 WIB Tim Cek Fakta Blok Media Group [blokBojonegoro.com dan blokTuban.com] melakukan penelusuran ke lokasi. Setelah dari Balai Desa Sukorejo, tim menuju lokasi TPS 23 seperti yang tercantum dalam postingan di grup Facebook.

TPS 23 Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro berada di Jalan Basuki Rahmad, Gang Asrama Polisi (Aspol) dan masuk lagi ke dalam gang arah utara.

Setiba di lokasi, salah satu anggota Linmas di TPS 23 bertanya tujuan tim ke TPS. Anggota Linmas memastikan, bahwa seharian di TPS peristiwa itu tidak terjadi di tempat tersebut. Pun setelah melihat foto lokasi, dari lingkungan dan jenis pagar, Tim juga tidak menemukan model pagar dan cat yang menyerupai foto dalam postingan.

Melalui jaringan, Tim Cek Fakta juga mendapat kabar bahwa foto itu juga menyebar di Bondowoso.

Kesimpulan: TIDAK BENAR

Peristiwa itu tidak terjadi di TPS 23 Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro. Foto itu terus menyebar dari akun Facebook satu ke akun lain, dan grup Facebook satu ke grup lain. Sementara ini, belum jelas dari mana informasi awal itu muncul, dan di mana lokasi kejadian dari foto tersebut.

Tag : nenek, ke, tps, bawa, surat, kenduri, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat