13:00 . Pekan Madaris Kecamatan Kanor Sukses Digelar   |   12:00 . Muslimat-Fatayat NU Kanor Santuni Ratusan Yatim Piatu dan Dhuafa   |   11:00 . Entas Kemiskinan, Pembangunan 856 RTLH Digenjot   |   08:00 . Virginia dan Jawa Tetap Jadi Pilihan Petani Tembakau Bojonegoro   |   07:00 . Bolehkah Ibu Hamil Mengunyah Permen Karet?   |   20:30 . Meriahnya Pensi Pekan Madaris di Kanor   |   20:00 . UNUGIRI Bertekad Ciptakan SDM Terampil   |   19:00 . Dewan Pendidikan: Kekerasan di Lingkungan Sekolah Masih Kerap Terjadi   |   18:00 . Komitmen Ciptakan SRA di Bojonegoro Masih Minim?   |   17:00 . Bantu Pantau Lalu Lintas, Dishub Tambah Empat CCTV Rp360 Juta   |   16:00 . Lazisnu Bojonegoro Bantu Korban Kebakaran di Kedungadem   |   15:00 . Persibo Fokus Buru Pemain Tengah dan Belakang   |   14:00 . Diduga Selang Regulator LPG Bocor, Rumah di Desa Deru Hangus   |   13:00 . Tantangan Makin Berat, Wisudawan Harus Tetap di Jalan Amar Ma'ruf Nahi Munkar   |   12:00 . Pers Mahasiswa se-Madura ikuti Pelatihan Cek Fakta AJI   |  
Sun, 22 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 07 June 2019 07:00

Tidur dengan Cahaya Terang Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes?

Tidur dengan Cahaya Terang Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebagian orang senang tidur dengan lampu menyala. Ada juga yang tidur di depan televisi yang menyala. Dua hal itu sebaiknya dihindari. Anda disarankan tidur dalam ruangan gelap untuk membuat tubuh beristirahat total.

Kondisi ruangan yang gelap dapat mengirim sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya istirahat. Di malam hari dalam kegelapan, suhu tubuh menurun, metabolisme melambat, dan hormon melatonin meningkat drastis. Hormon ini hormon membantu mengendalikan jam internal Anda.

Sebaliknya, ketika ada cahaya, pikiran dan tubuh Anda tetap waspada meskipun sebenarnya Anda ngantuk berat. Kondisi ini mengganggu ritme sirkadian tubuh selama 24 jam.

Risiko tidur dalam terang diungkapkan dalam beberapa penelitian. Salah satunya adalah studi yang dilakukan North Western University yang dipublikasikan di jurnal Sleep pada 2018 lalu. Studi itu menunjukkan bahwa tidur dengan paparan cahaya terang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Para peneliti melibatkan 20 orang dewasa untuk memastikan hal ini. Di malam pertama, mereka diminta para relawan tidur di ruangan gelap gulita. Sedangkan di malam kedua mereka tidur di dalam ruangan terang.

Ketika tidur di dalam ruangan terang, para peneliti menemukan tanda-tanda vital, aktivitas gelombang otak, gerakan kaki, dan mata dari semua sukarelawan saat mereka tidur. Artinya, saat terang, tubuh Anda tidak benar-bernar beristirahat.

Mereka bahkan mengambil sampel darah setiap jam untuk mengukur kandungan melatonin. Hormon ini hormon membantu mengendalikan jam internal Anda.

Di pagi harinya, para peneliti melakukan tes toleransi glukosa pada semua relawan. Hasilnya Ditemukan bahwa tidur di bawah cahaya terang dapat meningkatkan resistensi insulin pada seseorang. Inilah yang meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, kualitas tidur yang buruk juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan obesitas.

Cahaya terang juga membuat Anda kurang tidur. Para ahli menghubungkan antara kurang tidur dengan keseimbangan hormon yang dapat berpengaruh pada asupan makanan dan berat badan. Kebanyakan orang yang kurang tidur akan makan lebih banyak. Ini akan meningkatkan level gula darah dan berisiko obesitas.

Sumber: https://www.teras.id/life/pat-2/156131/
tidur-dengan-cahaya-terang-bisa-tingkatkan-risiko-diabetes

Tag : tidur, diabetes, terang, cahaya

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat