11:00 . Peduli Bersama Lawan COVID-19, Ormada Bojonegoro Galang Dana   |   10:00 . Sehari Produksi 1.000 Bak Cuci Tangan   |   09:00 . Tahap II, 109 Kades Dilantik Lewat Video Conference   |   08:00 . Update Perkembangan Covid-19 di Jawa Timur dan Bojonegoro Per 6 April   |   07:00 . Dear Ladies, Ini 5 Hal yang Paling Ditakuti Laki-laki saat Menjalin Komitmen   |   18:00 . Bagikan Sembako, Zahir Mania Baksos Ke Daerah Pelosok   |   17:00 . PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Membagikan Alat Penagkal Covid-19   |   16:00 . Jumlah ODP Bojonegoro Masih Ada 53 Orang   |   15:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Serahkan Alat Protokol Kesehatan   |   14:00 . 4 Kades di Sugihwaras Dilantik Melalui Vidcon, Satu Kades Langsung Oleh Bupati   |   13:00 . Lantik 109 Kepala Desa, Bupati Berpesan Warga Bojonegoro Tunda Mudik   |   12:00 . Live Streaming: Pelantikan Kepala Desa Tahap II   |   11:00 . Pekerja Migas di Bojonegoro Jalani Rapid Tes   |   10:00 . Tangkal Covid-19, Personil Polres Dapat Extra Fooding   |   09:00 . Hulu Turun, Air Bengawan di Bojonegoro Masih Naik   |  
Tue, 07 April 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 20 June 2019 14:00

Perki Desa, Pedoman Pelayanan Informasi Publik

Perki Desa, Pedoman Pelayanan Informasi Publik

Kontributor: Mokhamad Arifin 

blokBojonegoro.com - Dalam peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) 2019 yang digelar di Gedung Angling Darma Lantai 2 Pemkab Bojonegoro pada Kamis (20/6/2019), Komisi Informasi (KI) Pusat sekaligus me-launching Peraturan Komisi Informasi (Perki) No 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Desa.

Kegiatan launching dirangkai diskusi publik dengan mengangkat tema "Keterbukaan Informasi Publik untuk Kesejahteraan Desa" ini diikuti oleh seluruh KI Provinsi/Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Kominfo Provinsi se-Indonesia, dan Kadis Kominfo se-Jatim dengan keynote speech disampaikan langsung Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti. 

"Perki Desa bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Informasi Publik di lingkungan Pemerintah Desa demi menghasilkan layanan Informasi Publik yang berkualitas,"ujar Komisioner KI Pusat Bidang Advokasi, Edukasi dan Sosialisasi, Wafa Patria Umma. 

Sebagai pengisi diskusi sesi pertama ini, Wafa juga menjelaskan bahwa tujuan terbitnya Perki Desa yaitu untuk memberikan pedoman standar bagi Pemerintah Desa dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik di lingkup desa. Pasalnya, dana yang mengalir ke Pemerintah Desa setiap tahunnya mengalami kenaikan. 

"Dari tahun 2015 sebesar Rp20,67 triliun, saat ini Dana Desa yang digelontorkan Pemerintah Pusat sudah mencapai Rp60 triliun pada tahun 2018, sehingga keterbukaan informasi publik memang harus dilaksanakan," tegasnya. 

Sedangkan pada sesi kedua, materi diskusi disampaikan Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur P. Dalam kesempatan ini, ia memaparkan tentang Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Bojonegoro dengan paparan program sambang desa oleh Kominfo Bojonegoro.

"Sambang desa merupakan kegiatan rutin Dinas Kominfo Bojonegoro sebagai wadah mendengar langsung aspirasi Masyarakat Bojonegoro," tandasnya

Sementara kegiatan ini nantinya akan ditutup dengan agenda kunjungan wisata keterbukaan informasi di Kabupaten Bojonegoro dengan Sambang Desa pada malam harinya. Rencananya, seluruh peserta akan diajak berkunjung ke Desa Padang, Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. [fin/lis]

 

Tag : perki, desa


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat