21:00 . Selamat Jalan Dek Kamila   |   19:00 . Bangunan Misterius Muncul di Bengawan Solo   |   16:00 . Wisata Kracakan Niagara Mini dan Rajut yang Tembus Amerika   |   15:00 . Polsek Kota dan Dishub Gelar Pembinaan Bagi Operator Perahu   |   14:00 . Pemerintah Tetap Pakai Skema Bagi Hasil Gross Split di Sektor Migas   |   13:00 . PMII Desak Bupati Jelaskan Uang Rakyat yang Didepositokan Rp2,9 T   |   12:00 . Aksi Mahasiswa Bojonegoro Soroti Silpa Tahun 2018   |   10:00 . DPRD Datangi Rumah Korban Dugaan Malpraktik RSUD Bojonegoro   |   08:00 . 100 Perempuan Bojonegoro Dilatih Menjadi Perajut   |   07:00 . Cerita Drama Tangisan Anak, Agar Keinginannya Terpenuhi   |   22:00 . Sambut Milad, Rumah Sakit Aisyiyah Gelar Lomba Tahfidz   |   21:00 . Pemdes dan Kelompok Tani Ngadiluhur Balen Kendalikan Tikus   |   20:00 . Kurangi Pengangguran, Disperinaker Buka Job Fair 2019 Selama Dua Hari   |   19:00 . Disdikda Akui Atap Plafon Salah Satu SDN di Kecamatan Ngraho Ambrol   |   18:00 . Kodim 0813 Bojonegoro Gelar Pembinaan Wasbang Bersama Komponen Masyarakat   |  
Fri, 15 November 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 16 October 2019 13:00

Bupati Targetkan Bojonegoro Bisa Duduki Nomor Dua Populasi Sapi Se-Jatim

Bupati Targetkan Bojonegoro Bisa Duduki Nomor Dua Populasi Sapi Se-Jatim

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Tahun 2019, target populasi ternak sapi di Kabupaten Bojonegoro harus menduduki nomor 2 se-Jawa Timur. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah saat memberikan sambutan di kegiatan lomba sapi betina produktif dan gelaran panen pedet yang dilaksanakan di Lapangan Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Rabu (16/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Bupati yang akrab disapa Bu Anna menyampaikan upaya peningkatan untuk mencapai target tersebut terus dilakukan oleh Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro salah satunya dengan menggelar lomba ini. Tidak hanya itu, guna meningkatkan populasi ternak hendaknya para peternak sapi terus rutin untuk ikut insenminasi buatan (IB) agar sapi indukan cepat bunting.

"Tidak hanya IB, sapi betina produktif jangan sampai disembelih oleh para peternak, pasalnya dengan indukan produktif nanti mampu menambah populasi ternak di Bojonegoro," terang Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah.

Bu Anna juga mengimbau untuk gunakan IB, karena juga untuk meningkatkan kuota sapi agar cepat bunting, sementara untuk tingkatkan kualitas sapi potong untuk kebutuhan hendaknya terus memeriksakan kesehatan agar kualitas daging sapi bisa baik.

"Penyembelihan sapi betina masih menjadi fenomena di Indonesia, boleh menyembelih sapi betina asal sapi itu sudah majer, pastinya mengetahui sapi majer harus dengan pemeriksaan dokter hewan," tutur Bupati Bojonegoro.

Dalam event ini hendaknya dibuat sebagai hasil kinerja tolak ukur Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang selama ini telah berjalan, oleh karena dengan upaya peningkatan target populasi yang ditargetkan tersebut Disnakkan dan peternak mau terus berupaya untuk terus bersinergi, sehingga target nomer 2 jumlah populasi sapi bisa diraih.

"Mudah-mudah dengan segala program peningkatan Upsus Siwab maupun IB yang telah dijalankan bisa mencapainya," tutup Bupati Bojonegoro.[saf/ito]

Tag : sapi, betina, lomba, dolokgede

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat