15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Desa Bondol Punya Sentra Produk Kayu Jati

blokbojonegoro.com | Sunday, 08 December 2019 08:00

Desa Bondol Punya Sentra Produk Kayu Jati

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Banyak kayu jati berjejer di tepi jalan, tepatnya di kawasan Desa Bondol, Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro.

Selain kayu juga ada kerajinan dari kayu jati tampak di pajang di halaman rumah-rumah warga.

Sementara itu, para pengrajin terlihat sibuk mengukir dan menghaluskan aneka kerajinan kayu jati di depan atau samping rumah.

Di Desa Bondol Kecamatan Ngambon, memang banyak warganya yang menggeluti kerajinan kayu jati. Letak desa ini di sebelah barat Kecamatan Ngambon.

Beberapa pengunjung tampak melihat produk kerajinan kayu jati di halaman rumah pengrajin. Ada pula beberapa truk yang terlihat mengangkut produk kerajinan untuk dibawa ke berbagai daerah.

Kerajinan kayu jati di kawasan Desa Bondol ini mulai dikenal sejak tahun 2007. Dulu hanya ada beberapa orang yang membuat kerajinan dari kayu jati tersebut. Namun lambat laun beberapa warga ikut terjun menggeluti usaha ini, dan sekarang sedikitnya ada 40 pengrajin kayu jati.

Riyanto (45) dan anaknya Andri (22) warga RT. 05/RW.02, adalah salah satu pengrajin kayu jati. Mereka mempunyai tempat usaha sendiri di rumahnya. Puluhan produk kerajinan kayu jati tampak dipajang di rumahnya.

Selain itu, ada dua pengrajin yang setiap hari membantu produksi kerajinan kayu jati di rumahnya.

“Saya sebenarnya baru merintis usaha ini sejak 2010,” ujar Rianto saat ditemui di rumahnya, Jumat (6/12/2019).

Ia menuturkan, harga kerajinan kayu jati ini bervariasi. Produk berupa almari misalnya harganya berkisar Rp3.500.000 sampai dengan Rp8.000.000.

Sedangkan produk kerajinan kayu jati berupa meja atau kursi harganya bisa berkisar Rp1,5 juta sampai Rp2 juta. Selain laku di wilayah dalam Bojonegoro, produk warga Bondol ini juga ada yang dikirim ke luar daerah.

“Terkadang para pembeli yang datang sendiri ke sini. Mereka bisa melihat dan memilih sendiri produk yang disukai,” ujar Rianto ditemani anaknya, Andri. [her/mu]

Tag : desa bondol, ukir jati, kayu jati, produk kayu jati



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat