11:00 . Tuntut Kejelasan Persibo, Mediasi Digelar Tertutup   |   09:00 . Diduga Bansos Dipotong, Warga Tambakrejo Lapor ke Polres   |   08:00 . Pelunasan PBB-P2 di Kecamatan Purwosari Capai 100 Persen   |   07:00 . Setop, Jangan Kulum Bibir untuk Ratakan Lipstik   |   22:00 . PN Tolak Praperadilan Kasus Pemalsuan AJB dan Dugaan Penyerobotan Tanah Hotel Bojonegoro   |   18:00 . Belum Ada Intruksi, Cabor Panahan Belum Gelar Latihan   |   17:00 . Lezat Terjangkau, Nikmati Bakso Kerikil Bang Har   |   16:00 . Sumber Bening Bisa Aliri Sawah Seluas 1.900 Hektar di 3 Kecamatan   |   15:00 . Toko Kaset Jadul, Legendaris, Ada Sejak 1979   |   14:00 . Akan Lakukan Aksi, ini Harapan Suporter Persibo   |   13:00 . Masuk Musim Kemarau, BPBD Belum Terima Laporan Kekeringan   |   12:00 . Mekar Merekah, Bunga Bougenville Hiasi Sepanjang Jalan Raya Bojonegoro   |   11:00 . Kejutan dari Pertamina EP Jelang HUT Kemerdekaan RI   |   10:00 . Enak-enak di Kamar Kos, 2 Pasangan Lagi-lagi Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Jaga Kebersihan Sumber Air, Bupati Kerja Bhakti Bareng Warga   |  
Wed, 12 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 08 January 2020 13:00

Janjikan Jadi CPNS, Oknum Guru SD Tipu Puluhan Korban

Janjikan Jadi CPNS, Oknum Guru SD Tipu Puluhan Korban

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Seorang guru SD inisial (SN) di Kabupaten Bojonegoro, diamankan oleh Polres Bojonegoro, lantaran telah melakukan tindak pidana penipuan terhadap para korban dengan dalih bisa meloloskan para korban tersebut menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Diduga ada puluhan korban penipuan CPNS oleh tersangka, namun yang melapor baru ada satu korban yang inisialnya DPC (41) warga Kecamatan Kedungadem," tutur Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan.

Kapolres menuturkan dalam modus operandinya, tersangka meyakinkan para korbanya bisa meloloskan para korbannya dengan syarat, tersangka meminta sejumlah uang 30 juta rupiah. Namun setelah ditunggu, janji yang diutarakan tersangka tidak kunjung ada hasilnya.

"Kejadian penipuan CPNS yang dialami DPC (41) terjadi pada bulan Februari 2019 lalu," terang Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan.

Masih kata Kapolres Bojonegoro menceritakan, awal mula kronologinya yakni Pada bula Juli 2019 tersangka yakni SN menelpon korban DPC untuk memberitahukan bahwa di bulan Agustus ada lowongan PNS tanpa tes, dengan dalih ada jalur khusus dan harus memenuhi persyaratan salah satunya membayar biaya administrasi 30 juta rupiah.

Lanjut Kapolres Bojonegoro, setelah Korban menyiapkan berkas kelengkapan itu, tersangka SN masih dibulan yang sama yakni bulan Juli tersangka menelpon korban DPC untuk mengantarkan berkas kelengkapan kepada tersangka dan kemudian tersangka menyakinkan korban DPC bahwa bulan Agustus 2019 sudah bisa jadi PNS.

"Namun, setelah ditunggu-tunggu korban DPC tidak ada perekrutan PNS bahkan uang administrasi korban raib dibuat oleh tersangka untuk kebutuhan sehari-harinya," terang Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan.

Dari hasil data yang diperoleh Polres Bojonegoro, korban penipuan CPNS ada sekitar 82 orang, data itu diakui oleh tersangka SN, namun dari jumlah korban itu baru ada 24 korban penipuan CPNS yang telah diketahui. Atas hasil penipuan CPNS itu tersangka berhasil meraup pundi uang dengan estimasi yang didapat sekitar 2.1 milyar lebih yang digunakan oleh tersangka untuk umroh, kredit atau beli mobil serta kebutuhan lainnya.

"Hasil uang yang telah diamankan hampir satu miliar (Rp933.500 .000)," beber Kapolres

Atas adanya kejadian ini, Polres Bojonegoro, mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan janji-janji oknum yang bisa meloloskan jadi PNS. Pasalnya rekrutmen CPNS langsung ditangani oleh pusat dan dengan sistem online sehingga pelaksanaan perekrutan CPNS cukup terbuka.[saf/ito]

Tag : cpns, lowongan, penipuan, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat