18:00 . Pasien Sembuh Harian di Indonesia Bertambah 4.545 Orang   |   17:00 . Hadiri Peluncuran Sifajargoro, Tamu Undangan Patuhi Prokes   |   16:00 . LaNyalla Apresiasi UMKM Kripik Singkong Bertahan Saat Pandemi   |   15:00 . Bantu Pembelajaran Siswa di Masa Pandemi, Disdik Luncurkan Sifajargoro   |   14:00 . Manjakan Lidah dengan Kuliner Tradisional Nuansa Jawa di Kampoeng 7   |   13:00 . BPA Bojonegoro Beri Informasi Asi Ekslusif Ibu-Ibu saat CFD   |   11:00 . RSUD Bojonegoro Dapat APD dari AMSI-EMCL   |   10:00 . Kembalikan Fungsi Trotoar, 29 Kursi Santai di Veteran Dipindahkan   |   09:00 . Bawa Balita, Denwatser Ikut Amankan Konfercab   |   08:00 . Tips Ibadah di Masjid Nyaman Saat Pandemi   |   07:00 . Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan   |   06:00 . 306 Pasien di Jatim Sembuh, 289 Kasus Baru   |   05:00 . 6 Orang di Bojonegoro Sembuh, Kasus Baru Tambah 4 Orang   |   23:00 . Festival Krecek Ala Fatayat NU Cengungklung Bojonegoro   |   22:00 . Tingkatkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi, Disdik Himbau Sekolah untuk Konsumsi Pangan Lokal   |  
Mon, 26 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 12 January 2020 07:00

Manfaat Minuman Rempah Saat Musim Hujan

Manfaat Minuman Rempah Saat Musim Hujan

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Manfaat minuman rempah untuk kesehatan jika dikonsumsi saat musim hujan seperti sekarang ini salah satunya bisa menghangatkan tubuh. Manfaat minuman rempah untuk kesehatan juga dipercaya dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

Selama ini Indonesia dikenal sebagai negara penghasil rempah terbanyak di dunia. Tanaman rempah seperti jahe, kapulaga, kayu manis, kunyit dan lain-lain dapat diolah menjadi minuman yang menyehatkan tubuh.  

Di musim hujan seperti sekarang ini, tak ada salahnya kamu menyiapkan kebutuhan untuk ketahanan tubuh dengan memanfaatkan bahan rempah lokal. Manfaat minuman rempah untuk kesehatan ini bisa dijadikan rekomendasi harianmu.

Karena selain bisa menghangatkan, minuman berbahan rempah-rempah asli Indonesia ini juga mampu membantu kamu menjaga ketahanan tubuh dari ancaman penyakit saat musim penghujan.

Tanaman rempah-rempah tak hanya berguna untuk menambah rasa pada makanan atau minuman, tapi juga memiliki dampak baik bagi kesehatan tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat dari sejumlah minuman berbahan rempah.

Manfaat Minuman Rempah untuk Kesehatan

Wedang Ronde

Minuman wedang ronde dibuat dengan bahan dasar tanaman rempah jenis jahe. Tanaman rempah yang satu ini bisa melonggarkan saraf.

Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk memudahkan penyerapan unsur penting pada minuman atau jamu. Untuk itulah, jahe selalu digunakan pada semua jenis minuman jamu.

Minuman wedang ronde dapat dibeli dari penjual keliling, atau bisa juga kamu membuatnya sendiri di rumah dengan cara merebus air jahe dan gula merah, kemudian beri pelengkap untuk dijadikan wedang ronde.

STMJ

Manfaat minuman rempah untuk kesehatan lainnya yaitu minuman STMJ yang merupakan campuran antara susu, telur, madu dan jahe.

Selain digunakan sebagai bahan minuman wedang ronde, sekarang ini jahe juga sering dicampurkan dengan minuman kopi maupun teh.

STMJ selain antipenyakit, juga dapat menghangatkan tubuh, sehingga pas dikonsumsi disaat musim penghujan.

Bandrek

Minuman bandrek berwarna cokelat ini merupakan minuman khas orang Sunda yang juga sama-sama berbahan utama jahe.

Bandrek sangat cocok dinikmati saat hujan, dibarengi dengan makanan ubi rebus atau pisang goreng. Minuman bandrek menjadi istimewa karena menggunakan campuran serai, pandan, merica, dan telur ayam.

Meniran

Manfaat minuman rempah untuk kesehatan berikutnya adalah minuman meniran. Minuman ini terbuat dari rebusan daun meniran (phyllanthus urinaria).

Daun tersebut banyak tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia ini, dan tumbuh liar sehingga mudah ditemukan. Daun meniran diketahui berkhasiat untuk tingkatkan daya tahan tubuh.

Beras kencur

Rasa minuman rempah yang satu ini cenderung manis yang memberikan efek hangat di tubuh. Pasalnya, beras kencur dibuat dari sembilan jenis tanaman rempah yang meliputi jahe, kapulaga, pandan, padas, kunyit, dan kencur.

Dengan mengonsumsi minuman beras kencur secara rutin maka penyakit apapun bisa dilawan.

Minuman ini dapat kamu temui di tukang jamu keliling, atau bisa juga dibeli dalam bentuk serbuk yang banyak dijual di pasaran.

Wedang Uwuh

Bahan utama minuman wedang uwuh ini adalah cengkih. Sejak dulu tanaman rempah jenis cengkih terbukti punya banyak khasiat, seperti meredakan masuk angin, batuk, dan juga sakit kepala.

Minuman wedang uwuh juga menggunakan rempah jenis pala yang dapat melancarkan sirkulasi darah, menyehatkan pencernaan, menghilangkan gejala masuk angin, juga menghilangkan rasa nyeri. [lis]

 

Tag : Wedang, minuman, rempah


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat