18:00 . Anggaran untuk Covid-19 di Bojonegoro Rp957 Miliar, ini Rincian Realisasinya...   |   17:00 . Penjualan Ikan Hias Pinggir Jalan Makin Diminati   |   16:00 . Menikmati Senja sembari Memancing di Kedong Winong Ngambon   |   14:00 . Uniknya Lukisan Siluet dari Kantung Plastik Bekas   |   13:00 . Penjahit Kebaya Modern Raup Omzet Menggiurkan   |   12:00 . Asa Produsen Arang di Pinggiran Hutan   |   11:00 . Desa Tlogorejo Dicanangkan Menjadi Sentra Perikanan   |   09:00 . Bupati Bojonegoro Beri Penghargaan ke Kades Pelopor Kampung Tangguh Semeru   |   08:00 . Stikes Rajekwesi Produksi Sabun Antiseptik Lucu   |   07:00 . 5 Tips Sukses Wawancara Kerja setelah Kamu Kena PHK   |   23:30 . Peletakan Batu Pertama Jembatan Bojonegoro-Blora, Target 5 Bulan   |   23:00 . Siapkan Strategi Pendidikan di Era Pandemi   |   22:30 . 1 Orang Sembuh, ada 5 Tambahan Positif Covid-19   |   22:00 . Bupati Jalankan Eskavator, Tandai Pembukaan TMMD   |   21:30 . Atas Permintaan Keluarga dan Pemdes, Pencarian Warga Pilang Dihentikan   |  
Thu, 02 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 20 January 2020 16:00

Keren, Sekolah ini Mengenalkan Pertanian Sejak Dini Kepada Anak Didik

Keren, Sekolah ini Mengenalkan Pertanian Sejak Dini Kepada Anak Didik

Pengirim : Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Proses belajar mengajar bagi siswa-siswi tidak hanya di dalam kelas saja, tetapi juga praktik di luar kelas agar langsung bersentuhan sesuai tema yang diajarkan. Hal seperti ini dilakukan oleh KB Nurus Sholihah, RA, MI Islamiyah Desa Karangdowo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro dengan mengajak 60an anak didiknya praktik mengenalkan pekerjaan petani di sawah bersama 3 guru pendamping, Senin (20/1/2020).

Salah satu guru pendamping, Yu'idul Fitriyah mengatakan bahwa praktik di sawah ini merupakan puncak tema pembelajaran. "Di setiap tema selalu kita adakan acara puncak tema dengan cara pembelajaran di luar ruangan atau alam bebas. Ini bertepatan dengan pekerjaan petani," kata Yu'idul, Senin (20/1/2020).

Menurut guru dengan panggilan Yu' ini praktik di sawah ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak didik tentang alat kerja petani, apa yang ditanam petani, serta proses cara menanamnya.

"Dengan praktik ini anak didik dapat lebih mudah mengenal, memahami, mengumpulkan informasi dan menyimpulkan pekerjaan sebagai petani," sambung Yu' lagi.

Siti Mu'ismah, Alifatus Zahrotul Uyun, 2 guru pendamping lainya mengatakan bahwa anak didik sangat senang dengan praktik ini.

"Mereka sangat senang, bahkan ada satu anak yang setiap hari belum mau bersosialisasi dengan teman-temanya dan belum berani dalam setiap kegiatan merasa takut dan penuh beban, alhamdulillah pagi tadi mau mengikuti kegiatan sampai selesai dan dapat tertawa lepas," cerita Siti Mu'ismah dengan semangat.

Sementara itu Kordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Sumberrejo, Muhajir mengapresiasi praktik lapang yang dilakukan KB Nurus Sholihah, RA, MI Islamiyah Karangdowo tersebut untuk mengenalkan dunia pertanian semenjak dini kepada anak didiknya.

"Kaderisasi pertanian sangat perlu semenjak dini seiring dengan semakin menurunya minat generasi muda terjun ke sektor pertanian. Contohnya saat ini semakin sulit atau menurunya generasi regu tanam dan regu pemanen. Ini dampaknya biaya produksi pertanian seperti di atas semakin tinggi," ungkap Muhajir.

Mantan penyuluh pertanian Kecamatan Kanor itu menambahkan dengan mengucapkan terimakasih kepada perangkat desa setempat dan dewan guru.

"Terimakasih kepada pak modin, pak kasun, dan special kepada ibu guru yang sudah mengenalkan anak didiknya ke dalam dunia pertanian semenjak dini, semoga menjadi anak yang sukses, salam hormat," doa Muhajir.

*PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : siswa, sekolah, sd, karangdowo, sumberrejo, bojonegoro, petani


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 29 June 2020 13:00

    Kunjungi Kantor bB, PEPC Ucapkan Selamat Ultah

    Kunjungi Kantor bB, PEPC Ucapkan Selamat Ultah Operator lapangan gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro.com di Jalan KS Tubun, Gang Srinayan No.3 Kelurahan Mojokampung, Bojonegoro, Jumat (26/6/2020) siang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat