13:00 . Dishub Gelar Operasi Kestib, Tertibkan Truk Kelebihan Tonase   |   12:00 . Pecah Kendi Sebagai Tanda Dimulainya Pembangunan Embung   |   11:00 . Beredar Kemacetan Jalan Provinsi Desa Sukowati, Ternyata Ada Perbaikan Jalan   |   10:00 . LPPM UTM Terjunkan Mahasiswa Jadi Satgas Covid-19 di Kelurahan Jetak.   |   09:00 . FB Palsu Pejabat Utama Pemkab Bojonegoro Minta Pulsa   |   08:00 . Harga Logam Mulia Tak Bergerak, Berikut Nominal Jualnya   |   07:00 . 6 Masalah Makan pada Balita dan Cara Mengatasinya   |   22:00 . Alhamdulillah...! 14 Orang Positif Covid-19 di Bojonegoro Sembuh   |   21:00 . Beginilah Asyiknya Memancing di Waduk Pacal   |   20:00 . 10 Ha Hutan di Dander Terbakar, ini yang Dilakukan Petugas Damkar   |   19:00 . Disdik Siapkan 7 SMP Sebagai Pilot Project Pembelajaran Daring   |   18:00 . Masuki Ajaran Baru, Penjualan Alat Tulis Menurun   |   17:00 . Patuhi SKB 4 Menteri, Matsama di Lingkungan Kemenag Dilakukan Secara Daring   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, Rumah Janda di Desa Purwoasri Terbakar   |   15:00 . 2 Pelajar Papua di Bojonegoro Rapid Test di Urkes Polres Sebelum Pulang Kampung   |  
Tue, 14 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 12 February 2020 18:00

Cegah Penyebaran Antraks, Disnakkan Beri Edukasi Peternak Sapi

Cegah Penyebaran Antraks, Disnakkan Beri Edukasi Peternak Sapi

 

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Meski sudah lama penyakit antraks yang menyerang sapi sudah tidak ditemukan. Namun beberapa bulan lalu, Penyakit antraks kembali muncul di wilayah Indonesia tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Munculnya penyakit itu membuat Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro langsung bergerak cepat guna mengantisipasi penyebaran penyakit itu di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Plt Disnakkan Bojonegoro, Catur Rahayu mengungkapkan, upaya antisipasinya  dengan memberikan memberikan pemahaman berupa penyuluhan ke peternak dan pedagang maupun pengusaha hewan ternak terkait dengan penyakit sapi yang disebabkan bakteria Bacillus Anthracisini ini.

"Pihaknya sudah memberikan edukasi kesemua elemen peternak terkait penyakit serta penyebaran penyakit antraks," tutur wanita yang biasa disapa Yayuk ini.

Masih kata Yayuk, di Bojonegoro, pihaknya memastikan bahwa penyakit antraks tidak ada, bahkan keberadaan Rumah Potong Hewan (RPH) di Bojonegoro juga sangat membantu mengantisipasi hewan sapi yang terjangkit antraks. Pasalnya, penyakit antraks bisa tersebar karena sosial masyarakat itu sendiri.

"Tahun 1930 an lalu memang penyakit antraks sempat menyebar di Bojonegoro, bahkan 2016 lalu, antraks juga sempat menyebar di Kabupaten Blitar dan terbaru 2019 lalu antraks sempat menyebar di Gunung Kidul Yogjakarta," ujarnya.

Dengan munculnya kembali penyakit antraks itu, Disnakkan memberikan edukasi semua elemen peternak mulai Dokter hewan, petugas ternak, pengusaha serta kepala RPH untuk mengenali sejak dini gejala penyebaran serta cara pencegahan antraks di Bojonegoro.

Pada edukasi kepada peternak maupun pengusaha ternak, Disnakkan mendatangkan Kabid pencegahan penyakit dari Balai Besar Veteriner Wates, Yogyakarta dan perwakilan Disnakan Provinsi Jatim guna mengenali gejala hewan ternak yang terindikasi terkena antraks. 

Perlu diketahui, anthrax merupakan penyakit pada hewan pemakan rumput dan hewan liar, tetapi dapat menyerang manusia (bersifat zoonosis). Penyakit ini digolongkan sebagai occupational disease (penyakit akibat pekerjaan) yang terutama menyerang peternak, petani, pekerja yang memproses kulit, bulu, tulang, dan bahan asal hewan lainnya, dokter hewan. Selain itu penyebaran antraks juga bisa melalui tiga cara yakni penyerangan virus melalui kulit, pernapasan dan pencernaan.[saf/lis]

Tag : Antraks, sakit, hewan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat