15:00 . Sanggar Literasi Oktian Dikunjungi Kepala Bakesbangpol   |   13:00 . Tanaman Porang Mulai Menjadi Primadona di Bojonegoro   |   12:00 . Larangan Mudik, Dishub Rencanakan Penyekatan   |   09:00 . Rayon Ashabul Harokah At- Tanwir Peringati Harlah PMII dengan Bagi Takjil   |   08:00 . Memancing, Warga Sumbergede Maninggal Tenggelam   |   07:00 . Ini 5 Manfaat Tanaman Tapak Dara   |   19:00 . Bermain di Sungai, Anak 9 Tahun Ditemukan Meninggal Tenggelam   |   18:00 . Ngabuburit, Masyarakat Disuguhi Lukisan Komunitas Sangrupa   |   17:00 . Banyak Warga Keluar Ngabuburit, Jembatan Glendeng Sesak   |   16:00 . Antre Lewat Jelang Berbuka   |   14:00 . Calon Jema’ah Haji Khususnya Lansia Divaksin   |   13:00 . Upaya Penanganan Pertamina EP Direspons Positif   |   12:00 . Melesat Naik, Harga Emas Dibanderol Rp937.000   |   11:00 . Bersama Realfood, DMI Bojonegoro Bagi Takjil di Ribuan Masjid   |   10:00 . Perempuan Asal Bojonegoro Diamankan Satpol PP Tuban di Eks Lokalisasi Gandul   |  
Mon, 19 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Festival Santri Prestasi, Semarakkan Harlah IPNU-IPPNU di Balen

blokbojonegoro.com | Sunday, 15 March 2020 18:00

Festival Santri Prestasi, Semarakkan Harlah IPNU-IPPNU di Balen

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Dalam rangka menyemarakan hari lahir (Harlah) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) ke-66 dan 65 tahun, Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU di Desa Ngadiluhur, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro menggelar Festival Santri Prestasi.

Kegiatan yang diadakan di balai desa setempat, Minggu (15/3/2020) diikuti seribuan santri dari lembaga Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) yang ada di Desa Ngadiluhur. Para santri mengikuti perlombaan seperti Adzan, Pildacil, cerdas cermat agama, Tartil Alquran dan mewarnai.

Ketua panitia Festival Santri Berprestasi (FSB), Imam Juni Fredika, mengungkapkan setidaknya ada 1.142 santri dari 8 TPQ yang mengikuti perlombaan sekarang ini. Festival ini sebagai sarana pengurus PR IPNU-IPPNU Desa Ngadiluhur melatih diri dalam menangani sebuah kegiatan tingkat desa.

"Selain itu untuk mengenalkan dan memasyarakatkan organisasi pelajar IPNU-IPPNU kepada generasi penerus khususnya para santri. Termasuk mencari bakat para santri untuk memudahkan para ustadz ustadzah dalam membimbing lebih lanjut," jelas Eka, panggilan akrab Imam Juni Fredika.

Apresiasi kegiatan festival santri tidak hanya dari para santri dan ustadz TPQ yang mengikuti perlombaan. Bahkan ketua Pengurus Ranting (PR) NU Desa Ngadiluhur, H Fatkur sangay mengapresiasi kepada PR IPNU-IPPNU, yang telah semangat mengadakan berbagai lomba keagamaan kepada Santri TPQ tersebut.

"Terimakasih atas semangat para pelajar NU diberbagai kegiatan, sehingga IPNU-IPPNU lebih mendapat tempat dimasyarakat dan diperhitungkan keberadaannya," ungkapnya.

Ditambahkan, kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan setiap tahun untuk menjalin silaturrohim antar lembaga dan mengasah kemampuan santri. Khusus bagi peserta lomba, festival ini melatih para santri untuk membiasakan melakukan kegiatan religius seperti adzan, pildacil, cerdas cermat agama, Tartil Alquran.

"Sehingga bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya yang juga menjadi perangkat desa setempat.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Ngadiluhur, Muhargo. Kades terpilih pada Pilkades serentak gelombang II itu mengucapkan terima kasih kepada PR IPNU-IPPNU yang telah mengisi waktu dengan kegiatan positif kepada santri di Desa Ngadiluhur.

"Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat bagi para santri sebagai generasi penerus. Kalau generasi muda dan para santri melakukan hal-hal positif seperti ini, kedepanya NU khususnya akan tetap jaya dan Indonesia akan lebih maju," pungkasnya. [zid/lis]

Tag : Harlah, ipnu, ippnu, balen


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat