07:00 . Waspada, Pemberian MPASI Kurang Tepat Bisa Berisiko Stunting   |   19:00 . 3 Orang Sembuh, Tambahan 2 Positif Covid-19   |   18:00 . Hadirkan Hotspot Area Untuk Akses Jangkauan Informasi yang Luas   |   17:00 . Gotong Royong Masyarakat Samin yang Masih Terjaga   |   16:00 . Pandemi, Apakah Pentol Sejati Terdampak?   |   15:00 . Siap Jaga Kyai Dan NKRI, Santri IPSPN-NU Dikukuhkan   |   13:00 . 852 Modin Wanita Dapat Insentif Rp125 Ribu Tiap Bulan   |   12:00 . MTQ di Bojonegoro Dilaksanakan 15 Oktober Mendatang   |   10:00 . Perlancar Aliran Sungai, Pemkab dan Koramil Kerja Bakti   |   08:00 . Angin Kencang Akibatkan Rumah Rusak dan Pohon Tumbang   |   07:00 . Berikut Ciri-Ciri Sakit Jantung   |   23:00 . Makin Maju, Pesantren Mahasiswa Attanwir Diresmikan   |   22:00 . Intip Museum Pertanian di Wisata Edukasi Pejambon   |   21:00 . Wisata Edukasi Pejambon Diresmikan Menteri Desa   |   20:00 . 2 Sembuh, Tambahan 2 Positif   |  
Mon, 28 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 24 March 2020 07:00

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Orang Tua Ini Bawa Bakteri dan Virus Jahat ke Rumah

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Orang Tua Ini Bawa Bakteri dan Virus Jahat ke Rumah

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Berbagai cara mencegah penyebaran virus corona yang saat ini jadi sorotan, mungkin Anda sudah hafal betul. Mulai dari sering cuci tangan, memakai masker, hingga menjaga jarak atau mengurangi interaksi sosial.

Meski begitu, ternyata ada 5 kebiasaan yang kita, para orang tua, kerap lakukan dan bisa saja membawa berbagai virus dan bakteri jahat ke rumah. Apa saja?

1.Tidak ganti baju sesampai di rumah

Sampai rumah langsung rebahan di sofa atau kasur. Itu sama saja menyebarkan berbagai mikroorganisme dari luar yang menempel di pakaian Anda ke rumah!

Ingat, baik pulang-pergi naik kendaraan pribadi apalagi publik, Anda sudah terpapar udara dari luar ruangan. Terutama bila Anda bekerja di RS atau baru pulang dari RS, Moms. Sebab, RS merupakan tempat dengan banyaknya pasien sakit yang berseliweran dengan virus maupun bakteri yang ada pada dirinya. Karenanya, sebaiknya segeralah mandi dan ganti pakaian.

Bagaimana kalau sedang work from home yang sekarang tengah dilakukan? Sama saja, segera ganti pakaian selama Anda dari luar ruangan seperti jogging, belanja di pasar, dan lain sebagainya.

2. Langsung pegang anak tanpa cuci tangan

Mungkin pembelaan Anda, karena pulang-pergi naik mobil pribadi maka membuat Anda berpikir pasti kebersihan sudah terjaga. Padahal pada kemudi, rem, kartu e-toll, dan area dalam mobil juga bisa jadi sarang mikroorganisme. Karena itu, jangan lupa pula untuk membersihkan secara berkala, demi cegah virus corona!

3. Menyimpan tisu habis pakai

Setelah menggunakan tisu, segeralah buang di tempatnya. Jangan justru dibawa pulang lalu karena lupa, meletakkan di atas meja misalnya.

"Jadi biasakan kalau sudah pakai tisu, langsung buang bukan disimpan. Nanti kuman dan virusnya ikut kesimpan," kata DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum., saat Live Instagram "Jurus Manjur Tangkal Virus" di @skata(underscore)id, belum lama ini.

4. Tidak bersihkan ponsel secara berkala

Ponsel adalah salah satu barang yang sering kita gunakan di mana pun itu. Belum lagi sesampainya di rumah, anak ingin pinjam untuk menonton YouTube. Bukan tak mungkin pada ponsel, menempel banyak kuman, bakteri, hingga virus corona yang disebut bisa menempel dan hidup beberapa waktu di permukaan ponsel.

5.Membawa masuk sepatu kotor ke dalam rumah

Selain membuat lantai rumah kotor karena debu, sepatu yang Anda kenakan juga membawa mikroorganisme berbahaya!

"Kita berjalan dan menginjak banyak hal, seperti kotoran burung, anjing, dan
kuman di lantai toilet umum, semuanya merupakan sumber dari E.Coli," tutur Kelly Reynolds, PhD, seperti dilansir Metro. Perlu diketahui, bakteri E.Coli merupakan penyebab diare dan demam, Moms.

*Sumber: kumparan.com

Tag : virus, corona


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat