10:00 . Resah, Ular Sanca Ukuran 1.5 Meter Diamankan   |   09:00 . Rapid Test Gratis untuk Peserta UTBK Calon Mahasiswa   |   08:00 . Intip Desa Sentra Perikanan   |   07:00 . Selain WFH, Ini 6 Hal yang Bikin Sakit Punggung   |   22:00 . Tak Ada Tambahan Sembuh dan Positif, PDP Bertambah 1 Orang   |   19:00 . Menggelitik....!!! Arga Marvel Pernah Juara Berhadiah 1 Sak Gabah   |   18:00 . Sesosok Mayat Wanita Mengapung di Bengawan   |   17:00 . Semangati Milenial Teladani Bung Karno Lewat Lomba Vlog dan Puisi   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, 4 Rumah Warga Kasiman Terbakar   |   15:00 . Ada Dua Mekanisme Daftar Ulang Siswa Baru Jenjang SMP   |   13:00 . Rapid Tes Peserta UTBK Membludak, Tetap Sesuai Protokol Kesehatan   |   12:00 . Ratusan Calon Mahasiswa Baru Antre Rapid Tes   |   11:00 . Seratusan Santri Lirboyo Asal Bojonegoro Mulai Balik Pondok   |   10:00 . Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Bengawan   |   09:00 . Bolang-baling dan Cakwe Camilan Lezat Khas Negeri Tirai Bambu   |  
Sun, 05 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 16 June 2020 19:00

Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau


Pengirim : Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (16/6/2020).

Pembukaan SL-PTT  diikuti oleh 20 orang petani, dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Kepala Seksi Tanaman Semusim, Kordinator Penyuluh, PPL, dan POPT-PHP Kecamatan Sugihwaras.

Kepala Dinas Pertanian, Helmy Elisabeth dalam sambutanya mengatakan bahwa dalam SL-PTT ini petani akan didampingi dan dibimbing oleh penyuluh pertanian dalam berusahatani tanaman tembakau mulai pengolahan lahan, penanaman, perawatan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit sampai panen.

"Ini semua bertujuan agar hasil panen petani semakin meningkat, baik dari segi kuantitas dan kualitas," kata Helmy, nama panggilanya.

Selain itu Disperta juga menjalin kemitraan dengan pabrikan untuk menampung atau membeli hasil panen tembakau petani agar harga pasar tetap stabil, sambung Helmy lagi.

"Semoga dengan pelaksaanaan SL-PTT tembakau ini membawa manfaat bagi petani," kata Helmy mengakhiri pengarahanya.

Sementara itu penyuluh pertanian Desa Bulu, Handako, dalam materi pra acara berujar bahwa dalam SL-PTT ini berlangsung selama lima kali pertemuan.

"Materi pertama pembukaan dan penjelasan tentang SL-PTT tembakau. Kedua pengamatan agro ekosistem di laboratorium lapang/sawah. Materi ketiga tentang pupuk dan pemupukan pada tembakau. Keempat tentang hama dan penyakit pada tembakau dan pembuatan pestisida nabati. Sedangkan materi kelima tentang pola kemitraan dan pasca panen," terang Handoko panjang lebar.

Kordinator penyuluh Kecamatan Sugihwaras, Murjito, secara teknik menekankan kepada petani peserta SL-PTT agar bercocok tanam  tembakau dengan benar sesuai tehnologi anjuran khususnya tentang pemupukan.

"Pupuk untuk tanaman tembakau dan padi pada dasarnya tidak sama. Agar pemupukan bisa pas dan benar sesuai kebutuhan tembakau maka ikuti SL-PTT ini secara lengkap dan seksama," tambah Murjito.

*PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : sdm, petani, disperta, slptt, tembakau


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat