21:30 . 6 Orang Dinyatakan Sembuh Covid, Tambah Baru 4 Kasus   |   21:00 . Dua Bupati Puji Peran Media untuk Tingkatkan Partisipasi Publik   |   20:30 . Media Massa dan Pemerintah Perlu Bekerjasama Mengatasi Masalah   |   20:00 . Tas Anyaman Warga Kedungadem Digunakan pada Upacara HJB 2020   |   19:30 . Live: Pagelaran Wayang Lakon Gatot Koco Wini Suda   |   19:00 . Libur Panjang Akhir Bulan, Gubernur Khofifah Imbau untuk Perketat Prokes   |   18:30 . Semangat Baru, Mustakim Nahkodai Ansor Bojonegoro 2020-2024   |   18:00 . 51 Pasang Pengantin di KUA Bojonegoro, Nikah Sesuai Prokes   |   17:00 . Sinergi Multistekholder, Ansor Kritis Kontruktif   |   16:30 . Kabar Baik dari Satgas Covid 19   |   16:00 . Majukan Dunia Usaha, Pemkab Bojonegoro Bersama Pelaku Usaha Gelar Pertemuan   |   15:30 . Alhamdulillah Angka Sembuh Covid Terus Meningkat, Kasus Aktif Perentase Terkecil   |   15:00 . Kasus DBD Menurun, Dinkes Himbau Tetap Mewaspadai Musim Penghujan   |   14:00 . IAI Sunan Giri Bojonegoro Yudisium Mahasiswa Fakultas Tarbiyah   |   13:00 . Konferwil AMSI Jatim 2, Agus Sudibyo Beber Syarat Take Down Berita   |  
Sat, 24 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 03 September 2020 11:00

Tak Ada Gunungan Diarak, Sedekah Bumi Campurejo di Makam Manis

Tak Ada Gunungan Diarak, Sedekah Bumi Campurejo di Makam Manis

Pengirim: Yudi Kuswanto

blokBojonegoro.com - Seluruh warga dari berbagai dukuhan atau dusun yang ada di Desa Campurejo, Kecamatan Bojonegoro berdatangan ke Makam Manis, untuk melakukan sedekah bumi bersama-sama. Dengan membawa bekal makanan yang sebelumnya sudah ditaruh pada setiap plastik untuk kemudian dilanjutkan manganan.

Setiap makanan yanga ingin dibagikan memang sengaja ditaruh di plastik, alasanya sebagai cara untuk mengurangi kontak secara langsung antara orang per orang. Walau  pada tahun ini tak ada pagelaran wayang atau gunungan yang dulunya diarak dari dari Balai Desa menuju sepanjang jalan menuju Makam Manis, tapi masyarakat tetap antusias.

“Kalau ini ya yang datang cuma warga sekitar mulai dari Dukuh Mlaten kan banyak. Mulai dari Kali Ketek ada juga,” tutur Kumidi selaku Perlindungan Masyarakat atau yang biasa disebut LINMAS.

Sedekah bumi ini diawali tahlil bersama meski semalam sebelumnya sudah dilakukan kegiatan tersebut, tetapi Kumidi menambahkan tahlil bersama pagi hari itu adalah tahlil puncak acara. Usai melakukan tahlil bersama kemudian dido’akan dan selanjutnya makanan yang dibawa dibagi antar masyarakat.

Sedekah bumi setiap tahun tetap dilaksanakan guna dapat terus melestarikan budaya agar tidak tergerus zaman. Harapan itu datang salah satunya dari Ketua Badan Permusyawatan Desa (BPD), Nur Hasim, besar harapan agar pemuda tetap mempunyai kecintaan terhadap budaya leluhur. Dengan cara mengajak anak-anaknya untuk turut datang dalam acara sedekah bumi sudah bisa dikatakan itu merupakan bentuk orang tua mengajari dan menurunkan budaya.

“Anak muda tentu jangan lupa ini adalah kebiasaan yang baik, ini adalah tempat bersyukur juga, sambil bersyukur mensyukuri nikmat yang telah diberi. Ketika nanti ada perkembangan zaman ini dikatakan syirik musrik, tadi sudah saya sampaikan ayo kita luruskan kita adalah mendo’akan yang meninggal,” tegasnya. [ito]

*Penulis adalah Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di blokBojonegoro.com

Tag : sedekah, bumi, bojonegoro, campurejo, makam, manis


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat