19:00 . Hari Kartini, Polwan Polres Bagi Masker dan Imbauan Larangan Mudik   |   19:00 . Harga Cabai Terpantau Stabil di Pasaran   |   18:00 . Disdik Ajak Seluruh Satuan Pendidikan Mengembangkan E-Library   |   17:00 . Pengurus AMSI┬áJatim Periode 2020-2023 Dilantik   |   16:00 . Satgas Covid-19 Minta Pemda Segera Tindaklanjuti Inmendagri Terbaru   |   15:00 . Berbekal KIS BPJS Kesehatan, Melahirkan Jadi Mudah   |   14:00 . Peringati Hari Kartini, Bupati Hingga OPD Wanita Tampil Cantik Berkebaya dan Bermasker   |   13:00 . Pemprov Jatim Beri Diskon Pengurangan Pokok PKB Hingga Undian Berhadiah   |   12:00 . Bupati Ajak Perempuan Berkontribusi Dalam Pembangunan Negeri   |   11:00 . Pemda Harus Optimalkan Peran Posko Agar Kualitas Penanganan Semakin Meningkat   |   10:00 . Berbagai Kebijakan Terkait Ramadan dan Idul Fitri Tahun ini Demi Mencapai Hasil Signifikan   |   09:00 . 6 Situs Film Online Gratis, Gantinya IndoXXI, Rebahin Hingga Lk21   |   08:00 . 40 Kata-Kata Selamat Hari Kartini Buat Status WA dan IG   |   07:00 . Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Ini 4 Langkah yang Bisa Dicoba   |   21:00 . Jumlah Penerima BPNT Turun, Minggu Ini Dicairkan   |  
Wed, 21 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dana BOP Paud Bisa untuk Beli Kuota Internet

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 September 2020 08:00

Dana BOP Paud Bisa untuk Beli Kuota Internet *Foto ilustrasi

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam pers rilis mengatakan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dari rumah saat pandemi Covid-19, maka penyesuaian kebijakan terhadap penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler serta Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pendidikan kesetaraan, yang ditetapkan tanggal 9 April 2020.

Kemendikbud memperbolehkan satuan pendidikan menggunakan dana BOS dan BOP untuk pembelian pulsa/paket data bagi pendidik dan peserta didik, demikian yang tertulis.

Sementara itu, dari informasi yang diperoleh blokBojonegoro.com  di lapangan, sejumlah PAUD di Bojonegoro tengah mendapatkan bantuan berupa paket data bagi peserta didik dengan sumber dana dari BOP.

Seperti yang diungkapkan salah seorang pendidik PAUD di Bojonegoro, Laily berujar, bantuan paket data tersebut untuk mendukung pembelajaran daring, dan dananya bersumber dari BOP.

Ada dua tahap pencairan, dan di juknis BOP masuknya pada dana covid atau sesuai dengan rencana anggaran kegiatan sekolah (RKAS).

"Bantuan paket data untuk anak didik/wali murid ada. Tetapi bersumber dari BOP, dan dicairkan  dua tahap," tuturnya.

Adapun untuk anggaran kuota data sesuai jumlah total rencana anggaran kegiatan sekolah (RKAS) pada masing-masing lembaga pendidikan.

"Untuk anggaran kuota data sesuai total RKAS," ucapnya.

Senada juga diungkapkan oleh salah seorang pendidik PAUD, Dwi Anjar Wati, semua PAUD mendapatkan kuota gratis untuk mendukung pembelajaran daring, menyesuaikan pendapatan dari dana BOP.

Dana BOP rata-rata tiga kali dan sesuai anggaran yang diperoleh dari dana BOP. Di lembaganya bisa tiga bulan, jadi per bulan mendapatkan Rp25.000 untuk paket data.

"Semua PAUD dapat kuota gratis, dari dana BOP dan menyesuaikan pendapatan," katanya.

Adapun untuk tahap satu telah dicairkan pada bulan Agustus 2020 sebesar Rp26.400.000, sementara untuk tahap dua sedang dalam proses.

"Tahap satu cair dan tahap dua proses," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : kuota internt, dana, bos, bop


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat