16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mitos dan Fakta Seputar Kekebalan Tubuh untuk Melawan Covid-19

blokbojonegoro.com | Thursday, 10 September 2020 07:00

Mitos dan Fakta Seputar Kekebalan Tubuh untuk Melawan Covid-19

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Laju penularan Covid-19 yang belum terkendali membuat kita harus semakin waspada menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Kemungkinan Anda pernah mendengar atau membaca tentang makanan, obat, atau suplemen, yang diklaim bisa mengatasi atau mengobati penyakit ini. Namun, jangan gampang percaya mitos dan klaim tersebut.

Obat atau makanan ajaib yang disebut-sebut bisa mengobati Covid-19 sejauh ini adalah hoaks.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan hoaks seputar pandemi ditemukan di banyak negara dan meminta kita memelihara sikap skeptisme dalam menyaring informasi yang belum jelas asal-usulnya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat:

- Jaga tingkat stres

Ini memang sebuah siklus, makin kita stress karena pandemi, makin kita rentan terhadapnya. “Stres bisa berpengaruh buruk pada sistem imun kita karena hormon kortisol akan mematikan sel di sistem imun. Jangan panic, cobalah mengendalikan kecemasan kita,” kata Morgan Katz, dokter spesialis penyakit menular dari Johns Hopkins University.

- Tetap berolahraga

Olahraga dengan intensitas sedang dan ringan sangat dianjurkan karena secara alami akan menurunkan kadar kortisol dan membantu fungsi sistem imun. Lakukan olahraga 30-60 menit setiap hari.

Walau begitu, jangan berlebihan melakukan olahraga. Penleitian menyebutkan, atlet dengan durasi latihan berat justru lebih rentan terpapar infeksi karena daya tahan tubuhnya lebih rendah.

- Cukup tidur

Tidur malam 7-8 jam setiap hari sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

- Konsumsi probiotik

Mengonsumsi yogurt merupakan cara termudah untuk meningkatkan kadar probiotik. “Ini akan membantu bakteri baik yang hidup di usus kita, yang akan melawan bakteri atau virus,” kata Katz.

- Perhatikan pola makan

Pola makan yang sehat dan bervariasi. Konsumsi beragam buah dan sayuran untuk memastikan tubuh cukup serat, zinc dan vitamin D, serta vitamin dan mineral. Jika merasa pola makan kita kurang serat, penuhi kebutuhan ini dari suplemen kesehatan.

Ahli nutrisi dari FibreFirst, Nourmatania Istiftiani mengatakan, konsumsi serat setiap hari berdampak positif bagi pencernaan. Apalagi, 70 persen sel imun terdapat di saluran cerna.

- Berhenti merokok

Perokok dan mereka yang memiliki penyakit pernapasan beresiko tinggi mengalami komplikasi akibat infeksi Covid-19.

Sementara itu, pencegahan Covid-19 yang paling efektif untuk saat ini menurut WHO adalah:

- Hindari acara yang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak.

- Jaga jarak minimal 2 meter dengan orang yang menunjukkan gejala sakit. Anggaplah orang lain mungkin membawa virus Covid-19 dan bisa menyebarkannya kepada kita.

- Usahakan untuk tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak.

- Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer mengandung alkohol minimal 60 persen.

- Tutup mulut dan hidung menggunakan masker di tempat umum.

- Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.

- Jangan keluar rumah jika Anda memiliki gejala tidak enak badan, kecuali harus berobat ke dokter.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat