21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siap Jaga Kyai Dan NKRI, Santri IPSPN-NU Dikukuhkan

blokbojonegoro.com | Sunday, 27 September 2020 15:00

Siap Jaga Kyai Dan NKRI, Santri IPSPN-NU Dikukuhkan

Reporter: Muhammad Qomaruddin

blokBojonegoro.com - Setelah mengikuti pelatihan secara rutin disetiap ranting yang ada di desa se-Kabupaten Bojonegoro, Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (IPSPN-NU) mengukuhkan para pesilat nadhliyin di kompleks kantor PCNU Bojonegoro, tepatnya kampus IAI-UNU Sunan Giri Bojonegoro, Minggu (27/9/2020).

Santri Pagar Nusa tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dengan pengecekan suhu tubuh menggunakan termoghun, memakai masker, hand santizer, mencuci tangan memakai air mengalir yang disiapkan panitia. Setidaknya ada sekitar 20 tempat cuci tangan yang disiapkan, untuk mematuhi anjuran pemerintah.

Selain itu petugas keamanan dari kepolisian maupun Banser NU juga disiagakan, mengamankan jalannya pengukuhan anggota tetap Pagar Nusa NU Kabupaten Bojonegoro. "Pagar Nusa peserta yang akan dikukuhkan menjadi benteng NU dan benteng kyai. Kalau tidak NU dan kyai, tidak ada pagar nusa," ucap ketua panitia, Yahya Tulus Margiyanto.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu jalannya acara, baik PCNU, pemerintah kabupaten, kepolisian, Banser dan seluruhnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. "Sehingga acara pengukuhan anggota tetap pagar nusa NU 2020 bisa berjalan lancar dan sukses," ungkapnya.

Sementara itu ketua Pimpinan Cabang (PC) IPSPN-NU Kabupaten Bojonegoro, Agus Imam Muhtashom memastikan pelaksanaan pengukuhan anggota Pagar Nusa sesuai protokol covid-19. Pasalnya agenda pengukuhan tersebut juga menjadi kegiatan rutin badan otonom (Banom) NU setiap tahun.

"Pagar Nusa sebagai benteng NU, kyai dan NKRI juga harus mematuhi anjuran maupun himbauan kyai dan pemerintah. Termasuk di saat pandemi Covid," terangnya.

Gus Imam mengajak seluruh kader Pagar Nusa meskipun mempunyai keahlian bela diri, harus tetap rendah hati sebagai bentuk akhlaqul karimah. Serta mengamalkan Ahlussunnah Wal Jamaah di tengah-tengah masyarakat.

"Anggota Pagar Nusa Bojonegoro seluruhnya sekitar ratusan ribu, setiap tahun pengukuhan ada seribuan anggota. Namun karena pandemi covid saat ini yang hadir dibatasi, utamanya hanya anggota baru dan pendamping saja, serta mengundang beberapa tokoh dan Banom NU," jelas pria asal Kecamatan Ngasem itu.

Perwakilan Pengurus Cabang Nahlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bojonegoro, Syaifuddin Idris menyampaikan salam ketua PCNU, dr Cholid Ubed yang berhalangan hadir. Tetapi acara pengukuhan harus berjalan tertib dan tidak mengurangi kekhidmatan acara pengukuhan anggota tetap Pagar Nusa.

"PN memiliki Iman dan taqwa yang kuat, ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan memiliki itu Pagar Nusa bisa menjadi benteng Nahlatul Ulama dan NKRI. Jagalah keamanan dan ketertiban, serta siap menjaga kyai, NU, Nusa dan bangsa," pesannya.

Beberapa tokoh dan pembina Pagar Nusa Kabupaten Bojonegoro juga memberikan motifasi kepada anggota tetap Pagar Nusa yang akan dikukuhkan. Seperti Sunaryo Abu Ma'in, KH. Alamul Huda (pengasuh ponpes Al-Rosyid dan ketua MUI Bojonegoro), serta rois syuriah PCNU Bojonegoro, KH. Maimun Syafi'i.

Banyak hal yang disampaikan ketiga tokoh ulama tersebut, betapa pentingnya Pagar Nusa dalam menjaga kyai, NU dan NKRI. "Sejak dulu Pagar Nusa selalu siap menjaga kyai, NU dan negera," kenang Kyai Maimun Syafi'i, sebari melihat foto Gus Maksum pendiri Pagar Nusa di backdrop.

Tampak saat pembukaan acara pengkuhan anggota baru Pagar Nusa, dihadiri seluruh badan otonom NU, mulai Muslimat, Fatayat, Ansor, ISNU, IPNU dan IPPNU sehingga acara berlangsung khidmat meskipun sederhana.

Tag : Pencak, silat, Bojonegoro, nu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat