16:00 . BPBD Laksanakan Kegiatan Edukasi Bencana Banjir dan Penyerahan Sembako   |   15:00 . IPNU IPPNU Gayam beserta FPKT Bahu Membahu Tanam 1000 Pohon   |   14:00 . BPBD Lakukan Penyemprotan Disinfektan   |   13:00 . Donor Plasma Konvalesen, PMI Bojonegoro Akan Lakukan Rapat Koordinasi   |   12:00 . 37.473 Warga Bojonegoro Terima BST Melalui Kantor Pos   |   11:00 . Dikawal Ketat, Vaksin Sinovac Tiba di Bojonegoro   |   10:00 . Hendak Melawan, Spesialis Pembobol Konter Didor   |   09:00 . Vaksin Sinovac Tiba di Bojonegoro   |   08:00 . Puluhan Ribu Vaksinator Bersiap Jadi Komunikator Andal   |   07:00 . Kesal dengan Suara Dengkuran Pasangan? Coba Lakukan Trik Aneh Ini   |   06:00 . PPKM Diperpanjang Hingga 8 Februari   |   05:00 . 23 Pasien di Bojonegoro Sembuh, 22 Kasus Baru dan 1 Meninggal   |   23:00 . Membuat Minuman Herbal dari Bunga Sekitar Rumah   |   20:00 . Wacana Pasar Kota Dipindah, Pedagang Resah Bentangkan Spanduk   |   19:00 . Diterpa Pandemi, Ini Cara Bisnis Hotel dan Restoran Tetap Bertahan   |  
Tue, 26 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tanggulangi Covid, Polres Bojonegoro Luncurkan Mobil Astuti

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 December 2020 11:00

Tanggulangi Covid, Polres Bojonegoro Luncurkan Mobil Astuti

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Upaya penanggulangan Covid-19 dilakukan banyak pihak, termasuk Polres Bojonegoro. Berbagai kegiatan razia gencar digelar untuk menyadarkan masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yang terus ditemukan kasus baru corona di daerah penghasil minyak.

Mendekati tutup tahun 2020, persiapan perayaan pergantian tahun 2021, Polres Bojonegoro meluncurkan Astuti Mobil Command Centre. Mobil yang nampak seperti kendaraan pada umumnya, namun di dalmnya memiliki kecangkihan khusus. Utamanya menanggulangi pandemi Covid-19.

Data yang dihimpun blokBojonegoro.com, kegiatan masyarakat yang dilakukan Polres Bojonegoro sejak tanggal 14 September sampai 28 Desember 2020, tercatat ada 287.820 kegiatan.

Jumlah tersebut untuk kegiatan jalan umum dan tempat keramaian masyarakat ada 46.384 lokasi, sedangkan teguran lisan 323.760 kali dan 35.226 teguran tertulis. Bahkan sanksi sosial diberikan kepada 35.056 orang, pemberian denda sejumlah 1.029 orang dengan total Rp66.425.000.

Mobil Astuti Mobil Command Centre dilaunching langsung Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia. Sebelumnya Polres Bojonegoro juga sudah melaunching BOBOTA (Robot Bojonegoro Tangguh) beberapa waktu lalu.

"Mobil itu (Astuti Mobil Command Centre) banyak fungsinya," kata Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia, saat melaunching mobil di halaman Polres Bojonegoro, Rabu (30/12/2020).

Dijelaskan, mobil tersebut untuk menyimpan, mengetahui, dan memberikan data serta informasi seputar kegiatan Polres Bojonegoro yang berhubungan dengan kebutuhan serta segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan.

Selain itu Astuti Mobil Command Centre ini merupakan mobil multifungsi sebagai pusat monitoring, komunikasi, koordinasi, komando pengendalian personil dan informasi dalam bentuk kedaraan mobil yang dapat dipindah sewaktu-waktu. Sehingga sangat fleksibel atau dinamis untuk memudahkan operasional di lapangan.

"Asutusi Mobil Command Centre dilengkapi dengan kemampuan antara lain artificial intelligence untuk deteksi masyarakat yang tidak menggunakan masker dari PTS CCTV, selain itu juga sebagai pusat komando dan pengendalian mobil," terangnya.

Kapolres menambahkan, mobil ini juga sebagai pusat monitoring CCTV dan monitoring kegiatan personil di lapangan, juga pos pam mobil dalam kegiatan operasi khusus kepolisian atau operasi ketupat dan lilin semeru. Sekaligus sebagai pos pengamanan pada kegiatan tertentu atau event atau kegiatan masyarakat atau Pemkab.

Lebih lanjut disampaikan Kapolres Eva, mobil ini juga dilengkapi perangkat elektronik tactical map game sebagai portable dapat pula digunakan untuk kegiatan portable zoom metting, dan pengendali robot yang dimiliki oleh Polres Bojonegoro yaitu BOBOTA (Robot Bojonegoro Tangguh) dan Drone.

"Mobil Astuti Command Centre ini sangat praktis, karena dilengkapi tenda kecil otomatis dan tersedia listrik dan genset, ada internet mandiri untuk akses aplikasi dan CCTV secara online, terintegrasi dengan BOBOTA dan Drone, dengan fasilitas multimedia lengkap," tandasnya.

Harapannya pandemi Covid-19 segera berakhir, seluruh masyarakat dapat beraktifitas seperti dahulu lagi sebelum adanya virus corona. "Semoga covid selesai, kegiatan masyarakat kembali normal lagi," pungkas Kapolres. [zid/mu]

Tag : polres bojonegoro, polres, mobil astuti


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat