20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Sun, 21 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Pucangarum Perbaiki Tanggul Kali Ingas

blokbojonegoro.com | Tuesday, 10 January 2017 08:00

Warga Pucangarum Perbaiki Tanggul Kali Ingas

Reporter : Dita Afuzal Ulya

blokBojonegoro.com - Puluhan masyarakat bersama seluruh aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Pucangarum, Kecamatan Baureno, Bojonegoro telah melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul kali apur ingas yang jebol pada awal Desember 2016 kemarin. Kerja bakti itu untuk mengantisipasi adanya banjir susulan.

Kades Pucangarum Baureno, Sanawi mengatakan, perbaikan tanggung kali apur ingas ini dilakukan secara gotong royong mulai dari warga, perangkat desa ikut andil dalam perbaikan tanggul Kali Apur Ingas ini.

 "Mengingat banjir susulan yang kemungkinan akan terjadi lagi pada bulan Februari mendatang," jelas Kepala Desa Pucangarum, Sanawi.

Tanggul kali ingas yang berada di tengah sawah itu jebol sekitar 50 meter pada awal bulan Desember 2016 kemarin. Tanggul tersebut tidak mampu menahan tingginya debit air luapan dari Sungai Bengawan Solo yang berada di utara desa setempat. Titik jebolan kedalamannya sekitar 3 meter.

"Perbaikan tanggul kita lakukan seperti semula, tetapi kita beri otot terlebih dahulu dengan pohon bambu yang jaraknya satu meter persegi, juga kita beri penahan gedek dari bambu. Kita sudah mengusulkan kepada Dinas Pengairan, rencana dalam waktu dekat alat beratnya akan datang untuk melakukan pengurukan tanah," paparnya.

Menurut Sanawi, akibat jebolnya tanggul kali ingas itu, lahan pertanian seluas 227 hektar di desa setempat terendam air dan mengalami gagal panen. Selain itu ribuan hektar lahan pertanian yang tersebar di sepuluh desa di Kecamatan Baureno dan Kanor juga mengalami gagal panen, gara-gara putusnya tanggul tersebut.

"Selama tahun 2016 kemarin terjadi dua kali tanggul ingas yang jebol. Alhamdulillah yang titik jebolan pertama sudah kita tangani," ungkapnya.

Ia menambahkan, hingga kini masyarakat setempat belum berani melakukan tanam padi lagi. Sebab, khawatir tanaman padinya akan tenggelam lagi. "Kita menunggu cuaca dan perbaikan tanggul dahulu. Mungkin nanti tanamnya serentak pada awal bulan Mei," tuturnya.[ita/ito]

Tag : pucangarum, baureno, tanggul, kali, Ingas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat