13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Gelar Kampanye Energi Alternatif di Gayam

blokbojonegoro.com | Tuesday, 17 January 2017 13:00

EMCL Gelar Kampanye Energi Alternatif di Gayam

Reporter: M. Safwan

blokBojonegoro.com - Puluhan warga dari Desa Mojodelik, Gayam, Ringin tunggal dan Sudu Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro mengikuti kampanye energi alternatif pada Selasa (17/1/2017). Bertempat di Dusun Sumurpandan Desa Gayam, warga penerima bantuan biogas dari ExxonMobil Cepu (EMCL) itu, membahas nilai ekonomi dari penggunaan biogas. "Hari ini kita melihat betapa banyak slurry yang dihasilkan dari biogas di Kecamatan Gayam. Dijadikan pupuk kompos nilainya luar biasa," ucap Lukas Kristian Nugraha, pakar marketing dari Salatiga.

Menurut Lukas, dari hasil pemantauannya, 90 penerima reaktor di empat desa di Kecamatan Gayam bisa menghasilkan hingga 1.350 kg per hari, 40 ton per bulan. Jika dibuat pupuk kompos, imbuh dia, bisa memenuhi kebutuhan petani satu kecamatan. "Itu ilustrasi sederhana. Saya hanya menyampaikan bahwa nilai ekonominya luar biasa," ungkapnya.

Perwakilan EMCL, Ukay Subqy mengatakan, bahwa selain mengurangi biaya gas dan listrik rumah tangga, biogas ini juga bernilai ekonomi dari slurry yang diolah jadi pupuk kompos. Bagi dia, biogas merupakan energi alternatif terbarukan yang betul-betul ramah lingkungan. "Melalui kegiatan hari ini kita berharap mereka bisa mendapat manfaat berlipat, sesuai slogannya, Terus Untung Dengan Biogas," ucapnya sambil berderai tawa.

Ukay menegaskan, bahwa program ini merupakan komitmen EMCL dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Dari empat desa yang terlibat aktif dalam program, tutur dia, akan dibentuk menjadi kelompok-kelompok. "Oleh kelompok-kelompok inilah pupuk kompos dari slurry diharapkan bisa dikembangkan pemasarannya," ujarnya.

Program energi alternatif ini merupakan kelanjutan dari program biogas yang sudah didampingi LSM Trukajaya di Kecamatan Gayam sejak 2014. Akhir tahun lalu warga mendapat pelatihan pembuatan pupuk kompos. Hingga tahun ini, lebih dari 100 rumah tangga telah menerima manfaat program ini. [saf/mu]

Tag : emcl energi alternatif



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat