Sun, 14 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Curah Hujan Tinggi, Bengawan Solo Diprediksi Banjir Lagi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 18 January 2017 19:00

Curah Hujan Tinggi, Bengawan Solo Diprediksi Banjir Lagi

Reporter: Joel Joko
 
blokBojonegoro.com - Selain waspada petir dan angin kencang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat juga memprediksi bakal terjadi banjir di beberapa kota dan kabupaten di Jawa Timur.
 
Banjir tersebut diprediksi terjadi pada bulan Maret 2017 mendatang. Itu disebabkan karena curah hujan mulai bulan ini hingga tiga bulan ke depan tinggi. Sementara daerah di Jawa Timur yang berpotensi terjadi banjir sebanyak 16 kota dan kabupaten.
 
16 kabupaten tersebut antara lain Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Bangkalan, Banyuwangi, Jember, Kediri, Jombang dan seterusnya. 
 
Menanggapi hal itu, Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo mengatakan, pihaknya sudah siap siaga menerima kiriman air banjir. Seluruh alat perlengkapan banjir selalu disiagakan di beberapa kantor BPBD, mulai perahu karet, posko pengungsian hingga perlengkapan dapur umum.
 
"Bojonegoro termasuk wilayah yang paling kerap menerima kiriman air banjir. Karena itu masyarakat harus selalu siap,"  ungkapnya.
 
Sementara tinggi muka air di papan duga Karangnongko pukul 15.00 menyentuh 27.30 pheilschall sedangkan di papan duga kota 12.04 pheilschall. Melihat tren air terus meningkat masyarakat di bantaran sungai perlu waspada. Status siaga satu akan dimulai saat debit bengawan menyentuh 13.00 pheilschall. [oel/lis]

Tag : bengawan, banjir, elevasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.