Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rumah Produksi Batik Binaan LSM Ademos

Batik Poetra Dolokgede Ikuti Pameran di Jakarta

blokbojonegoro.com | Thursday, 27 April 2017 19:00

Batik Poetra Dolokgede Ikuti Pameran di Jakarta

Kontributor: Sutopo

blokBojonegoro.com -
Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus digalakkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ademos, salah satunya dengan membuat rumah binaan bernama " Batik Poetra Dolokgede,".

Saat ini rumah binaan tersebut tengah mengikuti pameran The 19th Jakarta International Handicraft Trade Fair, Inacraft 2017 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicarft Indonesia (Asephi) di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Rabu-Minggu, (26-30/04/2017) sebagai perwakilan Kabupaten Bojonegoro.

Info yang terhimpun blokBojonegoro.com, pameran yang dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, ini merupakan salah satu gelaran spektakuler dari para pakar perajin tanah air dimana menampilkan kualitas dan kuantitas produk yang begitu eksklusif dan mempesona. Sesuai dengan ciri khas daerah baik fashion, perhiasan, dan handicraft.

Pemilik Batik Poetra Dolokgede, Lukdianto, mengatakan pameran ini berbeda dengan pameran-pameran yang telah dilakukan Batik Poetra Dolokgede

"Karena pameran ini levelnya sudah mancapai level Nasional dan gaungnya hingga ke mancanegara," ujar Lukdianto.

Di sini saya merasa bangga sambung Lukdianto, dapat berkumpul dengan perajin dan pelaku industri kreatif se-Indonesia.

Pengunjungnya, lanjut dia, tidak hanya dari Indonesia tetapi dari luar negerk atau turis manca Negara dan ternyat juga banyak yang mengunjungi pameran ini.

"Saya jadi punya pengalaman baru berinteraksi dengan mereka (turis mancanegara)," imbuhnya.

Dalam pamerannya ini, Batik Poetra Dolokgede difasilitasi oleh Bank Nasional Indonesia (BNI). Terpisah Pemimpin Bank BNI Bojonegoro, Rachmat Mudji Widodo, menuturkan hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan komitmen BNI dalam mengembangkan industri kreatif khususnya di Bojonegoro.

"Seperti Lukdianto ini, sosok pengusaha muda yang luar biasa. Namun walau demikian dirinya mempunyai kepedulian sosial yang tinggi, hal itu ia implementasikan dengam mengajarkan produksi batik kepada masyarakat sekitar. Beliau juga sering meng up grade diri dengan mengikuti pelatihan dan pameran," jelasnya.

Saat pertama berkunjung ke rumah produksi Batik Poetra Dolokgede, lanjut Rachmat, dia tidak mengira jika pemilik usaha batik ini masih sangat muda.

"Motif batik produksi Poetra Dolokgede banyak inovasi dan menggunakan pewarna alami," tandanya. [top/lis]

Tag : lebaran, batik, diburu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini