20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |  
Sat, 15 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ramadhan Bisa Jadi Momen untuk Berhenti Merokok

blokbojonegoro.com | Thursday, 01 June 2017 07:00

Ramadhan Bisa Jadi Momen untuk Berhenti Merokok

Reporter: - 

blokBojonegoro.com -  Berhenti merokok memang tidak semudah membalik telapak tangan. Namun, dengan tekad yang kuat, melepaskan diri dari ketergantungan nikotin bisa dilakukan. Momen puasa di bulan Ramadhan bisa jadi waktu yang pas untuk berhenti merokok.

Menurut dr.Agus Dwi Susanto, Sp.P, kesulitan terbesar orang yang ingin berhenti merokok adalah inisiasi atau waktu awal untuk berhenti.

"Menurut riset dan juga penelitian di RS Persahabatan Jakarta, keberhasilan untuk berhenti merokok dipengaruhi oleh motivasi. Momen Ramadhan bisa menjadi pintu masuk yang bagus untuk berhenti merokok," kata dr.Agus ketika dihubungi Kompas Lifestyle.

Dokter Agus mengatakan, proses berhenti merokok memang tidak bisa tiba-tiba, walau ada beberapa kasus yang bisa berhenti mendadak.

"Saat orang merokok, mediator di dalam tubuhnya terinduksi sehingga ia merasa nyaman. Misalnya karena pelepasan hormon dopamin atau serotonin. Saat berhenti merokok, kenyamanan itu terhenti sehingga timbul gejala-gejala putus nikotin. Ini yang berat. Kalau fase ini bisa dilewati, maka selanjutnya lebih mudah," papar dokter spesialis paru dari RS Persahabatan Jakarta ini.

Saat berpuasa selama 12-14 jam, menurut dr.Agus sebenarnya kadar nikotin dalam tubuh menurun. Nikotin dalam tubuh bertahan selama 8 jam. Kadar nikotin dalam tubuh perokok berada pada titik tertinggi di jam 10 malam dan paling rendah pada pagi hari setelah bangun tidur.

"Makanya perokok biasanya bangun tidur langsung merokok karena nikotin di tubuhnya turun, sehingga ada gejala putus nikotin. Selama bulan puasa, saat sahur biasanya orang juga merokok sehingga nikotinnya tidak terlalu rendah di pagi sampai siang," paparnya.

Fase withdrawal atau putus nikotin bisa menyebabkan beberapa gejala seperti mual dan sangat ingin merokok. Namun, bulan puasa sebenarnya bisa menjadi faktor pendukung untuk lebih bersemangat melewati fase putus nikotin ini.

"Bulan puasa bisa menjadi modal awal yang kuat, timing-nya juga tepat," katanya.

Bila ingin sukses berhenti merokok, menurut dr.Agus sebaiknya saat berbuka dan sahur jangan merokok. Niat yang baik ini bisa akan lebih mudah dilanjutkan setelah bulan puasa usai.


Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/05/31/160800320/

ramadhan.bisa.jadi.momen.untuk.berhenti.merokok

Tag : Tips, merokok, berhenti



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat