Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani di Bantaran Bengawan Solo Panen Semangka

blokbojonegoro.com | Saturday, 10 June 2017 14:00

Petani di Bantaran Bengawan Solo Panen Semangka

Reporter : Joel Joko

blokBojonegoro.com - Cuaca tak menentu bukan halangan bagi petani semangka untuk tetap bisa panen raya dan menghasilkan buah dengan kualitas baik. Sukir (42) petani asal Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro salah satunya bisa panen buah semangka hingga 20 ton lebih tiap hektare.

Hasil panen buah semangka di bantaran Sungai Bengawan Solo itu cukup melimpah. Untuk melawan cuaca yang tak menentu dan menghasilkan buah dengan kualitas baik, Sukir harus memilih benih terbaik. Setelah menyortir benih kemudian ditanam.

“Saat mulai tumbuh juga harus diperhatikan apakah daunnya bercabang atau pecah. Kalau pecah langsung dipotong. Begitu juga kalau daun pertama yang tumbuh ternyata tebal, juga langsung kita sortir karena jelas tidak akan menghasilkan buah. Kalau tanamannya ternyata kerdil juga, pasti akan kita sortir,” jelasnya.

Selain benih, untuk mendapatkan semangka yang berkualitas, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, di antaranya teknik penanaman, cara pengolahan lahan, hingga pemeliharaan semangka itu sendiri.

"Bantaran bengawan sangat cocok untuk menanam semangka," imbuhnya.

Menurut Sukir, petani buah semangka di Desa Sumengko belum banyak. Lahan persawahan yang ditanami buah semangka seluas delapan hektare. Ia menyewa lahan persawahan tersebut. Dari setiap hektare sawah itu bisa menghasilkan panen buah semangka sebanyak 20 ton lebih.

Sementara itu, buah semangka hasil panen ini ditebas oleh pedagang buah dari Solo. Buah semangka ini per kilogramnya dijual seharga Rp3.500. Per buah semangka dengan ukuran agak besar dijual sekitar Rp15.000 sampai Rp20.000.

Menurut Giarti, pedagang buah semangka, hasil panen buah semangka di Desa Sumengko ini cukup melimpah. Ia mengaku hasil panen buah semangka ini akan dikirim ke daerah Jawa Tengah. Memasuki bulan puasa seperti sekarang, buah yang mengandung banyak unsur air ini kian diminati sebagai sajian buka puasa.[oel/lis]
 

Tag : panen, semangka



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini