11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Resmi Dilaunching, Ini Makna Logo HJB 340

blokbojonegoro.com | Saturday, 12 August 2017 08:00

Resmi Dilaunching, Ini Makna Logo HJB 340

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Logo Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 340 tahun 2017 secara resmi diluncurkan oleh Asisten Pemkab  Bojonegoro, di pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro. Hal itu dilakukan setelah beberapa waktu lalu jingle resmi 'Bersatu Melangkah Maju'.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiharto menuturkan, bahwa logo 340 peringatan Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro merupakan hasil karya putra asli Bojonegoro, Aditio Tantra Danang Wisnu Wardhana warga jalan Dr. Suharso nomor 39 RT.07/RW.02 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro.

"Secara keseluruhan logo tersebut merupakan hasil interpretasi dari beberapa hal yang telah terjadi di Kabupaten Bojonegoro mulai dari aspek Geografis, Biologis serta Sosiologis masyaralat Bojonegoro," tuturnya.

Dijelaskan Heru, secara besar pembagian beberapa aspek tersebut dapat dilihat secara jelas dari karateristik yang muncul dalam setiap angka-angka mulai dari angka 3, 4 dan 0 sendiri. "Filosofi yang terkandung dalam logo HJB 340 ini adalah dari segi warna," jelasnya.

Selain itu penggunaan warna dasar pada ketiga angka mengartikan, setiap angka mempunyai arti dan makna tersendiri. Hal tersebut juga menggambarkan bahwa selama 340 tahun Kabupaten Bojonegoro telah hadir dan menjadi makna bagi masyarakat Bojonegoro sendiri. Serta perbedaan warna dasar tersebut juga merupakan bahwa kondisi Kabupaten yang senantiasa dinamis.

Sedangkan penggunaan warna dominan biru pada angka '3' mempunyai arti bahwa Kabupaten Bojonegoro senantiasa percaya diri untuk menatap masa depan serta senantiasa siap menghadapi tantangan-tanganan yang akan datang nantinya. Penggunaan warna dominan kuning pada angka '4' mempunyai arti bahwa Kabupaten Bojonegoro akan terus senantiasa berinovasi dan berkreasi demi kemajuan daerah serta masyarakat Bojonegoro.

Begitu pula penggunaan warna dominan merah pada angka '0' merupakan perwujudan bahwa masyarakat Bojonegoro yang berani dalam bersikap dan bertindak. "Sedangkan secara posisi angka akan terlihat jelas bahwa susunan angka perlahan-lahan naik. Hal tersebut mempunyai arti bahwa perkembangan Bojonegoro selama 340 tahun diharapkan akan terus meningkat setelah peringatan hari jadi tersebut," jelasnya.

Ditambahkan, susunan tersebut juga berarti bahwa apabila seluruh unsur di dalam Kabupaten Bojonegoro bersatu untuk melangkah maju, maka Kabupaten Bojonegoro nantinya akan mencapai puncak kejayaan.

Angka 3 yang didominasi warna biru juga dengan ornamen aliran air, yang berupa sungai merupakan gambaran bahwa Kabupaten Bojonegoro tidak lepas dari peran lingkungan dalam hal ini adalah sungai Bengawan Solo, yang menjadi sumber air bagi sebagian masyarakat Kabupaten Bojonegoro.

Penggambaran nyala api dalam angka '4' merupakan perwakilan dari salah satu obyek wisata yang terkenal di Kabupaten Bojonegoro yaitu Kayangan Api. Nyala api yang terdapat di Kayangan Api tidak pernah padam. Selain itu nyala api tersebut juga gambaran bahwa Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu lumbung energi sehingga perkembangan eksploitasi Sumber Daya Alam tersebut bisa membawa manfaat untuk hajat hidup Masyarakat Bojonegoro.

"Terjadinya sambungan antara angka '4' dan '0' merupakan harapan agar nantinya Sumber Daya Alam yang berupa minyak dan gas dapat senantiasa bermanfaat bagi masyarakat Bojonegoro," imbuh Heru.

Mantan Camat Margomulyo itu menerangkan pula penggambaran angka '0' dengan terapat tanaman menggambarkan bahwa masyarakat Bojonegoro terus tumbuh dan berkembang kearah yang lebih baik. Angka '0' ini menggamnbarkan karakteristik sosial masyarakat Bojonegoro yang senantiasa bersatu untuk melangkah maju.

Sehingga semangat untuk terus berjuang dan tumbuh berkembang diwakili oleh tanaman yang dibawa dan terus tumbuh ke atas bahkan melewati batas angka yang telah ada. Sebuah kain batik khas Bojonegoro yang bermotif sapi dan daun tembakau yang berada diantara angka '4' dan '0', merupakan gambaran bahwa Kabupaten Bojonegoro tidak akan pernah melupakan adat istiadat dan budaya yang telah ada di Kabupaten Bojonegoro sejak dulu.

"Gambar tersebut juga menunjukkan bahwa Kabupaten Bojonegoro akan senantiasa bangga dan terus berinovasi dengan produk-produk lokal," terangnya.

Sementara itu penggunaan huruf yang tegak dalam kata 'BOJONEGORO' menunjukkan bahwa Kabupaten Bojonegoro akan tetap tangguh, kuat dan tegas dalam menghadapi berbagai tantangan nantinya. Hal tersebut dipertegas dengan warna hitam dalam kata tersebut. Warna hitam menunjukkan suatu tekad yang kokoh untuk terus melangkah maju.

Tiga bulu anak panah warna biru sebelum tulisan 'BERSATU MELANGKAH MAJU', mengartikan bahwa Kabupaten Bojonegoro merupakan Kabupaten yang visioner sehingga senantiasa menatap masa depan dengan penuh harapan.

Jumlah bulu anak panah yang lebih dari satu, menandakan bahwa untuk membuat Kabupaten Bojonegoro maju tidak bisa hanya satu aspek saja, sehingga diharapkan semua aspek akan bersatu untuk bersama-sama turut serta demi kemajuan Kabupaten Bojonegoro.

Untuk penggunaan warna biru dalam Tagline 'BERSATU MELANGKAH MAJU', menggambarkan bahwa untuk bersatu dan melangkah maju diperlukan rasa percaya diri, sehingga apapun kesulitannya ketika dihadapi secara bersama-sama dan penuh percaya diri maka akan bisa membawa kearah yang tepat. Menuju kearah Kabupaten Bojonegoro yang maju.

"Jarak antara tulisan 'Bersatu' dalam tagline sengaja dibuat lebih rapat dimaksudkan bahwa segenap unsur dan lapisan  di Bojonegoro harus saling bahu membahas dan bersatu," sebutnya.

Ia berharap dengan dilaunching ini, maka logo resmi sebagai logo yang akan digunakan di semua kegiatan yang berkaitan dengan peringatan maupun kemeriahan HJB Kabupaten Bojonegoro. "Ini merupakan hasil lomba desain logo yang diselenggarakan oleh panitia HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 Kabupaten Bojonegoro," pungkas Heru. [zid/mu]

Tag : Hari Jadi Bojonegoro 2017



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat