23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disnakan Masih Temukan Beberapa Hewan Sakit

blokbojonegoro.com | Tuesday, 29 August 2017 14:00

Disnakan Masih Temukan Beberapa Hewan Sakit

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Dinas Peternakan (Disnakan) Bojonegoro saat melakukan sidak ke sejumlah pedagang hewan kurban, Selasa (29/8/2018), masih menemukan beberapa hewan kambing yang belum Poel (atau belum cukup umur) diperdagangkan, dengan adanya temuan tersebut pihaknya hanya memberikan tanda tulisan yang di kalungkan di leher hewan itu.

Meski begitu, Disnakan hanya mengimbau kepada para pedagang kambing tersebut agar tidak menjualnya. Selain itu,  Disnakan juga menemukan beberapa hewan dalam kondisi sakit. Usai memeriksa lapak pedangang hewan kurban, lapak tersebut ditempel kertas sebagai tanda bahwa lapak tersebut sudah diperiksa oleh petugas Disnakan Bojonegoro.

Saat ditemui blokBojonegoro.com, salah satu petugas Disnakan Bojonegoro, Edy Purwanto mengatakan, hewan kurban yang dijual kepada masyarakat hendaknya harus memenuhi kreteria atau aturan yang ada, agar masyarakat yang membeli tidak kecewa.

"Dari dua tempat yang sudah dikunjungi, yakni penjual hewan kurban di jalan MH Tamrin dan Untung Suropati, menemukan 2 hewan yang sakit mata dan sakit diare," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Hewan (P3H) Disnakan Bojonegoro ini.

Dalam sidak tersebut, mayoritas pedagang hewan Kurban hanya menyediakan jenis kambing jawa dan domba saja. Meski begitu pihak Disnakan tetap mendatangi lapak pedangang dan memastikan kesehatan maupun lingkungan.

"Kita langsung memberikan obat langsung tarhadap hewan yang sakit," sambungnya.

Sebelumnya, pihak Dinas Peternakan Bojonegoro bersama Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten mengadakan rapat untuk menyampaikan dan menyamakan pendapat, terhadap berbagai persoalan menjelang Hari Raya Kurban. Hal itu dimaksudkan untuk mengantipasi berbagi permasalahan yang muncul di kalangan masyarakat terkait hewan kurban.

Dengan sidak ini memberikan pengetahuan bagi masyarakat untuk bisa memilih hewan yang baik dan sehat. [saf/mu]

Tag : disnakan bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat