07:00 . 5 Cara Mengatasi Perasaan Insecure agar Lebih Percaya Diri   |   20:00 . Munajat di Makam Syaikhona Kholil Bangkalan   |   19:00 . Ijazahan Manaqib Jawahirul Ma'ani   |   18:00 . Manaqib Taman Sholaya Ziarah dan Ijazahan Jawahirul Ma'ani   |   14:00 . Menteri ESDM: Penerimaan Negara dari Lapangan Gas JTB Rp23,1 Triliun   |   13:00 . Wapres Sampaikan 4 Strategi Tingkatkan Pemanfaatan Migas di Era Transisi Energi   |   12:00 . Tekan Tombol Sirine, Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Lapangan Gas JTB   |   11:00 . 4 Pemotor di Sumberrejo Tertabrak Bus Bojonegoro-Surabaya   |   10:00 . Tari Geleng Ro'om Sambut Wapres Ma'ruf Amin   |   08:00 . Sah..! Didik Farkhan Dilantik Jadi Kajati Banten   |   07:00 . 7 Cara Elegan Menyikapi Atasan Toxic, Jangan Buru-buru Resign!   |   06:00 . Inilah Lirik Ulama Bergerak dari Slank   |   05:00 . Slank Kado NU Lagu 'Ulama Bergerak'   |   23:00 . Diguyur Hujan, Cak Lontong Hingga Slank Hibur Nahdliyyin di Gelora Delta   |   20:00 . Besok Wapres RI Resmikan Proyek Lapangan Gas JTB Bojonegoro   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Olahraga... Bikin yang Sulit Jadi Mudah!

blokbojonegoro.com | Monday, 02 October 2017 07:00

Olahraga... Bikin yang Sulit Jadi Mudah!

Reporter: -

blokBojonegoro.com
- Stasiun kereta dipenuhi banyak orang memasuki jam pulang kerja di sore hari. Dara (29) sudah menunggu kereta tujuan pulangnya hampir setengah jam.

Saat kereta tiba, ia harus siaga dan kuat berdesakan di pintu masuk. Belum lagi, ia juga sering tak dapat tempat duduk dan harus berdiri lama sampai stasiun tujuannya.

Namun, Dara sudah terbiasa dan tak merasa lelah. Dirinya tetap kuat, walau kebanyakan orang sudah tampil "loyo" pada jam pulang kantor.

Ternyata, kuncinya ada pada kebiasaan baiknya setiap hari, yaitu tetap meluangkan waktu untuk olahraga.

Hampir setiap pagi Dara meluangkan waktu minimal 15 menit sampai setengah jam untuk olahraga. Jogging, senam lantai, atau yoga di rumah membuat badannya jadi terasa lebih segar.

Di kantor, ia juga mengikuti komunitas olahraga seperti bulu tangkis. Lalu, pada akhir pekan, Dara pun suka mengajak teman-temannya untuk zumba bersama.

Nah, gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga seperti yang dilakukan Dara memang banyak manfaatnya. Tanpa terasa, aktivitas fisik tersebut membuat tubuh lebih kuat dan mampu melakukan kegiatan-kegiatan yang terasa cukup sulit saat ditemui sehari-hari. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

Berdesakan di kereta

Berdesakan dan berdiri saat di kereta menjadi rutinitas yang tak dapat dihindari bagi sebagian orang seperti Dara. Akan tetapi, dengan tubuh yang kuat, hal tersebut dapat membuat Anda berdiri tegak dan tak mudah jatuh akibat terdorong-dorong banyak orang.

Nah, kebiasaan olahraga tersebut memang dapat memperkuat otot tubuh dan menjaga kepadatan tulang. Selain itu, metabolisme tubuh juga lancar, dan pembakaran kalori menjadi energi pun mampu menopang kekuatan diri.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, pun mengakui hal ini. “Melakukan apa pun membutuhkan energi, dan Anda akan mempunyai lebih banyak energi ketika fit. Maka dari itu, saya setidaknya olahraga tiga kali dalam seminggu,” kata Zuckeberg dikutip cnbc.com, Minggu (28/5/2017).

Naik-turun tangga

Bila Anda termasuk orang yang mudah letih dan sesak napas ketika naik turun tangga, jangan malas berolahraga.


Sebab, terbiasa berolahraga bisa meningkatkan fungsi dan kekuatan otot. Hal ini pun jadi ukuran seberapa baik tubuh Anda menggunakan oksigen.

Alasannya, seperti dilansir dari National Library of Medicine National Institutes of Health (ncbi.nlm.nih.gov) Maret 2016, otot memerlukan oksigen yang lebih sedikit ketika bergerak dan akan memproduksi karbon dioksida yang lebih sedikit pula. Maka dari itu, hal ini akan mengurangi jumlah udara yang Anda butuhkan untuk bernapas saat beraktivitas fisik.

Mengatasi stres


Jika Anda merasa jenuh karena sedang ada masalah atau tekanan pekerjaan, olahraga bisa membuat pikiran lebih segar.

Aktivitas tersebut mendorong Anda lebih banyak bergerak dan berkeringat sehingga memicu terlepasnya hormon endorfin dalam tubuh. Hormon “bahagia” itu dapat mengurangi level kecemasan dan stres seseorang.

Nah, kebiasaan olahraga sangat bermanfaat bukan? Kalau Anda gemar olahraga atau terdorong untuk rajin berolahraga, ajak pula orang-orang di sekitar Anda.

Misalnya, ajak keluarga dan teman jogging pagi atau bersepeda di hari Minggu. Supaya lebih seru, rekam pula momen olahraga tersebut melalui dokumentasi foto maupun video dan unggah ke media sosial.

Siapa tahu, semakin banyak pula orang yang akan terinspirasi dengan kebiasaan berolahraga, bukan?

Sumber: lifestyle.kompas.com/read/2017/10/01/094009320/
olahraga-bikin-yang-sulit-jadi-mudah

Tag : stasiun, kereta, olahraga



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more