22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peresmian 3 Infrastruktur di Gayam

Pembangunan Diharapkan Tingkatkan Taraf Hidup

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 January 2018 17:00

Pembangunan Diharapkan Tingkatkan Taraf Hidup

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com -
Ada yang berbeda ketika melintasi jalan poros utama kecamatan (PUK) Gayam. Di sebelah barat jalan, tampak bangunan baru megah dengan bentuk unik tidak seperti bangunan pada umumnya. Bangunan itu, merupakan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Gayam yang baru.

Kecamatan Gayam sebelumnya telah memiliki Puskesmas. Namun fasilitas kesehatan untuk warga kecamatan ini dirasa masih memerlukan peningkatan. Kini, di atas lahan seluas 3.230 meter persegi, EMCL bersama Dinas Pekerjaan Umum membangun Puskesmas baru. Fasilitas bertambah dan kualitas pelayanannya pun ditingkatkan. Bahkan kini Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro sedang memproses peningkatan akreditasinya.

[Baca juga: Bupati Resmikan 3 Infrastruktur di Gayam ]

Puskesmas yang berada di Desa Gayam ini dilengkapi dengan Ruang Poli umum, Poli Gigi, Poli Gizi, Persalinan, Apotek dan Gudang Obat, Ruang Perawat, Ruang Administrasi, Ruang Pertemuan, Ruang Tunggu pasien dan Musholla. Juga ada Ruang Laboratorium, Ruang UGD, Ruang Jaga Medis, dan Ruang Rawat Inap, meski belum sepenuhnya aktif. Ambulans juga disiagakan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan.

Pada saat yang sama, EMCL bersama Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, juga membangun Gedung Serbaguna dan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Gayam dan Kecamatan Purwosari. Kedua infrastruktur ini diharapkan bisa menopang peningkatan taraf hidup masyarakat di sekitar wilayah operasi EMCL.

Jembatan dibangun di Desa Mojodelik Kecamatan Gayam hingga Desa Tlatah Kecamatan Purwosari sepanjang 42 meter. Jembatan beton selebar 6 meter ini telah membuka akses ekonomi dan interaksi masyarakat kedua kecamatan. Para siswa dan guru pun dengan mudah mencapai sekolah yang berada di kecamatan tetangganya itu.

Sedangkan Gedung Serbaguna yang didirikan di sebelah kantor Kecamatan Gayam, kini menjadi fasilitas yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain bisa digunakan sebagai tempat pertemuan warga, bangunan seluas 716,8 meter persegi ini juga memiliki fasilitas lapangan futsal, 3 lapangan badminton, 2 ruang ganti, ruang bilas, kamar mandi laki-laki dan perempuan, dan tribun penonton yang berkapasitas 150 orang. Gedung yang memiliki halaman parkir cukup luas ini, juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai kegiatan massal lainnya. 

Pada hari ini, Rabu (24/1/2018), ketiga infrasruktur publik tersebut diserahterimakan oleh President ExxonMobil, Daniel L. Wieczynski kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Bupati, Suyoto. Dalam kesempatan yang sama, Bupati juga melakukan gunting pita penandatanganan prasasti sebagai tanda diresmikannya beberapa bangunan infrastruktur publik tersebut.

Dengan diberikannya bangunan itu, diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Seperti adanya Gedung Serbaguna, bisa menjadi tempat olahraga pemuda setempat, sehingga muncul generasi-generasi baru seperti Samsul Arif, mantan pemain Persibo yang juga pernah membela Tim Nasional Indonesia, adalah warga Gayam.

Sedangkan pada fasilitas puskesmas, diharapkan dapat menekan angka kematian ibu dan bayi, serta lebih bagus dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. "Sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif dan bahagia," jelas Kang Yoto, sapaan akrab Bupati Bojongeoro.

SKK Migas dan EMCL mewujudkan komitmen kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro atas dukungan pembangunan infrastruktur publik, sebagai bagian dari Program Pendukung Operasi khususnya di Kecamatan Gayam. Peresmian ini  sebagai momentum agar semua infrastruktur publik tersebut dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat seluas-luasnya secara aman dan berkelanjutan. [ito/mu]

Tag : emcl, infrastruktur, gayam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat