22:00 . Banyu Bening Pamerkan Lukisan di Thamrin, Disbudpar : Bukan Sekadar Pameran   |   21:00 . Komunitas Banyu Bening, Pamerkan Hasil Lukisan di Thamrin Park   |   18:00 . BBM dari Sampah Plastik Dimanfaatkan Warga Sekitar TPA Banjarsari   |   17:00 . Impara UIN Walisongo Semarang Berbagi Ilmu Sepenuh Hati, Menginspirasi Setulus Hati   |   16:00 . Mario Aji Launching Helm Batik yang Akan Dipakai pada Moto3 2023   |   11:00 . Gus Miftah Orasi Kebangsaan di MAN Bojonegoro   |   10:00 . Live Gus Miftah Talkshow Kebangsaan di MAN Bojonegoro   |   09:00 . Miliki Penangkaran Cucak Ijo, Mujito Raup Omzet Jutaan Rupiah   |   08:00 . Masjid Megah di Perbatasan Bojonegoro Ngawi Sudah Dibangun   |   07:00 . Kabar Terkini Pandemi Covid-19 di Indonesia: Menkes Budi Gunadi Segera Umumkan Endemi?   |   06:00 . Politisi, Konstituen dan Penistaan Agama: Rasmus Paludan   |   18:00 . Disdukcapil Jemput Bola Perekaman KTP-El Bagi Pelajar   |   13:00 . Warga Mulai Antusias Daftar Pantarlih   |   12:00 . Bekerja 38 Hari, Inilah Jadwal Pembentukan Pantarlih   |   11:00 . Puskesmas Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan untuk Syarat Pantarlih   |  
Sun, 29 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diduga Pernah Jadi Anggota Parpol, Status Panwas Kalitidu Dipertanyakan

blokbojonegoro.com | Thursday, 07 June 2018 23:00

Diduga Pernah Jadi Anggota Parpol, Status Panwas Kalitidu Dipertanyakan

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro mempermasalahkan pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kalitidu, Hariyono. Pasalnya, Hariyono dinyatakan lolos seleksi padahal sempat masuk DCT (Daftar Calon Tetap) pada pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 yang lalu.

Padahal dalam aturan pemilu pasal 7 lanjut, terkait syarat menjadi calon anggota Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan dan pengawas pemilu lapangan menyebutkan di huruf (i), tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik, sekurang-kurangnya dalam jangka waktu lima tahun sebelum mendaftarkan diri.

"Kenapa bisa menjadi pengawas pemilu, padahal Haryono pernah menjadi anggota partai politik," tanya Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito kepada blokBojonegoro.com.

Menurut Anam, karena 2016 masih menjadi pengurus Nasdem dan pada Pileg 2014 terdaftar sebagai Caleg Nasdem Dapil 5 nomor urut 9 seharusnya Hariyono tak lolos. Dalam rincian jumlah suara sah ditahun 2014, Haryono mendapat peringkat 7 dengan jumlah 46 suara.

Menanggapi hal itu Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Abdim Munib belum bisa memastikan detail pengawas pemilu tersebut. "Memang ada Haryono di DCT 2014. Tapi apa dia atau tidak, belum tahu," ujarnya.

Pasalnya dalam proses penentuan pengawas pemilu itu kewenangan Panwaskab Bojonegoro. Sehingga dalam proses penjaringan yang tahu Panwaskab, karena itu bukan kewenangan KPU.

Begitu pula ketua Panwaskab Bojonegoro, M. Yasin menjelaskan, dalam proses rekrutmen panitia pengawas pemilu sesuai mekanisme aturan yang ditentukan. "Termasuk membuat pernyataan tidak terlibat partai politik lima tahun, bermeterai 6.000," jelasnya.

Selain itu pada tahap awal setidaknya ada 565 calon yang mendaftar dan ia tidak bisa melototi satu persatu, sehingga melalui surat pernyataan itu sudah kuat. "Termasuk sebelum dilantik atau penetapan, Panwaskab juga sudah mengumumkan tiga hari untuk mendapat masukan atau sanggahan dari masyarakat. Termasuk nama-nama yang lolos," ungkapnya.

Namun selama pengumuman itu, tidak ada aduan dari masyarakat terkait keterlibatan panitia pengawas yang dimaksud. "Kalau sekarang dipersoalkan, itu konsekuensi yang bersangkutan," pungkasnya. [ito/lis] 

Tag : caleg, panwaskab, kalitidu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more