20:00 . Hadapi Palestina dan Argentina, Berikut ini 26 Pemain Timnas Indonesia   |   18:00 . Inilah Daftar Pemain Argentina yang Bakal Lawan Timnas Indonesia   |   16:00 . Dua Rumah di Blongsong Bojonegoro Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp250 Juta   |   14:00 . Owner Keripik Pisang Kepok Spesialis Coklat Jadi Young Ambassador Agriculture Kementan 2023   |   12:00 . Berikut Stok Darah PMI Bojonegoro Hari Ini   |   08:00 . Ini Tips Jaga Kesehatan Saat Beribadah Haji   |   20:00 . 5 Aplikasi Edit Foto dengan Mudah di HP   |   19:00 . Giat Perdana, FKUB Bojonegoro Gelar Raker dan Seminar Kebangsaan   |   18:00 . Pertama Kalinya Cristiano Ronaldo Sujud Syukur dulu Baru Siuu... Usai Cetak Gol   |   16:00 . Kursi KA Ekonomi Dimodifikasi, Netizen: Semoga Tarif Tak Dinaikkan   |   15:00 . Kabar Duka, Tokoh Samin Bojonegoro Tutup Usia   |   11:00 . Hari Ini dan Besok Matahari Melintasi Atas Ka'bah, Waktu Tepat Cek Arah Kiblat   |   09:00 . Terima SK, Ratusan PPPK Tenaga Kesehatan Bojonegoro Sumringah   |   08:00 . 5 Tahun Terakhir Angka Kasus Stunting di Bojonegoro Terus Turun   |   07:00 . Jangan Biarkan Anak Langsung Berenang Setelah Makan, Emang Apa Sih Bahayanya?   |  
Mon, 29 May 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diduga Pernah Jadi Anggota Parpol, Status Panwas Kalitidu Dipertanyakan

blokbojonegoro.com | Thursday, 07 June 2018 23:00

Diduga Pernah Jadi Anggota Parpol, Status Panwas Kalitidu Dipertanyakan

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro mempermasalahkan pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kalitidu, Hariyono. Pasalnya, Hariyono dinyatakan lolos seleksi padahal sempat masuk DCT (Daftar Calon Tetap) pada pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 yang lalu.

Padahal dalam aturan pemilu pasal 7 lanjut, terkait syarat menjadi calon anggota Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan dan pengawas pemilu lapangan menyebutkan di huruf (i), tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik, sekurang-kurangnya dalam jangka waktu lima tahun sebelum mendaftarkan diri.

"Kenapa bisa menjadi pengawas pemilu, padahal Haryono pernah menjadi anggota partai politik," tanya Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito kepada blokBojonegoro.com.

Menurut Anam, karena 2016 masih menjadi pengurus Nasdem dan pada Pileg 2014 terdaftar sebagai Caleg Nasdem Dapil 5 nomor urut 9 seharusnya Hariyono tak lolos. Dalam rincian jumlah suara sah ditahun 2014, Haryono mendapat peringkat 7 dengan jumlah 46 suara.

Menanggapi hal itu Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Abdim Munib belum bisa memastikan detail pengawas pemilu tersebut. "Memang ada Haryono di DCT 2014. Tapi apa dia atau tidak, belum tahu," ujarnya.

Pasalnya dalam proses penentuan pengawas pemilu itu kewenangan Panwaskab Bojonegoro. Sehingga dalam proses penjaringan yang tahu Panwaskab, karena itu bukan kewenangan KPU.

Begitu pula ketua Panwaskab Bojonegoro, M. Yasin menjelaskan, dalam proses rekrutmen panitia pengawas pemilu sesuai mekanisme aturan yang ditentukan. "Termasuk membuat pernyataan tidak terlibat partai politik lima tahun, bermeterai 6.000," jelasnya.

Selain itu pada tahap awal setidaknya ada 565 calon yang mendaftar dan ia tidak bisa melototi satu persatu, sehingga melalui surat pernyataan itu sudah kuat. "Termasuk sebelum dilantik atau penetapan, Panwaskab juga sudah mengumumkan tiga hari untuk mendapat masukan atau sanggahan dari masyarakat. Termasuk nama-nama yang lolos," ungkapnya.

Namun selama pengumuman itu, tidak ada aduan dari masyarakat terkait keterlibatan panitia pengawas yang dimaksud. "Kalau sekarang dipersoalkan, itu konsekuensi yang bersangkutan," pungkasnya. [ito/lis] 

Tag : caleg, panwaskab, kalitidu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 11 April 2023 18:00

    Lokakarya Video Pendek

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL Reporter blokBojonegoro.com (bB) dan blokTuban.com (bT) yang tergabung dalam Blok Media Group (BMG) berhasil memborong juara pada Lomba Video Pendek yang diselenggarakan operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat