21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |   17:00 . Kemenag Ajak KBIHU Edukasi Jemaah Terkait Murur   |   16:00 . Tak Cukup Bukti, Kejari Bojonegoro Hentikan Penuntutan Kasus Dugaan Pencurian Ayam   |   12:00 . Ke Arafah Gunakan Smart Card, Ini Prosedurnya   |   10:00 . KBIHU Attanwir Ajak Jemaah Haji Ziarah ke Mbah Moen   |   08:04 . Ziarah ke Pesarean Mbah Moen di Ma'la   |   18:00 . Perajin Batik Binaan EMCL Hadir di Pekan Batik Daerah, Omset Melonjak   |   17:00 . Kejari Bakal Kembali Periksa Pejabat Pemkab Bojonegoro Soal Mobil Siaga, Siapa Saja?   |   16:00 . Puluhan DU DI dan UMKM Semarakkan Job and Edu Fair SMK Negeri 1 Bojonegoro   |   15:00 . Tragis, 3 Sapi 1 Rumah di Terbakar, Kerugian Capai Rp100 Juta   |   13:00 . Perwakilan Peserta Pekan Batik dari Berbagai Daerah Ikuti Farm Trip Wisata Bojonegoro   |   09:00 . Lagi, 1 Tersangka Diseret Kejari Dalam Kasus Kredit Fiktif┬áBank┬áDaerah Bojonegoro   |   18:00 . 1.935 Tenaga PPPK di Bojonegoro Terima SK   |   15:00 . Horeee....!!! 408 Kades di Bojonegoro Dapat Tambahan Masa Jabatan 2 Tahun   |   13:00 . Puncak Kemarau di Bojonegoro Diprediksi Terjadi Juli hingga Agustus   |  
Thu, 13 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Inikah 4 Bagian Tubuh yang Jadi Indikator Kecerdasan?

blokbojonegoro.com | Sunday, 08 July 2018 07:00

Inikah 4 Bagian Tubuh yang Jadi Indikator Kecerdasan?

Reporter: - 

blokBojonegoro.com - Otak sering kali disebut sebagai penanda kecerdasan seseorang.

Namun, ternyata ada bagian tubuh lain yang bisa menandakan hal serupa.

Bagian-bagian tubuh ini, bila memiliki bentuk tertentu, bisa mengungkap kecerdasan seseorang.

Dilansir laman Reader’s Digest, berikut empat bagian tubuh tersebut.

Kaki panjang

Studi dari para peneliti di Brown University dan Princeton University menunjukkan, orang yang lebih tinggi dapat memperoleh lebih banyak uang daripada orang pendek karena mereka diklaim lebih pintar.

Dalam studi ini, penulis menggunakan kumpulan data pemerintah yang mengumpulkan tinggi, berat badan, kecerdasan, pengalaman pendidikan, dan gaji orang yang lahir di Amerika Serikat dan Inggris, tahun 1958 dan 1970, dari kelahiran hingga dewasa.

Hasil analisis menyeluruh menunjukkan, orang-orang berbadan lebih tinggi saat anak-anak melakukan tes kognitif lebih baik.

Plus, orang berbadan tinggi cenderung bekerja dalam pekerjaan dengan bayaran lebih tingg karena membutuhkan kecerdasan lebih besar dan keterampilan verbal serta numerik lebih sulit.

Meskipun para peneliti belum bisa mengungkapkan hubungan antara tinggi badan dan kecerdasan, beberapa orang menduga genetika atau perawatan anak usia dini dapat memainkan peran yang memengaruhi otak.

Tangan kidal

Tangan dominan seseorang mungkin tidak secara otomatis menunjukkan tingkat kejeniusan, namun ada kelebihan tersendiri.

Sebuah penelitian kecil dari University of Athens melibatkan sekitar 100 mahasiswa dan lulusannya—dengan kombinasi setengah tangan kidal dan setengah pengguna tangan kanan—lalu memberi mereka dua tes kognitif.

Salah satu kelompok peserta ditantang untuk membuat jejak melalui sekumpulan lingkaran secepat mungkin dan lainnya, termasuk pengurutan angka-huruf.

Pengguna tangan kiri melakukan lebih baik daripada pengguna tangan kanan pada kedua tes, yang artinya menunjukkan mereka memiliki memori kerja lebih kuat dan fleksibilitas mental. 

Beberapa ahli menduga, kemampuan kognitif ini kemungkinan karena orang kidal dapat menggunakan kedua sisi otak mereka lebih mudah untuk memproses informasi.

Perut (tidak) besar

Lemak tubuh tinggi dapat berdampak pada keseluruhan kesehatan, mulai dari tekanan darah hingga kesehatan jantung, tak terkecuali fungsi kognitif.

Dalam studi lima tahun lebih terhadap 2.200 orang dewasa, peneliti menemukan, orang dengan indeks massa tubuh (BMI) 20 atau kurang (kisaran BMI sehat, 18,5-24,9) dapat mengingat 56 persen kata dalam tes kosakata.

Sementara, peserta obesitas (BMI 30 atau lebih tinggi) hanya mampu mengingat 44 persen.

Terlebih lagi, ingatan dari subyek terakhir (BMI lebih tinggi) turun menjadi 37,5 persen saat diuji ulang lima tahun kemudian.

Dr Maxime Cournot, penulis utama studi tersebut menduga, hormon lemak dapat merusak sel-sel otak.

"Penjelasan lain mungkin karena obesitas merupakan faktor risiko kardiovaskular yang dikenal luas."

"Sebab, penebalan dan pengerasan pembuluh darah, yang sama terjadi dengan arteri di otak," kata Cournot kepada Telegraph.

 

Kepala besar

 

Tidak ada yang suka disebut "kepala besar," namun secara harfiah, memiliki kepala besar benar-benar bisa membuat lebih pintar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Molecular Psychiatry memberi lebih dari 500.000 orang dalam penilaian kognitif dan fisik Inggris, sembari memeriksa sampel darah, urin, dan air liur. 

Para peneliti menemukan, orang-orang yang memiliki kepala lebih besar saat bayi memiliki skor lebih tinggi pada tes penalaran verbal-numerik.

Mereka pun lebih mungkin untuk mendapatkan gelar sarjana. 

"Hasil ini perlu memantik penelitian lebih lanjut yang akan menguak tentang mekanisme genetik spesifik dari keterkaitan yang ditemukan di sini." "Yang kemungkinan melibatkan efek protektif dan merugikan dari varian genetik yang berbeda,” ujar para penulis studi.

 

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/06/140000920/

inikah-4-bagian-tubuh-yang-jadi-indikator-kecerdasan. 

Tag : studi, tanda, cerdas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat