21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |   09:00 . Jelang Armuzna, Kemenag Cek AC dan Listrik   |   08:00 . Inilah Rangkaian Haul ke 32 Mbah Yai Sholeh   |   07:00 . Daging Kurban yang Boleh Dimakan Pengkurban   |   06:00 . Rangkaian Haul ke 32 KH. Moh. Sholeh Siap Digelar   |   22:00 . Duh..!!! Perangkat Desa di Bojonegoro Bacok Adik Iparnya   |   21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |  
Thu, 13 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BDI EMCL Salurkan Hewan Kurban untuk Warga Sekitar Proyek

blokbojonegoro.com | Tuesday, 21 August 2018 17:00

BDI EMCL Salurkan Hewan Kurban untuk Warga Sekitar Proyek

Kontributor: Abdul Rokhim

 blokBojonegoro.com - Badan Dakwah Islam (BDI) ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat sekitar Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, Selasa (21/8/2018). Hewan kurban yang terdiri dari tiga ekor sapi dan 31 kambing itu secara simbolik diserahkan perwakilan karyawan kepada desa-desa penerima dengan disaksikan ulama setempat. 

"Kurban ini merupakan kerelaan karyawan muslim di EMCL yang sepenuhnya peduli kepada warga sekitar," tutur Ketua BDI EMCL, Dasep Alfiah.

Menurut Dasep, BDI EMCL sebagai organisasi keagamaan karyawan muslim, setiap tahun menyalurkan qurban dari karyawan kepada warga sekitar. Bagi dia, warga Kecamatan Gayam sebagai tetangga terdekat juga merupakan bagian dari keluarga. "Hubungan harmonis kami dengan warga sekitar yang terjalin selama ini mencerminkan kekeluargaan yang telah kita bangun," ungkapnya.

Kata Dasep, setiap tahun jumlah hewan yang disalurkan bervariasi. Biasanya disebabkan tidak setiap tahun karyawan yang sama melakukan kurban. "Karena kita juga sadar bahwa kurban itu sesuai kemampuan, dan kondisi para jemaah di BDI EMCL yang menitipkan tidak sama setiap tahunnya," jelasnya.

Sehingga, jelas Dasep, jumlah hewan qurban yang disalurkan BDI EMCL jumlahnya berbeda-beda di setiap desa. Jika tahun ini desa mendapat 3 kambing, belum tentu tahun depan mendapatkan jumlah yang sama. "Terkadang harapan penerima berbeda, dan itu kita fahami," imbuhnya sambil tersenyum lebar.

Kurban bagi Dasep merupakan ibadah individu muslim yang mampu. Dengan berkurban, karyawan muslim EMCL telah meneladani ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS. Selain itu, dengan berqurban di sekitar tempat bekerja, karyawan mewujudkan rasa kepeduliaan terhadap sesama. "Jadi ini amalan individu, bukan perusahaan," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu menyampaikan terima kasih kepada karyawan EMCL yang telah memberikan hewan qurban ke desanya. Dia menyebut bahwa warganya senang bisa bertetangga dengan sesama muslim yang peduli. "Ini harus kita syukuri," cetusnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Desa Gayam, Winto. Dia mengapresiasi karyawan yang senantiasa mengamalkan ibadah sunah Nabi Ibrahim ini. “Semoga barokah dan rezekinya semakin lancar, BDI EMCL juga dilancarkan segala urusan dakwahnya,” tuturnya mendoakan. [im/lis]

Tag : hewan, kurban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat