22:00 . Kopri PC PMII Bojonegoro; Pembuangan Bayi Langgar HAM dan Bisa Dipidana   |   21:00 . Relawan Sedulur Kanor Deklarasi Prabowo Presiden 2024   |   20:00 . Delapan Desa di Bojonegoro Terima Program EMCL Difasilitasi GP Ansor   |   19:00 . Kick Off Liga 3 Belum Jelas, Pelatih Persibo Minta Uji Coba Lagi   |   18:00 . Persibo Ditahan Imbang BFC 1-1, Dua Pemain Disanksi Kartu Merah   |   10:00 . Warga Sekitar Kota Bojonegoro Keluhkan Air PDAM Mati, Ini Penyebabnya   |   09:00 . Bakesbangpol Himbau Warga Bojonegoro Kibarkan Bendera Setengah Tiang   |   22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |  
Sat, 01 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sama Berdampak Negatif, Ini Efek Kurang Tidur dan Tidur Berlebih

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 August 2018 07:00

Sama Berdampak Negatif, Ini Efek Kurang Tidur dan Tidur Berlebih

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Riset membuktikan tidur malam 6-8 jam sehari sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Tidur melebihi atau kurang dari durasi tersebut, berpotensi meningkatkan risiko penyakit arteri koroner atau stroke.

Riset dilakukan dengan menganalisis data lebih dari sejuta orang dewasa. Hasilnya, riset membuktikan berlebihan atau kurang tidur membuat jantung bekerja tak optimal.

Berdasarkan laporan Independent, riset ini telah dipresentasikan dalam Kongres European Society of Cardiology di Munich, Jerman.

Hasil riset menemukan mereka yang tidur kurang dari enam jam setiap malam dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner atau stroke, begitupula mereka yang terbiasa tidur lebih dari delapan jam.

Menurut periset, orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam berisiko 11 persen lebih besar untuk mengalami arteri koroner atau stroke.

Sementara itu, mereka yang tidur lebih dari delapan jam mengalami peningkatan risiko hingga 33 persen.

"Temuan kami menunjukkan terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat berdampak buruk bagi jantung," kata Dr Epameinondas Fountas, selaku pemimpin riset.

Ia juga mengatakan perlunya lebih banyak penelitian untuk menjelaskan hal ini.

"Tetapi kita tahu tidur memengaruhi proses biologis seperti metabolisme glukosa, tekanan darah, dan peradangan yang semuanya berdampak pada penyakit kardiovaskular," tambahnya.

Ia menyarankan agar kita tidur yang cukup. Jangan sampai kita memiliki durasi tidur yang kurang atau berlebih, karena keduanya berbahaya bagi kesehatan.

Emily McGrath, perawat jantung senior di British Heart Foundation, mengatakan tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan tubuh.

"Ketika berbicara soal kesehatan jantung dan peredaran darah, penelitian besar ini menunjukkan adanya efek negatif dari tidur yang kurang dan berlebihan," paparnya.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar kita segera berkonsultasi dengan dokter jika memiliki masalah durasi tidur ini.

"Selain memiliki dampak negatif pada kualitas hidup, kurang tidur juga dapat berkontribusi untuk masalah kesehatan jantung di masa depan," tambahnya.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat